Lambang Negara Indonesia : Tulisan Terlengkap Tentang Lambang Negara Indonesia

Tentunya hampir seluruh rakyat Indonesia pasti sudah dapat menebak arti dari lambang Negara Republik Indonesia. Ya betul sekali burung garuda pancasila merupakan lambang dari negara kesatuan republik Indonesia. lambang negara INdonesia ini tidak hanya di kena oleh orang dewasa saja, tapi juga sangat i kenali oleh anak-anak SD atau sekolah dasar, mengapa tidak, lambang negara ini wajib di tempel di dinding-dinding kelas setiap sekolah-sekolah dasar di Indonesia.

Bagaimana garuda bisa di jadikan sebagai lambang negara dari Indonesia ?

Dalam Kitab hindu atau kitab-kitab hindu kuno khususnya kitab Mahabharata dan pada bagian pertama yang berjudul Adiparwa di situ dapat di ketahui bahwasanya burung Garuda adalah sebuah makhluk yang rela berkorbang dan meringankan penderitaan ibunya, seperti di ibaratkan atau mencerminkan sifat para pemuda bangsa INdonesia yang rela berkorban dan rela mati-matian mengusir para penjajah dan mempertahankan negeri INdonesia tercinta ini.Selai itu dari kitab tersebut di jelaskan bahwa burung garuda  juga menghormati ayahnya, dilambangkan menjadi angkasa secara simbolis. Garuda juga merupakan suatu kendaraan dari dewa Wishnu yang sering di perlihatkan di berbagai candi-candi kuno yang ada di Indonesia, seperti candi mendut,candi prambanan,arca dan lain-lainnya. Dan dalam berbagai versi, garuda di lambangkan sebagai sebagai arti keberanian, kesetiaan, dan rela mempertahankan apa saja yang di cintainya ter khususnya Indonesia tercinta.

Secara tegasnya bangsa Indonesia sudah menjadikan burung garuda ini menjadi lambang kebangsaan nasional yang agung, karena berdasarkan bukti sejarah burung garuda adalah burung yang memiliki kepercayaaan yang sangat tinggi, memiliki kekuatan, dan dinamis dalam pergerakannya. Burung garuda terbang mengelilingi angkasa yang luas ini tanpa henti, dan dengan matanya yang tajam tanpa henti memantau keadaan sekitaran dia terbang, selai itu burung garuda juga di kenal angat mandiri, dan tidak suka bergantung terhadap burung-burung lainnya.

Garuda di lambang sebagai pemberani yang artinya pemberani mempertahankan wilayah yang dikuasainya dari berbagai pengganggu yang muncul hal ini ter refleksi ke sifat para pejuang Indonesia yang dengan mati-matian mempertahankan wilayah kesatuan republik Indonesia dari bermacam-macam penjajah yang mencoba menguasai negeri ini, tetapi burung garuda meskipun memiliki kekuatan tapi dia juga akan menghormati dan menghargai wilayah milik yang lain atau diartikan negara lain meskipun wilayah-wilayah tersebut milik burung yang lebih kecil (negara kecil.

Selain itu burung garuda  juga mempunyai sifat sangat taat pada kewajiban atau aturan yang sesuai dengan budaya INdonesia yang secara turun-temurun telah di anuk sejak jaman dulu, hal ini tentu menjelaskan mengapa burung garuda dapat mempersatuan Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku,ras, dan pulau-pulau yang luas. Selain itu Burung garuda juga dikenal sebagai burung pantang menyerah yang diharapkan juga bahwa para anak-anak bangsa juga memiliki sifat yang demikian sehingga dapat melahirkan bangsa yang besar, kuat dan mampu mensejahterakan rakyatnya.

Namun sekarang dengan melihat fakta  yang ada burung garuda sudah tidak di perdlikan lagi oleh anak-anak bangsa sekarang ini, berbeda dengan zaman dulu yang menjadikan motivasi bagi para pejuang Indonesia untuk mempertahankan negaranya dari berbagai macam penjajah, sekarang para rakyat Indonesia terlihat malu untu mengakui makna besar yang terkandung di dalam simbol pancasila itu sendiri, hal ini tercermin dari berbagai tidakan dan kelakuan dari rakyat INdonesia yang mulai bertentangan dengan nilai-nilai ke besaran simbol garuda atau pancasila itu sendiri, seperti timulnya berbagai macam tindakan yang dapat mengancam kelangsungan negara Indonesia tercinta ini seperti korupsi, penghianat bangsa atau tindakan-tindakan lainnya yang melawan hukum.

Oleh karena itu wajib bagi seluruh rakyat Indonesia untu mengetahui atau menerapkan nilai – nilai pancasila sehingga dapat menjadikan bangsa ini menjadi lebih maju lagi dan lebih dapat mensejahterakan para rakyatnya sesuai dengan cita-cita mulia bansa Indonesia itu sendiri.  Demikianlah  apa yang dapat saya bagikan untuk para pembaca sekalian, semoga bermanfaat bagi kita semua.

Sumber Gambar: http://goo.gl/IcRBs

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0