Kurs Rupiah > Artikel Mengenai Kurs Rupiah

Berapa banyak di antara kalian yang menaruh minat terhadap isu keuangan negara? Banyak orang merasa enggan mempelajari bidang tersebut lebih jauh karena enggan terlibat dalam berbagai macam istilah rumit serta konsep yang membingungkan. Sebab tak jarang apa yang menjadi bahasan utama adalah sekedar konsep, tanpa ada dana segar terlibat secara langsung. Di luar itu semua, salah satu problem paling penting dalam tatanan ekonomi suatu negara adalah nilai tukar mata uang atau kurs. Indonesia dan Rupiah pun termasuk di dalam bagian dari sistem tersebut. Sebuah pemerintahan acap kali menyusun anggaran dasarnya berdasarkan pada kurs dollar. Semakin tinggi nilai tukar mata uang sendiri terhadap dollar, maka akan makin dianggap baik keadaan perekonomian negara. Oleh karena itu kurs Rupiah harus terus menerus diawasi.

Mengapa kurs rupiah harus dibandingkan terhadap mata uang dollar? Mengapa tidak menggunakan perbandingan dengan negara lain ber-level ekonomi hampir sama seperti Malaysia atau Thailand misalkan. Sebab utamanya adalah kondisi dollar dianggap paling stabil dibanding mata uang lain di seluruh dunia. Perekonomian Amerika Serikat juga disebut sebagai yang paling stabil tatanannya di seluruh jagat, bahkan tak jarang ikut pula menopan perekonomian dunia. Oleh karena itu, ketika terjadi kemrosotan nilai saham Lehmann Brothers beberapa waktu lalu, banyak pihak khawatir kejadian tersebut akan berdampak luas hingga mempengaruhi perekonomian Indonesia serta kurs Rupiah. Untungnya, hal tersebut tidak terjadi. Namun patut diingat juga bahwa kemungkinan itu bukan merupakan sesuatu yang tak dapat terwujud. Maka dari itu setiap anggaran dan bujet negara musti direncanakan secara cermat.

Kurs Rupiah

Kurs Rupiah

Lantas, bagaimanakah cara pemerintah kita mengendalikan nilai tukar atau kurs rupiah agar tetap tinggi? Pada dasarnya, hanya perlu dipastikan agar tidak ada terlalu banyak jumlah uang yang beredar di pasaran. Guna menghindari hal tersebut, biasanya pemerintah mencoba menaikkan minat masyarakat untuk berinvestasi melalui produk bank. Suku bunga tabungan akan dinaikkan agar orang tertarik untuk menyimpan uangnya. Selain itu, suku bunga pinjaman bakal dinaikkan agar tidak terlalu banyak pihak yang meminjam dana. Tindakan semacam itu selain membantu menjaga kurs rupiah juga sangat berguna untuk menghindari kredit macet. Di luar usaha-usaha internal tersebut, kita juga bisa mengandalkan kontribusi dari para pekerja di luar negeri. Pekerja tersebut tentunya mendapatkan bayaran dalam bentuk mata uang asing, yang kemudian dikirimkan ke sanak keluarga di dalam negeri. Menurut pandangan ilmu perekonomian, hal ini merupakan salah satu kontribusi yang dapat ikut menambah devisa negara. Semakin besar cadangan devisa, maka bisa dipastikan kurs rupiah juga akan stabil.

Tapi patut juga diperhatikan bahwa kemrosotan nilai rupiah / kurs bisa juga terjadi karena hal-hal mendadak yang tidak dapat diprediksikan sebelumnya. Biasanya berupa kejadian luar biasa seperti bencana alam, bentrok di dalam negeri, keadaan perang atau kondisi pemerintahan yang sedang tidak stabil sehingga membuat roda perekonomian menjadi kacau. Ambil contoh pada kasus kerusuhan Mei yang kemudian dibarengi dengan lengsernya Presiden Soeharto dari kekuasaannya. Keadaan ekonomi serta situasi negara yang tak menentu membuat banyak orang bingung, hingga melarikan banyak hartanya ke luar negeri. Selain itu banyak pihak melakukan aksi ambil untung dengan berinvestasi ke mata uang dollar. Hal tersebut menyebabkan kurs rupiah merosot drastis, hingga mencapai nilai 15.000 per dollar. Harga kebutuhan pokok menjadi tinggi serta rakyat diambang kesengsaraan ekonomi. Untungnya, Indonesia mendapat bantuan dana segar dari Bank Dunia serta IMF hingga dapat lepas dari keterpurukan.

Jadi perlu kalian perhatikan bahwa berinvestasi pada kurs rupiah perlu memperhatikan beberapa faktor penting, karena salah sedikit saja bisa mengakibatkan perubahan besar di dalam tatanan ekonomi suatu negara. Sebagai tambahan informasi, berikut adalah beberapa situs Internet yang bisa kalian gunakan sebagai sumber untuk memantau nilai kurs rupiah terbaru:

1. Situs Resmi Bank Indonesia – Halaman tersebut dapat kalian akses dengan jalan mengetikkan alamat www.bi.go.id. Di dalam tampilan page utama akan ada informasi lengkap mengenai nilai tukar mata uang. Kamu bisa membandingkannya terhadap currency lain dari negara di seluruh dunia. Informasi ini akan diupdate setiap saat, sehingga kamu tidak perlu repot-repot menekan tombol refresh secara berkala.

2. Analisa Today – Situs ini didirikan khusus untuk para user yang tertarik melakukan investasi saham melalui Forex Exchange. Informasi nilai tukar disajikan lengkap dengan analisis khusus mengenai keadaan pasar. Tentunya para pemain saham dapat menggunakan pandangan tersebut sebagai panduan dalam membuat keputusan. Namun selain itu, diharapkan juga anda memiliki pandangan tersendiri dalam membuat keputusan beli / jual, sebab kondisi pasar saham sangat tidak dapat diprediksi.

3. FX-Rate.net – Sebuah halaman berbahasa Inggris yang didedikasikan memuat informasi mengenai nilai tukar mata uang dari seluruh dunia. Kamu bisa mencari keterangan lengkap mengenai kurs Rupiah di sini. Selain itu, juga ada keterangan mengenai kapan data tersebut terakhir dipublikasikan. Jika tertarik, disarankan kalian mem-bookmark situs ini agar dapat mengakses nya dengan cepat di kemudian hari.

Well, itulah tadi pemaparan lengkap penulis mengenai sejarah serta informasi praktis mengenai kurs Rupiah. Jika ada di antara pembaca merasa tidak paham akan pemaparan di atas, bisa menyampaikan saran / pertanyaan khusus melalui fitur kotak komentar di akhir artikel. Kami mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan. Akhir kata, sampai jumpa lagi di kesempatan berikut.

Sumber gambar: http://static.liputan6.com/201212/rupiah121207c.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0