Makanan Penambah Darah > Kumpulan Informasi Mengenai Makanan Penambah Darah

Berikut adalah penjelasan tentang Makanan Penambah Darah. Sirkulasi darah merupakan hal penting, karena darah memiliki fungsinya sebagai pembawa oksigen menuju organ dan sel tubuh lainnya, serta membawa nutrisi penting untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Kekurangan hal ini biasanya dapat mengganggu aktivitas kesehatan normal, seperti terjangkitnya berbagai penyakit. Salah satunya yang biasa dikenal adalah jenis penyakit anemia. Terdapat berbagai cara untuk mengatasi hal ini, salah satunya adalah dengan mengatur pola makan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh sehari-hari.

Sel darah merah diproduksi dalam sumsum tulang dan membawa oksigen ke seluruh tubuh. Rendahnya jumlah sel darah merah dapat menimbulkan berbagai macam jenis penyakit seperti kanker, pendarahan kronis atau kekurangan nutrisi. Tanpa tingkatan jumlah yang tepat, tubuh tidak mendapatkan oksigen yang dibutuhkan. Diperlukan peningkatan gizi agar dapat membantu meningkatkan jumlah ideal.

Makanan Penambah Darah

Makanan Penambah Darah

ZAT BESI
Anemia merupakan suatu jenis penyakit karena kekurangan zat besi. Hal ini adalah suatu kondisi di mana tubuh tidak bisa membuat sel darah merah yang cukup karena kurangnya penyimpanan zt besi yang memadai. Asupan zat besi harian adalah sekitar ¼-mg untuk bayi di bawah enam bulan, 7 hingga 15 mg untuk anak-anak usia satu sampai 18 tahun, 8 mg untuk laki-laki dewasa, dan 18 mg bagi wanita normal atau 18 hingga 28 mg saat hamil dan menyusui. Makanan sumber zat besi diantaranya adalah daging (heme) seperti ayam, kalkun, udang, daging sapi dan tiram, serta sumber-sumber non-daging (non-heme) seperti molasses, kacang merah, kentang, plum, kismis, tahu dan kacang mete. Nutrisi yang tepat untuk meningkatkan sel darah dapat berupa makanan yang kaya vitamin C serta zat besi, karena vitamin C meningkatkan penyerapan zat besi. Serat, di sisi lain, dapat menghambat penyerapan zat besi.

VITAMIN B-12
Tubuh memiliki jumlah asupan vitamin B-12 yang direkomendasikan sebagai asupan harian. Kekurangan vitamin B-12 umumnya lebih mungkin terjadi pada orang di atas usia 60, atau bisa juga terjadi ketika tubuh tidak mampu menyerap vitamin, sehingga menimbulkan suatu kondisi yang disebut anemia pernisiosa. Vegetarian biasanya memiliki resiko lebih tinggi terkena anemia pernisiosa. Sumber alami vitamin B-12 dapat diperoleh dari daging, telur, makanan laut, serta produk susu. Jumlah harian vitamin B-12 yang direkomendasikan adalah sebesar 2,4 mcg bagi orang dewasa, serta sekitar 2,6 hingga 2.8 mcg bagi ibu hamil dan menyusui.

FOLAT
Sel darah merah membutuhkan asam folat atau folat, untuk berkembang secara normal. Tanpa folat, vitamin B-kompleks, tubuh Anda tidak dapat memproduksi sel darah merah yang sehat. Folat juga memiliki peran penting dalam mencegah cacat tabung saraf selama kehamilan. Jumlah rekomendasi folat adalah sekitar 65-80 mcg untuk bayi di bawah satu tahun serta 150-400 mcg untuk usia 1 hingga 18 tahun. Orang dewasa memerlukan 400 mcg folat setiap hari untuk kesehatan yang optimal. Ibu menyusui dan wanita hamil diharuskan mengkonsumsi antara 500 hingga 600 mcg asam folat setiap hari. Makanan sumber nutrisi ini bisa terdapat pada jus jeruk, sereal dingin dibentengi, lentil, buncis, bayam dan asparagus.

Sel darah putih juga merupakan bagian penting dalam tubuh kita karena dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta membantu melawan infeksi. Peningkatan jumlah sel darah putih dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit serta juga mempengaruhi tingkat energi. Makan makanan sehat tertentu dapat membantu meningkatkan sel darah putih.

IKAN SALMON
Salmon adalah salah satu makanan terbaik untuk meningkatkan kadar sel darah putih. Asam lemak omega 3 bisa ditemukan dalam ikan salmon. Peningkatan jumlah sel darah putih dan meningkatkan kekuatan tubuh, sehingga dapat menyingkirkan bakteri.

JERUK
Makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, dapat membantu untuk meningkatkan tingkat sel darah putih ketika dimakan secara teratur. Selain itu, vitamin C juga bisa meningkatkan antibodi dalam tubuh, serta mencegah virus dari memasuki tubuh.

PERTIMBANGAN
Sebelum Anda memutuskan untuk meggunakan suplemen tambahan lainnya, ada baiknya untuk mendiskusikan lebih dulu kepada dokter Anda.

Sumber gambar: http://www.wismahijau.co.id/images/public/news/makanan-penambah-darah.jpg

Contoh dan Pengertian