Logo Dinas Pendidikan | Kumpulan Catatan Menarik Logo Dinas Pendidikan

Setiap lembaga, perusahaan, organisasi pasti membutuhkan sebuah logo guna memudahkan dalam mengenal lembaga atau perusahaan tersebut. Tidak lupa dengan dinas ini juga memiliki sebuah logo seperti gambar pertama itu. Sedangkan untuk logo dinas pendidikan adalah yang seperti huruf d dan p dibawah. Sedangkan gambar lambang diatas adalah lambang pendidikan dan kebudayaan.

logo dinas pendidikan Makna dari logo dinas pendidikan disamping adalah tiga garis keatas memiliki makna formal, non formal serta informal yang menjulang keatas menandakan bahwa keinginan sangat tinggi untuk menggapai prestasi, kompetensi serta kualifikasi. Sedangkan tiga garis kebawah memiliki makna unsur pemerintahan, masyarakat juga dunia, berfungsi sebagai penopang terselenggaranya pendidikan dengan kualitas sangat baik.

Dari pengertian singkat tentang makna dari lambang dinas DikNas adalah sebuah pemberian ilmu secara formal, non formal serta informal sangat membutuhkan peran penting dari tiga komponen yaitu pemerintahan, masyarakat serta dunia. Tanpa tiga pendudukng tersebut sebab ilmu menjadi sangat sulit untuk dicapai apalagi untuk menggapai setinggi mungkin. Jadi Hubungan antara kedua hal tersebut sungguh sangat tidak bisa dipisahkan.

Oh ya, kita sering salah mengenal logo dinas pendidikan. Dari beberapa artikel telah saya baca bahwa logo dinas pendidikan adalah lambang hampir mirip huruf d dan p sedangkan lambang tut wuri handayani adalah lambang kementrian pendidikan dan kebudayan nasional. Jadi jangan salah lagi apabila suatu saat ada yang menanyai anda yang mana logo dinas pendidikan dan mana lambang kementrian pendidikan dan kebudayaan. :)

Sekarang saya akan menerangkan kepada anda makna dari logo kementrian pendidikan nasional. Sebuah segi lima dengan berwarna biru melambangkan suatu alam kehidupan dengan landasan  pancasila. tulisan Tut Wuri Handayani adalah sebuah kata-kata atau semboyan yang selalu digunakan oleh Ki Hadjar Dewantoro ketika beliau melaksanakan sistem pendidikannya. Karena hal tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa pencantuman tulisan Tut Wuri Handayani menjadi sebuah penghargaan dan penghormatan terhadap Ki Hadjar Dewantoro yang juga tanggal kelahirannya digunakan sebagai HarDikNas tepat jatuh pada tanggal 2 Mei. Belencong Menyala Bermotif Garuda = lambang ini terletak pada bagian tengah logo dengan warna kuning keemasan yang mempunyai makna lampu belencong adalah lampu yang digunakan pada pagelaran wayang kulit, karena adanya belencong maka pertunjukkan wayang kulit menjadi hidup. Motif garuda yang ditengahnya ada belencong menyala kuning memiliki arti seperti burung garuda yang memiliki sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani di angkasa sendiri. Sayap serta Ekor dengan berjumlah lima melambangkan bahwa asasnya adalah pancasila. Jadi Belencong Menyala Bermotif Garuda memiliki arti sebuah cahaya yang menerangi kehidupan pendidikan dengan asas pancasila dan kuat berdiri sendiri, dan gagah perkasa. BUKU simbol buku didalam lambang tersebut melambangkan bahwa semua sumber ilmu awalnya pasti berasal atau bersumber pada sebuah buku. Warna : warna putih memiliki makna suci, bersih dan tanpa pamrih. warna kuning emas berarti keagungan serta keluhuran pengabdian. warna muda memiliki arti pengabdian yang tidak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup dengan sangat dalam (pandangan hidup pancasila).

Terkadang lambang memiliki arti cukup sulit ditebak. Ada sebuah lambang sangat simpel serta seolah tidak memiliki makna seperti lambang dinas pendidikan, seakan-akan hanya seperti huruf d dan p itu. Ternyata setelah dipelajari memiliki arti dari lambang tersebut  cukup kuat untuk melambangkan sebuah dinas diknas. Meskipun lambang dinas diknas itu simple namun menjadi mahal harganya dikarenakan ide serta gagasan dalam membuat logo dinas pendidikan sangatlah sulit. Anda pasti tidak bisa membayangkan bagaimana ide untuk mengubah huruf d dan p menjadi demikian rupa. Oleh karena itu, setiap logo pasti memiliki sebuah hak cipta yang dilindungi dan tidak mudah untuk merubah atau memplagiatnya. Apabila anda nekat untuk memplagiatnya anda bisa dikenai pasal yang membuat anda masuk kedalam penjara apabila pemilik dari  logo tersebut tidak mau menerima kalau logo tersebut diplagiat. apalagi di copy pasti hampir mirip dengan aslinya.

Source Pict : http://blog-wandi.blogspot.com/2012/09/logo-dinas-pendidikan.html

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0