Kurs Mata Uang – Catatan Terlengkap Mengenai Kurs Mata Uang

Kurs Mata Uang atau yang sering dikenal dengan sebutan Nilai Tukar Mata Uang. Kurs mata uang sangat berpengaruh terhadap pembayaran untuk saat ini atau bahkan nanti, Semakin rendahnya nilai tukar tentu mempengaruhi berjalannya roda kenegaraan suatu bangsa. Kurs mata uang biasanya terjadi antara dua negara atau dua wilayah misalnya seperti IDR (Indonesia Rupiah) Dengan Dollar USD Amerika.

Perubahan Kurs Mata uang yang terjadi akan mempengaruhi roda perputaran bisnis didalamnya yang saling berhubungan, disini bisnis dalam negeri pengaruhnya tidak begitu terasa, namun bagi bisnis yang basisnya berhubungan antara dua wilayah tersebut sangat terasa. Ada yang senang ada yang susah. Saya misalkan nilai rupiah turun terhadap nilai dollar. Ada sebagian orang yang senang karena semakin banyak dia memilki uang dollar apabila dirupiahkan akan semakin untuk, tapi sebaliknya dengan negara kita, semakin rendah nilai mata uang rupiah akan semakin menyusahkan negara kita dalam membayar utang, Karena dollar kalau dirupiahkan akan semakin tinggi.

Kurs Mata Uang

Kurs Mata Uang

Dalam sebuah pertukaran biasanya menggunakan mata uang yang nominalnya lebih besar diletakkan didepan dan mata uang yang digunakan sebagai dasar diletakkan dibagian belakang. Misalnya pertukaran IDR dengan $USD maka IDR/USD = 9925/1 atau sering orang menyatakan 9925/$.

Nilai Tukar atau Kurs Mata Uang sangat dipengaruhi oleh tingkat penawaran dan permintaan nilai tukar terhadap mata uang tersebut. Kurs mata uang sangat tidak bisa dipastikan, hampir setiap waktu selalu berubah meskipun nilai perubahannya kecil. Ketidakstabilan nilai mata uang Rupiah sangat berpengaruh penting terhadap ketidakstabilan harga saham. Hal ini tentu sangat merugikan karena banyak para investor yang menjadi ragu untuk berinvestasi menggunakan nilai mata uang rupiah. Hal ini nampak jelas pada harga saham di dunia.

Apabila sebuah permintaan terhadap nilai mata uang lebih besar dibandingkan stok yang ada, maka hal itu akan berpengaruh semakin tingginya nilai mata uang tersebut. Begitupun sebaliknya nilai mata uang akan turun apabila nilai permintaan semakin sedikit. Jadi dapat disimpulkan hal yang mempengaruhi nilai dari kurs mata uang adalah besar kecilnya sebuah permintaan terhadap nilai mata uang tersebut.

Nilai tukar sendiri dibagi menjadi 2 bagian yaitu nilai tukar bilateral dan juga nilai tukar efektif. Nilai tukar bilateral tentu sangat berlawanan dengan nilai tukar efektif, karena nilai tukar bilateral adalah Nilai tukar yang melibatkan pasangan mata uang sedangkan nilai tukar efektif adalah nilai tukar yang merupakan rata-rata dari kelompok nilai tukar mata uang asing serta dapat dilihat sebagai sebuah ukuran atau patokan dari nilai persaingan nilai pertukaran mata uang dari sejumlah negara di dunia.

Akhir-akhir ini tidak hanya kurs rupiah saja yang mengalami dilema karena hancurnya nilai rupiah terhadap nilai dollar Amerika. Namun hampir seluruh negara di bagian Asia. Menurut Liputan6 melemahnya nilai tukar asia dipengaruhi oleh kekhawatiran penarikan kembali program pembelian obligasi oleh Bank Sentral Amerika serta menitik beratkan perdagangan nilai tukar mata uang pada daerah Amerika. Akibat menurunnya sebagian besar nilai mata uang Asia mengakibatkan terjadinya kegundahan yang amat dalam pada pemerintahannya. Karena hal ini ada sebagian orang yang sudah menanamkan sahamnya yang berupa dollar dapat tersenyum lebar karena keuntungan sudah pasti didapatkan. Keuntungan bukan lagi keuntungan biasa namun keuntungan yang luar biasa karena merosotnya nilai tukar sangatlah tinggi.

Ringgit Malaysia sendiri mengalami penurunan kurs tukar mata uangnya sebesar 1.1%. Jadi memang sangat nyata penurunan nilai tukar mata uang bukan hanya pada Indonesia saja namun seperti Singapura, Malaysia, China dan negara-negara Asia mengalami penurunan. Di Indonesia sendiri akibat menurunnya nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika membuat pemerintah mengambil kebijakan untuk menaikkan harga BBM guna mengurangi nilai pengeluaran negara dan lebih memudahkan dalam pengembalian hutang negara yang cukup besar. Namun sebenarnya yang harus dilakukan adalah meningkatkan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika.

Source Pict http://bisnis.liputan6.com/read/610123/tak-cuma-rupiah-dolar-as-hancurkan-kurs-mata-uang-di-asia

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0