Motto Pendidikan > Informasi Terlengkap Mengenai Motto Pendidikan

Sebuah intstansi atau organisasi memiliki identitas atau pun ikon yang menjadi sesuatu yang mewakilka jati diri atau karakter dari instansi itu.  Lalu bagai mana cara sebuah organisasi,instatansi,atau badan badan pemerintahan mewakilkan dirinya dengan karakter yang mereka tunjukan. Maka dari itu adanya LOGO yang mewakilkan instansi instansi tersebut. Di Indonesia banyak sekali badan badan pemerintahan instansi pemerintahan maupun organisasi. Namun mari kita ambil satu contong yang paling mudah dan sering kuta temui di kehidupan sehari hari masyarakat umum. Yaitu logo dari instansi pendidikan. Banyak orang melihat dan tahu akan logo itu tapi sebenarnya mereka tidak memahami makna dibalik logo logo tersebut. Dan logo pendidikan tidak hanya Satu.

Salah satu logo  yang ada di dalam pendidikan di Indonesia adalah tut wuri handayani. Logo ini sangat familiar akan tetapi tidak semua orang tau makna dibalik logo tersebut.  Dan arti dari kata tut wuri handayani sendiri tidak banyak masyarakat yang tau, yang mencicipi pendidikan saja tidak tau bagai mana yang tidak pernah duduk di bangku sekolahan. Berikut akan di jelaskan makana logo serta rti dai kata tut wuri handayani yang sudah sejak lama menjadi slogan pendidikan di Indonesia.

Tut Wuri Handayani merupakan penggalan dari kalimat kepanjangan yang sangat terkenal dari bapak pendidikan, yangseorang pendiri dan guru besar  Taman Siswa, dan juga merupakan sebagai bapak pendidikan Indonesia serta baris terakhirnya menjadi bagian dari logo Depdiknas. Makna dari kata tut wuri handayani sagat lah bagus karna artinya adalah “untuk menciptakan situasi kondusifdan dibelakang mendorong (dukungan moral)”. Itu sebab nya departemen pendidikan selalu memawa pembaharuan dan juga membiri kurikulum yang membangun untuk menciptakan pendidikan yang kondusif secara merata serta  dan juga bimbingan moral budi pekerti yang diajarkan di sekolah agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

Slogan yang dianut di dunia pendidikan Indonesia tidaklah hanya satu. Namanya juga ingin mencerminkan karakter. Maka sebagai mana mungkin dibuat secara   detail dan tepat sasaran sesuai pencerminan nya.  Slogan lainya  Ing Ngarso Sun Tuladha

Di depan memberi teladan. Tidak mudah loh untuk menjadi teladan. Menjadi teladan artinya sang pemberi contoh harus rajin sadar dan bertindak baikn peduli terhadap pikiran, perkataan dan tindakannya. Setiap melakukan segala sesuatu harus benar sesuai aturan dan tidak menyimpang. Agar dapat memberi contoh yang baik itu tidak lah mudah. Setiap manusia itu selalu berpikir di antara dua kutub seperti mata koin. Tidak bisa selalu menjadi baik terus justru seharusnya juga tidak selalu buruk karena setiap situasi berbeda

Untuk selalu bersikap positif menbutuhkan waktu hampir seumur hidup Ya  menunjukkan usaha yang sungguh-sungguh untuk tetap  menjadi yang terbaiki. Saat kita senantiasa  tetap sadar dan berusaha serta sabar menyeimbangkan diri kita, tidak perlu repot memikirkan apa itu teladan yang baik, sebenarnya kita sudah memberi dan menjadi teladan.

Dan masih ada lagi slogan dunia pendidikan Indonesia  masih sama semua mencerminkan hal baik dari instansi itu sendiri. Ing Madya Mangun Karsa

Di tengah memotivasi, menggugah semangat, kemauan dan niat. Ini juga tidak mudah. Bagaimana membuat suatu situasi yang kondusif untuk orang lain agar bisa berkembang atau belajar, menggugah semanga seseoarang untuk terus maju  meraih kemajuan itu sangat sulit. Apalagim jika  kita dihadapkan pada masalah internal diri kita sendiri dan jug masalah eksternal dengan lingkungan  sekitar kehidupan kita. Satu hal yang amat sangat penting dan paling diperlukan hanya niat baik untuk melakukannya. Asal paham keras dan drama dalam  hidup, baris yang inipun pasti akan dilakukan orang-orang dengan senang hati.

Kesimpulanya Indonesia sudah memiliki motto pendidikan yang baik dan ingin mencerminkan pendidikan yang bagus. Namun pada kenyataan nya sangat melnceng dari selogan yang ingin ditunjukan. Masih banyak pendidikan yang tidak merata dan kecurangan kecurangan di pendidikan, oleh sebab itu Anda sebagai salah satu penerus bangsa ada baiknya untuk selalu mendukung progam pemerintah dan selalu mengkedepankan motto pendidikan. Ayo semangat !

Contoh Artikel Pendidikan

Motto Pendidikan

Sumber gambar : www.medantalk.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook2Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0