Lagu Anak Islami | Catatan Terlengkap Tentang Lagu Anak Islami

Orangtua mana di dunia ini yang tidak sayang dan cinta kepada anaknya? Tentu saja setiap orangtua akan mencurahkan kasih sayang dan rasa cintanya sepenuh hati kepada anaknya, yang merupakan anugerah dan titipan dari Tuhan yang harus dijaga dengan penuh amanah. Seringkali orangtua ingin menyenangkan sang anak dengan berbagai cara, mulai dari membelikannya pakaian, mainan, mengajak jalan-jalan hingga menyanyikan lagu-lagu anak. Dan di dalam Islam, alangkah akan lebih baiknya jika lagu-lagu yang diperdengarkan kepada anak adalah lagu-lagu anak islami.

Mungkin pada jaman sekarang, kita sudah sangat jarang, bahkan mungkin hampir tidak pernah lagi mendengar lagu anak islami. Lagu anak yang ada saat ini adalah lagu anak yang sudah terpengaruhi oleh unsur-unsur modern hingga sudah menyerupai lagu orang dewasa. Lagu anak yang sekarang mulai menjauh dari lagu anak islami, karena mulai mengusung tema cinta, patah hati ataupun protes terhadap orangtua.

Mungkin sekitar 10 tahun yang lalu kita pernah mendengar penyanyi lagu anak Islami Hadad Alwi dan Sulis. Mereka berdua pernah mempopuler lagu anak Islami, yang saat itu bukan saja diminati oleh anak-anak saja, tetapi juga kaum dewasa. Lagu anak Islami yang mereka nyanyikan mengandung tema agama, bagaimana seharusnya umat manusia mengucapkan rasa syukur kepada sang pencipta-Nya dan bagaimana kita umat manusia harus menunaikan kewajiba kita sebagai umat beragama. Menjalankan segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya. Dan semua nilai serta nasehat ini terkandung dalam lagu anak Islami tersebut.

Selain itu, lagu anak Islami biasanya juga mengandung nasehat, rasa syukur serta rasa cinta kita manusia terhadap sang Nabi akhir jaman, Nabi Muhammad SAW, mengungkapkan rasa cinta umat Islam kepada shalat lima waktu dan kewajiban umat Islam untuk menunaikannya. Adapula lagu anak Islami yang berisi ajaran serta petunjuk untuk menunaikan ibadah puasa, petunjuk untuk menunaikan shalat lima waktu dan ajakan untuk mencinta agama, sang pencipta serta nabi-nabi dan rasul-Nya.

Pada dasarnya, lagu anak Islami yang mengandung tema berupa nasehat dan ajakan ini juga dapat menjadi cara lain untuk mengajarkan anak kita untuk mengenal agama serta mengamalkan segala ajarannya. Karena anak dikenal lebih mampu mengerti dan memahami sesuatu jika dibarengi dengan permainan ataupun dengan menggunakan lagu. Secara otomatis dan tanpa paksaan, anak akan mengerti dan mengingat ajaran agama Islam yang tertuang di dalam lagu anak Islami tersebut. Sehingga anak secara sadar akan menunaikan ibadah dan kewajibannya dalam agama.

Selain itu, lagu anak Islami juga dapat berisi  tentang bagaimana umat manusia harus mampu menjaga hubungan silaturahmi dengan sesama, menjaga hubungan baik dan bersikap saling menghargai dan menghormati. Orangtua pun dapat mengajarkan anak agar mencintai alam sekitar yang telah diciptakan oleh sang pencipta melalu lagu anak Islami ini.

Lalu bagaimana caranya, sebagai orangtua dapat menemukan lagi lagu anak Islami diantara kepungan lagu anak modern saat ini? Lagu anak Islami yang dulu pernah populer pada masanya, bisa ditemukan pada beberapa website Islami yang menyediakan link lagu anak Islami ini. Orangtua hanya perlu mendownloadnya, dan mendengarkannya kepada anak.

Kelebihan lain yang dimiliki lagu anak Islami adalah dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam kondisi apapun. Orangtua dapat mengajarkan anak tentang segala hal disela-sela waktu bermainnya atau disaat sedang bersantai dengan sang anak. orangtua hanya perlu memutar lagu anak islami ini dan biarkan sang anak mendengarkan dan memahaminya. Jika mereka bertanya, janganlah enggan untuk menjelaskan isi dan maksud dari lagu anak Islami tersebut. Jadikan lagu anak Islami sebagai media pembelajaran agama untuk anak anda ketika bersamanya.

Walaupun anak anda suka dengan lagu anak pada jaman ini, yang terkesan modern, jangan pernah mengurungkan niat untuk mendengarkan lagu anak Islami ini kepada mereka. Seimbang jenis lagu yang anak dengar, agar mereka tidak akan lupa terhadap agamanya dan bagaimana cara menjaga akhlak serta ibadahnya kepada sang penciptanya. Dan jangan pernah malu untuk memperdengarkan lagu anak Islami ini kepada buah hati tercinta anda.

Lagu Anak Islami

Lagu Anak Islami

Sumber gambar: http://www.kiosislami.com/files/Cinta%20Shalat%20Cinta%20Quran.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0