Negara : Artikel Terlengkap Tentang Negara

Negara adalah suatu wilayah yang didiami oleh oleh orang-orang yang memiliki satu tujuan sama dan memiliki sistem pemerintahan untuk mengatur wilayah tersebut. Untuk dapat menjadi suatu negara, harus memiliki 3 syarat utama, yakni  memiliki warga negara dan wilayah serta harus memiliki pemerintahan yang berdaulat. Jika ketiga  syarat tersebut sudah dipenuhi maka negara dapat didirikan.

Namun negara akan diakui oleh dunia jika negara tersebut telah mendapatkan pengakuan dari negara lain. Inilah yang menjadi syarat diakuinya sebuah negara di dunia internasional. Jika syarat yang terakhir ini belum bisa didapatkan, maka wilayah tersebut belum resmi sepenuhnya menjadi negara yang berdaulat di mata dunia.

Negara yang ada di dunia ini belum sepenuhnya menjadi negara yang berdaulat. Dari 209 total negara di dunia, ada 13 negara yang status kedaulatannya masih menjadi bahan pertimbangan sedangkan 193 negara yang tersisa sudah tergabung dalam PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa). Dari ke 13 negara tersebut, ada yang telah mendapat rujukan untuk menjadi sebuah negara, seperti Inggris, Wales, Irlandia Utara, dan Skotlandia. Sedangkan sisanya, seperti Bavaria dan Piedmont tidak mendapatkan rujukan untuk menjadi sebuah negara yang berdaulat meskipun di masa lalu, wilayah tersebut pernah berdiri menjadi negara sendiri.

Negara

Negara

Sebuah negara dibentuk karena adanya persamaan tujuan. Oleh karena itu semua warga negaranya tentu harus memiliki tujuan yang sama, yakni mendirikan negara yang berdaulat. Berikut ini adalah fungsi dari negara antara lain :

  1. Fungsi Keadilan
    Negara harus memiliki hukum yang tegas dan tidak memihak. Semua warga negara memiliki kedudukan yang sama di mata hukum dan hukum tersebut tidak beloh hanya memihak pada satu sisi saja.
  2. Fungsi Pengaturan Dan Ketertiban
    Negara harus memiliki suatu konstitusi atau Undang-Undang yang dapat mengatur kehidupan setiap warga negaranya. Undang-Undang dibuat untuk menciptakan tatanan kehidupan yang harmonis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  3. Fungsi Pertahanan Dan Keamanan
    Negara harus mampu melindungi seluruh warga negara, wilayah, serta pemerintahan dari hambatan, tantangan dan gangguan yang berasal dari dalam maupun luar negara.
  4. Fungsi Kesejahteraan Dan Kemakmuran
    Negara harus mampu mengolah serta mengeksploitasi segala kekayaan sumber daya alam (SDA) yang ada serta harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dari semua warga negaranya agar kesejahteraan semua warga negaranya dapat meningkat.

Semua negara didirikan dengan maksud dan tujuan tertentu. Tujuan nasional dari setiap negara berbeda-beda. Hal ini tergantung dari setiap pemimpin yang  berkuasa. Namun pada intinya semua negara mengacu pada satu tujuan, yakni mencapai kebahagian dan kemakmuran bagi seluruh warga negara tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh tujuan negara antara lain :

  • Memperluas wilayah kekuasaan
    Teori tujuan negara ini dianut oleh negara yang menganut faham Komunis. Negara diciptakan untuk dapat memperluas wilayah kekuasaannya. Oleh karena itu demi memperoleh tujuan ini, rakyat dan seluruh warga negara digunakan sebagai alat untuk memperluas wilayah kekuasaan negara. Pada Jenis negara ini kepentingan negara berada di atas kepentingan pribadi dan kelompok.
  • Untuk merintis adanya ketertiban hukum
    Negara diciptakan untuk menyelenggarakan ketertiban hukum. Semua warga negara harus tunduk dan taat terhadap hukum yang berlaku di negara tersebut karena kedudukan hukum adalah sebagai penguasa yang sebenarnya.
  • Mencapai Kesejahteraan dari semua warga negara
    Negara diciptakan untuk mencapai kesejahteraan bagi semua warga negaranya. Negara dianggap sebagai suatu perantara alat yang didalamnya terdapat unsur kebahagiaan, kemakmuran, dan kesejahteraan bagi seluruh penghuni atau warga negara tersebut. Oleh karena itu di negara dengan tujuan ini lebih mengutamakan kemakmuran rakyatnya dari pada mengutamakan wilayah kekuasaannya

Suatu negara memiliki sistem pemerintahan, bentuk negara, serta tujuan yang saling berbeda-beda. Namun secara umum negara harus mampu memberi kesejahteraan terhadap seluruh warga negaranya karena warga negara menjadi salah satu unsur penting bagi terbentuknya suatu negara. Jika suatu negara tidak dapat memakmurkan rakyatnya maka akan sia-sia didirikan negara tersebut karena berdirinya negara berasal dari tujuan bersama dari semua warga negaranya yang ingin hidup makmur dan sejahtera.