Lambang Koperasi : Kumpulan Informasi Terlengkap Lambang Koperasi

Gerakan koperasi di Indonesia bermula pada tahun 1896 ketika seorang priyayi jawa ingin menyediakan pinjaman berbunga rendah bagi rakyat Indonesia yang miskin akibat penjajahan. Setelah itu, berbagai macam organisasi rakyat berbondong-bondong berjuang melawan penjajah untuk memajukan nasib perkoperasian di Indonesia. Setelah merdeka, barulah rakyat dapat menyelenggarakan organisasi bisnis tersebut secara resmi. Tepatnya yaitu pada 12 Juli 1947, saat Kongres pertama berhasil diselanggarakan. Hari itu kemudian ditetapkan sebagai hari Koperasi Indonesia.

Dalam perjalanannya, organisasi ini memiliki berbagai prinsip dan tujuan bagi anggotanya. Prinsip-prinsip tersebut diekspresikan pada lambangnya. Lambang koperasi di Indonesia ada 2 macam; lama dan baru. Berikut penjelasannya;

A. Lambang Lama

LOGO KOPERASI lama 2

  • Gerigi Roda, melambangkan kerja keras dari anggotanya selama terus menerus.
  • Rantai, menunjukkan kuatnya ikatan dalam organisasi. Bahwa antar anggotanya memiliki rasa kekeluargaan, persaudaraan, dan persahabatan yang solid. Ikatan dalam organisasi ini diatur dalam AD/ART.
  • Padi merupakan simbol pangan. Kapas merupakan simbol pakaian. Kedua hal tersebut merupakan hal dasar yang dapat menunjukkan kemakmuran. Dalam lambang ini, kedua gambar ini menunjukkan bahwa koperasi akan selalu mengusahakan kemakmuran. Bukan hanya bagi anggota, namun juga bagi masyarakat pada umumnya.
  • Timbangan memiliki makna keadilan dan keseimbangan. Dalam berorganisasi, setiap anggota tidak boleh diperlakukan berbeda. Semuanya harus adil. Semuanya juga harus sesuai dengan hak dan kewajibannya masing-masing.
  • Bintang dalam Perisai. Perisai melambangkan Pancasila. Bintang melambangkan hati. Maksudnya, dalam menjalankan fungsinya, koperasi berpegangan pada Pancasila yang merupakan prinsip dasar bangsa Indonesia. Namun, kita tetap harus menggunakan hati dan nurani kita setiap kali mengambil keputusan.
  • Pohon Beringin merupakan simbol kehidupan. Maksudnya, kehidupan ini perlu dipertahankan. Timbangan dan bintang di atas pohon berigin bermakna bahwa selama kita hidup, kita harus menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dan hati nurani.
  • Warna Merah Putih. Tanpa perlu dijelaskan lebih lanjut, Anda pastinya sudah bisa menebak bahwa warna tersebut merupakan warna negara kita, Republik Indonesia.

Lambang tersebut di atas sudah berlaku selama bertahun-tahun sejak Koperasi baru mulai berdiri. Kemudian, pada 17 April 2012, lambang tersebut diganti melalui Peraturan Menteri KUKM No 02/Per/M.KUKM/IV/2012. Pergantian ini tidak didasari oleh alasan khusus. Alasannya persis sama dengan alasan  berbagai perusahaan atau organisasi lain ketika mereka mengganti lambangnya masing-masing, antara lain:

  • Memicu perusahaan/organsasi agar berkembang, mengikuti perkembangan jaman. Pada awal tahun 1940an, trend desain yang sedang populer adalah desain dengan banyak detail. Segala macam simbol serta kerumitan akan menambah elegansi desain. Namun sekarang, trend sudah berubah menjadi minimalis. Suatu lambang akan terlihat elegan jika memiliki desain yang simpel namun sarat makna. Hal tersebut tertuang pada lambang koperasi yang baru.
  • Memicu semangat. Memakai desain yang sama terus menerus sampai beberapa tahun tentunya akan menimbulkan kebosanan bagi para anggotanya. Sementara, kebosanan dapat memudarkan semangat. Dengan adanya lambang baru, kebosanan otomatis akan hilang, digantikan oleh suasana baru. Sehingga, muncullah semangat baru yang lebih segar bagi para anggotanya.
  • Pencitraan. Sebuah perubahan, dalam segi apapun, akan menimbulkan rasa penasaran bagi orang lain. Dengan mengubah lambangnya, diharapkan akan makin banyak masyarakat Indonesia yang tertarik untuk mempelajari ilmu perkoperasian dan mau bergabung bersama.

Supaya dapat memahami dengan lebih jelas, mari kita bersama menyimak ulasan mengenai makna lambang koperasi yang baru ini;

B. Lambang Baru

LOGO KOPERASI BARU 2

  • Bunga menunjukkan makna perkembangan. Artinya, koperasi harus dapat selalu berkembang sesuai perubahan jaman
  • Kuncup-kuncup bunga saling bertautan, dimaksudkan bahwa tiap-tiap anggotanya harus saling bergandengan dan bekerja sama dengan baik supaya dapat membentuk satu kesatuan sempurna.
  • Warna hijau pastel mendeskripsikan keinginan, kesabaran dan wibawa yang merupakan kepribadian para anggotanya. Sifat-sifat ini dapat menjadi bekal mereka untuk mengejar cita-cita yang dapat memupuk rasa kebangaan dan percaya diri masing-masing.
  • Empat bidang di tiap-tiap arah mata angin melambangakan 4 maksud Koperasi Indonesia, antara lain:
    – Menjadi penyalur aspirasi rakyat

- Menjadi dasar perekonomian negara dengan sifat kerakyatan

- Menjunjung tinggi prinsip-prinsip keadilan, kbersamaan, demokrasi, dan kemandirian.

- Selalu berusaha untuk mencapai keunggulan dalam persaingan global.

Lambang Koperasi yang baru tersebut saat ini resmi dapat digunakan pada pin, papan nama kantor, kop surat, dan berbagai keperluan organisasi lainnya.

Sumber Gambar:

  • (image source 1: http://payakumbuhkota.go.id/wp-content/uploads/2013/07/koperasi-indonesia.jpg)
  • (image source 2: http://1.bp.blogspot.com/-zOuMs28w5rc/UPLolVuPqrI/AAAAAAAAAA8/2XzGc-VLAcY/s320/LOGO+KOPERASI+BARU+2.jpg)

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0