Mata Uang | Kumpulan Mata Uang dari Berbagai Negara

Artikel ini menyediakan informasi mendetail tentang macam-macam Mata Uang berbagai negara. Dahulu manusia belum menggunakan sistem pembayaran dengan tukar – menukar atau apapun caranya itu. Karena pada saat itu untuk mendapatkan sumber daya alam di sekitar mereka sangatlah mudah, ketika sumber daya alam yang digunakan habis maka mereka akan mencari sumber daya lain untuk kebutuhan hidup. Barulah ketika sumber daya mulai habis mereka menggunakan barang sebagai alat tukar – menukar yang kita kenal dengan sebutan barter.

Semakin majunya zaman, mulailah dikenal dengan uang barang, meskipun belum berupa uang. Menukarkan barang dengan barang lainnya yang memiliki harga sama. Kemudian setelah manusia mengenal tulisan, huruf dan baca tulis maka, dikenallah uang. Uang yang saat itu digunakan hanyalah berupa koin logam. Berkembangnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi munculah uang kertas yang lebih mudah, ringan dan tidak seberat dan sesulit koin logam untuk dibawa kemana – kemana. Tapi tidak semua alat pembayaran yang kita kenal saat ini sebagai uang bisa digunakan di semua negara dan semua tempat, tiap negara memiliki hak paten sendiri terhadap satuan nilai uang mereka. Ya itu adalah mata uang. Lalu, apasih mata uang itu sendiri ?

Kita mulai dari uang. Uang adalah alat pembayaran berupa koin logam atau pun kertas. Untuk menghitung uang kita membutuhkan satuan uang itu sendiri yang berbeda di tiap tempat dan negara. Sedangkan Mata uang sendiri adalah satuan yang digunakan pada alat pembayaran. Mata uang di Indonesia sendiri adalah Rupiah.

Mata uang memiliki suatu ciri khas yaitu tanda mata uang.Tanda mata uang adalah simbol unik yang digunakan untuk mempersingkat sebuah nama mata uang. Biasanya huruf pertama atau karakter mata uang digunakan untuk dijadikan tanda mata uang. Di Indonesia sendiri tanda mata uangnya adalah Rp yang berarti Rupiah.

Mata uang itu sendiri memiliki nilai – nilai sendiri. Diantaranya adalah nilai nominal yaitu nilai mata uang yang terdapat dalam mata uang itu sendiri. Lalu nilai intrinsik yaitu nilai mata uang yang terkandung dalam bahan untuk membuat mata uang itu sendiri. Lalu nilai ektrinsik yaitu nilai mata uang yang diukur dari kemampuannya untuk ditukarkan dengan valuta asing.

Kumpulan Mata Uang

Di artikel ini akan saya bahas beberapa mata uang dunia dan satuannya masing – masing:

  1. Afrika Selatan dan Namimbia yaitu Rand
  2. Afrika Tengah, Cameroon, Chad, Belgia, Monaco, Luxemburg, Kongo, Swiss, Senegal, Perancis yaitu Franc
  3. United States of America, Australia, Jamaika, Brunei Darussalam, Hongkong, New Zealand, Singapura, Taiwan dan Zimbabwe yaitu Dollar
  4. Austria, Kenya dan Tanzania yaitu Shilling
  5. Argentina, Filipina, Dominika, Chili, Uruguay, Mexico, Kolombia, Kuba yaitu Peso
  6. Bangladesh yaitu Taka
  7. Belanda yaitu Gulden
  8. Brazil yaitu Cruizero
  9. China yaitu Yuan
  10. Denmark yaitu krone
  11. Finlandia yaitu markka
  12. Ghana yaitu Cedi
  13. Guatemala yaitu Queizal
  14. Vietnam yaitu Dong
  15. Honduras yaitu Lempira
  16. India, Ceylon, Nepal, Srilangka dan Pakistan yaitu Ruppe
  17. United Kingdom yaitu Poundsterling
  18. Italia yaitu Krona
  19. Irak , Aljazair, Kuwait, Libia, Yordaniar dan Yugoslavia yaitu Dinar
  20. Iran, Saudi Arabia, Oman dan Qatar yaitu  Real
  21. Jepang yaitu Yen
  22. Germany yaitu Deutsche mark
  23. Korea Selatan dan Korea Utara yaitu Won
  24. Libanon, Irlandia, Israel, Syria, Suriah, Sudan, Mesir yaitu Pound
  25. Malaysia yaitu Ringgit
  26. Maroko dan Emirat Arab yaitu Dirham
  27. Peru yaitu Sole
  28. Kamboja yaitu Riel

Mungkin tidak semua mata uang bisa saya paparkan dalam artikel ini, mungkin sebagai pengetahuan kita saja mata – mata uang yang ada di dunia. Dengan nama – nama yang unik dan selipan sejarah didalamnya membuat tiap mata uang menjadi berbeda dengan satu yang lainnya. Walaupun ada beberapa mata uang yang sama seperti Dollar tetapi dalam tiap negara dollar yang digunakan tetaplah berbeda misal Amerika dan Singapura mata uangnya adalah Dollar tetapi di Amerika adalah Dollar Amerika dan di Singapura adalah Dollar Singapura. Jadi meskipun sama – sama Dollar tetapi penggunaan dan satuan nilainya berbeda.

Mata Uang

Mata Uang

Sumber Gambar : Rosmatriapida.com

Kata kunci:

Contoh dan Pengertian