Masyarakat | Kumpulan Catatan Menarik Masyarakat

Hal pertama yang paling sering muncul dalam pikiran kita jika bertemu dengan sebuah kata bernama “Masyarakat” adalah sekumpulan orang-orang yang biasanya hidup di suatu tempat yang sama dan menjalin interaksi satu dengan yang lain untuk tujuan memenuhi kebutuhan hidup mereka sebagai manusia yang disebut “Makhluk Sosial”. Hal tersebut menjadi sebuah pandangan umum yang mendefinisikan masyarakat secara verbal. Masyarakat/society berasal dari bahasa latin yaitu societas yang artinya adalah hubungan persahabatan dengan orang lain, masyarakat adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem komunitas interpenden yang teratur. Interpenden dapat diartikan sebagai sifat saling tergantung dan membutuhkan satu dengan yang lainnya, jadi kesimpulannya masyarakat adalah suatu komunitas dimana setiap anggotanya adalah orang-orang yang saling bahu-membahu memenuhi kebutuhan hidup bersama sebagai manusia.
Sebuah komunitas masyarakat dapat terbentuk jika didalamnya secara langsung maupun tidak langsung terjadi kesepakatan dan/atau kesamaan dalam pola pemikiran, norma, aturan, dan tata cara hidup setiap anggotanya. Kesamaan-kesamaan tersebut menjadikan seseorang atau sekelompok manusia merasa nyaman dalam berinteraksi dengan anggota masyarakat yang lainnya dan secara perlahan membentuk rasa peduli pada setiap angota masyarakat terhadap satu dengan yang lainnya dan kemudian akan berlanjut dengan timbulnya rasa kesatuan dalam bermasyarakat. Masyarakat menjadi salah satu komponen terpenting untuk dibentuknya suatu negara dan secara tidak langsung menjadi pemegang kendali dalam menjalankan suatu fungsi negara, dan negara itu sendiri sebenarnya dibuat untuk masyarakat yang ada di dalamnya sebagai pengatur kehidupan bermasyarakat.
Masyarakat sendiri sering diorganisasikan dan/atau dikelompokkan berdasarkan mata pencaharian mereka atau tempat tinggal mereka, ini bukanlah sesuatu kesalahan karena jika kita telaah secara seksama maka kita sendiri akan menemukan bahwa mata pencaharian dan tempat tinggal suatu komunitas sangat memegang andil dalam pembentukan tata cara kehidupan mereka. Masyarakat petani tentu memiliki tata cara hidup yang berbeda dengan kaum nelayan, dan masyarakat perkotaan metropolitan akan sangat mudah dibedakan dengan masyarakat pedesaan.

Masyarakat Madani
Kehidupan masyarakat yang baik menurut pendapat kebanyakan orang disebut sebagai masyarakat madani. Ini adalah impian setiap komunitas masyarakat besar di semua penjuru dunia, termasuk Indonesia sebagai salah satu negara yang didalamnya banyak terdapat keberagaman identitas mulai dari suku, agama, tradisi, dan lain-lain. Masyarakat madani sendiri sering didefinisikan dengan suatu kondisi dimana masyarakat hidup bersama, bahu-membahu dan saling bersaing untuk mewujudkan nilai-nilai yang mereka yakini demi kemajuan hidup dalam masyarakat tersebut. Berikut adalah sifat-sifat yang sering dihubungkan dengan karakteristik masyarakat madani:

1.Ruang Publik Yang Bebas
Kebebasan setiap orang dalam ruang publik menjadi idaman bagi kehidupan bermasyarakat. Kebebasan ruang ini menjanjikan adanya rasa aman bagi setiap orang yang hendak mengemukakan pendapat, dengan kebebasan ruang publik yang disediakan pers atau media dalam suatu negara maka tak perlu ada kekhawatiran yang berlebih akan terjadinya pendistorsian dalam setiap pendapat yang terucap oleh pemuka pendapat tersebut dan harapan akan transparansi politik suatu negara dapat tercapai.

2.Demokrasi
Demokrasi menjadi satu kata yang tak asing lagi ditelinga setiap warga negara Indonesia. Demokrasi sendiri dapat diartikan secara sederhana sebagai kebebasan berpendapat dan berekspresi dalam suatu ruang organisasi atau komunitas. Demokrasi menjadi salah satu pilar yang harus berdiri kokoh jika kemadanian menjadi cita-cita suatu komunitas masyarakat karena demokrasi menjadi dasar yang memfasilitasi setiap bagian masyarakat untuk menuangkan pemikiran-pemikiran tentang nilai-nilai yang akan mereka wujudkan demi perkembangan kehidupan suatu masyarakat dan negara serta cara-cara yang harus dipikirkan dan dilaksanakan untuk merealisasikannya.

3.Toleransi
Toleransi harus tersemat dalam perasaan setiap orang yang aktif dalam kehidupan bermasyarakat. Perasaan toleransi inilah yang memelihara perdamaian dan keefektifan kondisi dalam masyarakat sehingga tak ada perpecahan yang terjadi ketika adanya perbedaan pendapat dalam sebuah musyawarah atau pertukaran pendapat. Sikap toleransi menjadi semakin penting jika ada perbedaan yang sangat mendasar dalam satu anggota masyarakat dengan anggota yang lainnya, perasaan saling menghargai ini mencegah perpecahan yang akan sangat parah akibatnya.

4.Pluralisme
Perasaan toleransi tak akan timbul jika tanpa kesadaran akan adanya pluralisme dalam suatu komunitas masyarakat. Pluralisme adalah kesadaran akan adanya keberagaman antar setiap anggota masyarakat, sikap pluralisme tidak akan timbul dan dipahami jika manusia tidak dapat mengakui dan menerima perbedaan yang ada secara tulus dan menyadari bahwa perbedaan adalah rahmat dari Tuhan Yang Maha Menciptakan yang harus disikapi dengan positif.

Dari empat karakteristik kehidupan masyarakat madani diatas maka dapat disimpulkan bahwa kehidupan bermasyarakat di Indonesia masih dalam perkembangan yang panjang menuju kehidupan masyarakat yang saling menghargai dan saling melengkapi satu dengan yang lain. Ini menjadi tantangan yang harus diambil oleh semua komponen masyarakat besar Indonesia demi membentuk kemajuan pola pikir dan tata cara kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0