Makanan Khas Indonesia : Kumpulan Catatan Terkait Makanan Khas Indonesia

Indonesia memiliki banyak sekali makanan  khas di daerahnya masing-masing. Bahkan satu daerah bisa memilikinya lebih dari satu. Sebutlah misalnya Sumatera Barat. Daerah ini  terkenal dengan rendang dan sate padangnya. Makanan itu selain top di daerahnya juga cukup dikenal di Indonesia. Bahkan sudah populer di mancanegara. Dan inilah beberapa makanan khas  yang juga cukup  dikenal di dunia.

a. Rendang.

Makanan Khas Indonesia

Makanan Khas Indonesia

Rendang adalah daging berbumbu santan dan rempah-rempah khas Indonesia. Berasal  dari Sumatera Barat. Kuliner satu ini  menorehkan prestasinya sendiri di dunia masakan Indonesia. Pada tahun 2011 lalu, CNN mengumumkannya sebagai makanan paling enak di dunia. Karenanya, tak mengherankan kalau rendang padang kemudian mulai berlaga di dunia internasional. Betapa bangganya, karena rendang menjadi bagian dari menu makanan di beberapa hotel berbintang di dunia.

b. Nasi goreng.

Nasi goreng atau disingkat nasgor ini merupakan makanan  sangat memasyarakat. Semua kalangan suka menikmatinya. Sebenarnya nasi goreng ini  bukan merupakan makanan khas Indonesia karena di beberapa negara lain pun ada. Hanya nasi goreng Indonesia juga menorehkan prestasi lumayan bagus pada polling pemilihan makanan terenak di dunia versi CNN. Nasgor terpilih sebagai makanan paling enak kedua di dunia  setelah rendang padang. Wajar saja, nasi goreng di Indonesia banyak dipadupadankan dengan varian  lain, sehingga mempunyai aneka rasa yang berbeda. Sebutlah misalnya mencampurnya dengan ikan asin, daging kambing, pete dan lain sebagainya.

c. Sate.

Sate juga menduduki peringkat urutan ke-14 dari 50 masakan terenak di dunia versi CNN tersebut. Sate pertama berasal dari Jawa. Tetapi di beberapa daerah juga ada dengan keunikan penampilan juga rasanya sendiri-sendiri. Sebutlah sate Madura, dibuat dari potongan daging yang dibakar dengan bumbu kacang, kecap disertai pelengkapnya berupa acar. Ada juga sate padang,  berisi potongan jeroan daging sapi atau kambing. Tetapi bumbunya adalah saus kuah kuning yang terbuat dari tepung beras dengan beragam bumbu yang dicampurkan ke dalamnya.

d. Otak-otak.

Dari daerah asalnya di Kepulauan Riau sana, otak-otak sudah menyebar ke seluruh Indonesia.  Bahan utamanya adalah ikan.  Cara memasaknya, adonannya dibungkus daun kemudian dibakar. Dikonsumsi dengan bumbu kacang.  Paling enak dimakan dalam keadaan panas.  Di tempat asalnya, otak-otak ini dibuat dari cumi-cumi juga, dengan rasa yang cukup pedas.

e. Pempek.

Penganan  satu ini berasal dari Sumatera Selatan. Terbuat dari ikan dan tepung sagu. Sausnya disebut cuko. Merupakan campuran gula merah,  ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih juga garam yang disatukan ke dalam air mendidih. Rasanya cukup pedas dengan aroma bawang putihnya yang agak  menyengat. Sebagai pelengkap, ditambahkan juga sedikit mi kuning juga irisan timun.

f. Gudeg.

Sayur  khas Indonesia ini berasal dari daerah Yogyakarta dan Jawa Tengah. Bahan dasarnya adalah nangka muda yang dimasak dengan menggunakan santan. Banyak jenis sayur nangka di Indonesia ini, tetapi gudeg mempunyai warna yang berbeda yaitu coklat. Hal itu dikarenakan dalam proses memasaknya ditambahkan dengan daun jati.

g. Rujak Cingur.

Makanan khas ini bisa ditemukan di Surabaya, Jawa timur.  Penganan ini memang berbahan dasar cingur yaitu mulut dalam bahasa Jawa. Moncong sapi itu kemudian diiris dan direbus. Terakhir dicampurkan dengan beberapa jenis buah-buahan serta sayur-sayuran untuk kemudian diaduk dengan bumbu.

h. Ayam Betutu.

Ayam panggang  dari Bali ini biasanya digunakan untuk upacara adat tetapi juga bisa sebagai hidangan untuk dijual. Jika kita menginap di hotel  sana, biasanya mereka memasukkan ayam betutu dalam menu andalannya. Hanya sayang, ayam  betutu tidak tahan disimpan lama.

Konon ada juga makanan dari negara kita  yang disukai selebritis dunia. Beberapa diantaranya adalah bakso dan gado-gado.  Semur jengkol malah sudah lama mendunia karena sudah menjadi makanan favorit bagi warga negara kita yang lama bermukim di luar negeri.

Indonesia memang kaya dengan ragam makanan khasnya. Bayangkan saja, hampir di tiap daerah selalu ada.  Bahkan rasa dan tampilannya mempunyai ciri tersendiri. Jadinya kita bisa berbangga diri.  Juga pantas mengakui, Indonesia memang kaya dengan keberagamanan kulinernya. Bravo, Indonesia!

***

Share on Google+2Share on Facebook0Tweet about this on Twitter1Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0