Lapisan Bumi | Kumpulan Informasi Terlengkap Lapisan Bumi

Tokoh pertama kali mengemukakan pendapat mengenai materi sekaligus bentuk bumi adalah Plato, ia berkata “bumi terdiri dari massa cair yang pijar dan dikelilingi oleh lapisan batuan yang keras disebut kerak bumi”. Semua orang tahu bahwa benda planet ini adalah tempat tinggal manusia, dimana diperkirakan sudah berumur 4,5 Miliaran tahun lebih. Lapisan Bumi memiliki beberapa lapisan serta memiliki fungsi sebagai berikut yaitu,

1. Atmosfer dan medan magnet biasa disebut magnestofer, berfungsi untuk melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet serta radiasi dari luar angkasa. Atmosfer ini dapat menyelimuti hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Atmosfer merupakan lapisan gas melingkupi planet, hingga ke luar angkasa. Atmosfer terdiri dari Nitrogen, Oksigen, argon, karbondioksida, uap air, dan gas. Atmosfer dibagi menjadi 6 lapisan yaitu, Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Ionosfer, Termosfer, Eksosfer. Lebih jelasnya mari kita lihat pengertian-pengertian di bawah ini:

Lapisan Bumi

Lapisan Bumi

  • Troposfer adalah bagian paling bawah, atmosfer memiliki ketinggian dari permukaan berkisar 9—17 km, di atas khatulistiwa lebih tinggi dari pada di atas daerah kutub. Memiliki suhu 17-52 derajat celcius. Troposher memisahkan startosfer dengan mesosfer.
  • Stratosfer adalah lapisan udara di antara 10— 60 km di atas permukaan bumi; Stratosfer di atas troposfer; atau bisa diartikan juga sebagai daerah atmosfer yang terletak antara tropopause dan stratopause, di dalam daerah ini makin ke atas suhunya makin tinggi, sekitar -57 derajat celcius, ozon berfungsi untuk menahan sinar ultraviolet.
  • Mesosfer adalah daerah atmosfer yang terletak antara stratopause dan mesopause, pada umumnya di daerah ini makin ke atas, suhunya makin naik, memiliki ketebalan antara 45-75 km selain itu juga memiliki suhu lapisan berkisar dari -140 derajat celcius, apabila terdapat suhu yang rendah dan dingin dapat mengakibatkan munculnya awan noctilucent yang terdiri dari kristal-kristal es.
  • Ionosfer adalah lapisan atmosfer, pada ke-tinggian l00 km di atas lapisan stratosfer, mengandung ion dan elektron bebas yang dihasilkan oleh radiasi matahari; 2 Fis lapisan atmosfer yang tingginya mulai dari 50—1.000 km merupakan lapisan ion-ion. Dapat memantulkan gelombang-gelombang radio.
  • Termosfer adalah bagian atmosfer, kira-kira 50 mil di atas permukaan bumi sampai angkasa luar dan ditandai dengan suhu udara tinggi terus-menerus.
  • Eksosfer adalah daerah di luar atmosfer memiliki ketinggian kurang lebih 500 km, benda-benda yang sangat ringan di ruang ini akan terlempar ke luar angkasa. Eksosfer tidak memiliki tekanan udara. Eksosfer memiliki refleksi dari cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik.

Lapisan Bumi

Lapisan Bumi

2. Litosfer yang berasal dari bahasa Yunani, Lithos artinya adalah berbatu sedangkan Sphere artinya lapisan jadi Litosfer dapat kita artikan sebagai lapisan bumi paling luar . Litosfer dibagi menjadi dua yaitu Litosfer atas dan Litorfer bawah, dan Litosfer juga terbagi menjadi dua tipe, yaitu

Lapisan Bumi

Lapisan Bumi

- Litosfer Samudera, berfungsi sebagai penghubung kerak samudera dan memang berasal dari samudera.

- Litosfer Benua, litosfer ini berada di benua.

Dan litosfer ini terbagi menjadi tiga jenis batuan yaitu,

- Batuan Beku, batuan beku ini dibagi menjadi yaitu, batuan beku dalam dan batuan beku luar.

- Batuan Sedimen

- Batuan Metamorf

Jika kita melihat dari struktur maka kita menemukan 3 lapisan utama, yaitu kerak bumi (crush), selimut (mantle), dan inti core. Dapat kita bayangkan seperti sebuah telur dengan dilapisi beberapa pelindung untuk menjaga telur tersebut, hal ini sama dengan bentuk bumi yang memiliki beberapa lapisan untuk menjaga serta melindungi bumi ini. Seperti pembahasan di atas bahwa kerak bumi berada tepat di luar memiliki fungsi sebagai tempat tinggal makhluk hidup, sedangkan untuk selimut memiliki ketebalan 2.900 km, berfungsi untuk melindungi bagian dalam bumi, sedangkan untuk inti itu sendiri berada di tiitk pusat.

Masih banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini, namun besar harapan penulis, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat bagi pembaca. Jika ada kesalahan dalam penulisan harap dimaklumi. Terima kasih. Salam

Sumber Gambar: anangnet.blogdetik.com

Contoh dan Pengertian