Onet Game : Tulisan Terkait Onet Game

Onet Game, apakah teman-teman sudah pernah dengar dan tau tentang permainan ini? mungkin tidak sedikit yang sudah tau bahkan pernah memainkan game ini. Chen Program Study adalah pembuat atau developer game mini tersebut, mereka merupakan developer dari China. Untuk bermain game mini ini juga sangat sederhana untuk dimainkan yaitu dengan cara memilih atau mencocokkan objek dalam hal ini adalah gambar.

Pada saat pertama muncul developer menggunakan gambar Pokemon sebagai objeknya, jadi kita harus mencocokkan objek yang ada misalkan Pokemonnya Pikachu kita harus mencari Pikachu lainnya,  dan ada beberapa pasang pokemon lain juga, maka kita bertugas mencari objek serupa dan tidak terhalang, sangat sederhana bukan? meskipun game ini terlihat sepele tetapi perlu diketahui untuk menyelesaikan 1 level saja sangat diperlukan ketrampilan dan kesabaran khusus untuk menyelesaikannya.

Onet Game

Onet Game

Kita juga harus berpacu dengan waktu yang terus berjalan, kalaupun hampir berhasil menyelesaikan game, namun waktu sudah habis berarti kita kalah alias game over. Dalam menyelesaikan setiap level diperlukan ketelitian lebih dan kesabaran ekstra, mungkin juga salah satu tujuan dari developer game adalah untuk mengasah ketelitian dalam bentuk mencocokkan objek-objek dalam game.

Awal dibuat atau paling pertama muncul permainan ini hanya tersedia pada PC/Laptop, tetapi sekarang sudah tersedia dalam perangkat lain, yaitu mobile/tablet. Pada versi pertama yang ada didesktop, jika kita mainkan lalu telah selesai mencocokkan semua gambar Pokemon, maka akan lanjut ke level berikutnya.

Jika sudah memasuki level baru maka akan ada sedikit perubahan dimana jika biasanya kita menyelesaikan 1 pasangan Pokeman maka gambar yang lain akan tetap, namun masuk ke level baru setiap 1 pasangan yang telah diselesaikan maka gambar didekat atau sekitarnya akan bergeser, dari atas kebawah, bawah keatas, kanan kekiri juga kiri kekanan.

Onet lawas yang pertama muncul:

Onet Game

Onet Game

Aturan permainan atau pola dasar cara bermain:

Aturan Permainan Onet

Aturan pola game onet

Penjelasan atau aturan boleh atau tidaknya pola mencocokkan kita dapat kita lihat dari contoh diatas, sudah dijelaskan juga beberapa pola dan contoh untuk boleh mencocokkan gambar-gambar yang ada, jadi kita tidak bisa sembarangan dan langsung mencocokan dari ujung ke ujung jika ada hambatan atau terhalang oleh yang lain.

Setelah sukses dengan V1, muncul v2 yaitu dengan sedikit pembaruan serta desain grafis lebih bagus juga menarik dari yang sebelumnya muncul. Dan v2 masih menggunakan objek yang sama dan aturan yang sama pula.

Tampilan onet V2 :

onet v2

onet V2

Walaupun aturan permainan atau pola tetap sama, namun perbedaan pertama dan kedua selain dari segi grafis yang lebih bagus, letak atau penataan dari gambarnya lebih bervariasi dan objeknya lebih sediki dibanding versi sebelumnya, hanya saja jika sebelumnya mempunyai waktu cukup lama, tetapi yang terbaru waktunya lebih singkat.

Variasi objek onet V2:

Onet versi 2

Onet V2

Sukses dengan permainan sederhana didesktop, akhirnya permainan ini muncul untuk perangkat mobile/tablet juga, sudah tersedia dan bisa digunakan yaitu dengan menggunakan salah satu perangkat dengan OS(Operating System) yang sedang  booming sekarang, yaitu android. Tidak ketinggalan dengan versi desktop yang mempunyai beberapa varian, pada mobile game kecil ini juga sudah tersedia dalam beberapa versi yang bisa dimainkan di perangkat android. Jika pada perangkat desktop yaitu PC/Laptop kedua versi masih menggunakan Pokemon sebagai objeknya , maka pada di mobile tersedia gambar lain selain Pokemon yaitu dengan buah-buahan(fruit).

Onet versi mobile:

Ini hampir sama seperti versi pertama di desktop yang tersedia pada PC/Laptop, namun karena diperuntukan untuk aplikasi mobile maka jumlah gambar lebih sedikit dan juga pada versi ini kita bisa memilih level permainannya, ada beberapa tingkatan/level, jadi jika memilih expert maka jumlah gambar juga akan semakin banyak, tetapi tetap tidak sebanyak versi desktop.

Onet versi mobile(fruit):

Onet fruit versi mobile

Onet fruit versi mobile

Sedikit berbeda dari yang sebelumnya yaitu masih menggunakan Pokemon sebagai objeknya, kali ini developer mencoba membuat inovasi baru, serta membuat lebih unik yaitu dengan menggunakan buah-buahan sebagai objek gambarnya. Dengan grafik lebih bagus serta lebih enak dilihat dari sebelumnya, tentu game ini menjadi lebih menarik.

Semua game ini bebas atau free untuk digunakan baik itu pada desktop atau mobile dan sama sekali tidak memberatkan memory karena ukuran dan space yang digunakan sangat kecil. Untuk perangkat android sendiri bisa langsung didownload melalui playstore.

Walaupun mempunyai beberapa versi baik itu pada desktop atau mobile tetapi inti permainan ini tetap sama yaitu ketelitian, ya dengan beberapa letak gambar kita dibingukan untuk menemukan pasangan dari gambar, belum lagi harus mengikuti aturan atau pola-pola pada game ini. Sebenarnya tanpa kita sadari jika rutin bermain game pengasah otak dan ketelitian seperti onet maka secara tidak langsung kita telah melakukan olahraga otak, belajar teliti serta belajar sabar.

Source images by:

  • handika-abdinegara.blogspot.com
  • hnz11.files.wordpress.com
  • bnswebsite.com
  • appszoom.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook2Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0