Membran Sel | Catatan Tentang Membran Sel

Sel dikelilingi oleh Membran Sel yang terbuat dari lipid. Secara khusus, membran sel mengandung lapisan ganda lipid yang disebut sebagai fosfolipid (karena mereka memiliki molekul fosfat di dalamnya). Kolesterol adalah lemak lain yang dapat ditemukan pada membran sel. Kolesterol juga dapat mewakili 50 persen dari membran dalam beberapa sel.

PENYERAPAN DALAM SEL MEMBRAN

Usus kecil memiliki luas serap cukup besar, dengan lipatan dan convolutions ditutupi dengan proyeksi jari seperti salah satunya adalah vili, yang ditutupi oleh mikrovili. Bagian-bagian vili mengenali dan memilih kebutuhan tubuh terhadap nutrisi serta mengatur penyerapan mereka ke seluruh tubuh. Beberapa kontaminan makanan, seperti patogen yang ditularkan melalui makanan, kontaminasi lingkungan, pestisida dan bahan aditif makanan, dapat diserap oleh tubuh. Prosesnya, secara bersamaan, lipatan, vili dan mikrovili menyediakan permukaan cukup luas.

Membran Sel

Membran Sel

Bagian-bagian usus tidak hanya menyerap nutrisi, vitamin, mineral dan cairan yang dikonsumsi pada makanan, tetapi juga menyerap cairan disekresi di bagian atas dari saluran pencernaan. Fungsi lainnya adalah mendaur ulang garam empedu dan menyerap vitamin K yang dihasilkan oleh bakteri di usus besar.

Penyerapan didefinisikan sebagai bagian dari nutrisi dari saluran pencernaan menjadi darah atau getah bening. Penyerapan adalah proses yang sangat kompleks sekaligus juga rumit. Secara pasif atau aktifnya proses ini dibantu oleh aspek sehingga memungkinkan bagi semua jenis nutrisi untuk melewati sel mukosa usus untuk disebarkan ke tubuh.

Usus kecil mencakup mekanisme serap difusi pasif, difusi difasilitasi dan transpor aktif. Dalam difusi pasif, nutrisi melewati sel mukosa usus menuju ke aliran darah oleh gerakan random melalui lubang di dinding sel mukosa menggunakan protein. Difusi difasilitasi menggunakan protein untuk mengawal nutrisi melintasi membran sel. Transpor aktif membutuhkan energi untuk memindahkan zat dikombinasikan dengan protein melintasi membran melawan gradien energi.

Banyak kekurangan vitamin B12 mengakibatkan penyerapan tidak memadai karena kurangnya faktor intrinsik terhadap asupan minim vitamin. Beberapa nutrisi dapat berbagi varian sama saat proses penyerapan. Beberapa molekul, seperti glukosa, natrium, kalium, magnesium, kalsium dan besi molekul, memerlukan pompa, energi dan pembawa untuk berpindah dari ruang dalam atau lumen usus ke dalam sel mukosa.

KOLESTEROL DAN SEL MEMBRAN

Kebanyakan orang mengenal kolesterol identik sebagai penyebab terjadinya penyakit jantung dan atherosclerosis. Namun, kolesterol juga memiliki sejumlah fungsi penting lainnya di dalam tubuh. Selain perannya guna membuat hormon steroid, kolesterol juga merupakan komponen penting yang bertujuan melapisi serta mengelilingi semua sel dalam tubuh manusia.

Salah satu peran kolesterol adalah untuk membantu memberi dukungan ekstra pada membran. Zat kolesterol memang lebih kaku daripada beberapa lipid jenis lainnya, sehingga membuat kekebalannya jauh lebih kuat dan membuat lebih sulit bagi molekul kecil untuk melewati membran. Kolesterol memiliki fugnsi utama guna melumpuhkan beberapa molekul lipid di sekitar mereka. Kehadiran kolesterol memungkinkan membran harus cukup kuat untuk menahan sel secara bersama-sama, serta sebagai penghalang yang efektif untuk ion.

PROSES FLUIDITAS

Terlepas dari kenyataan bahwa terkesan lebih kaku daripada beberapa jenis lipid lainnya, kolesterol juga memiliki peran penting dalam menjaga cairan. Kolesterol membantu menghasilkan beberapa ruang tambahan antara lipid, yang membuat mereka dari mengkristal menjadi gel. Hal ini bisa memungkinkan agar dapat bergerak secara bebas di seluruh membran yang diperlukan.

RAKIT LIPID

Selain beberapa hal diatas, ada bermacam-macam fungsi lain dari kolesterol. Salah satunya adalah memiliki peran penting dalam pembangunan bagian-bagian khusus dari yang disebut rakit lipid. Varian ini terdiri dari jumlah tinggi jenis kolesterol khusus lipid yang disebut sphingolipids. Rakit ini memungkinkan beberapa bagian dari membran agar berbeda dari daerah lain.

FUNGSI RAKIT LIPID

Rakit lipid biasanya penting bagi variasi tindakan seluler dalam tubuh. Beberapa rakit lipid diperlukan dalam rangka mengekspor protein keluar dari sel. Rakit lipid lain digunakan guna jangkar protein tertentu dalam membran dan menjaga protein secara bersama-sama. Beberapa patogen (yaitu seperti jenis virus dan bakteri) juga menargetkan rakit lipid ketika mulai masuk ke dalam tubuh.

Sumber gambar: http://goo.gl/PGQFFF

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0