Pameran Komputer | Kumpulan Informasi Menarik Pameran Komputer

Komputer dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia. Sudah banyak sekali komputer yang bermunculan. Dari mulai Komputer Desktop, Komputer Laptop, hingga yang terakhir Komputer Tablet. Tetapi, apa gunanya komputer yang bermunculan tersebut tidak diberitakan secara luas. Pemberitaan tersebut tidak selalu melalui pemberitaan media masa yang mana diterbitkan oleh perusahaan penerbit media cetak. Pameran komputer salah satu solusi untuk memasarkan produk terbaru mereka.

Pameran ditujukan untuk menarik peminat sebanyak mungkin. Apabila yang berminat cukuplah banyak maka bukan tidak mungkin mereka akan membeli produk mereka di situ juga. Pameran diadakan dengan berbagai rentan waktu. Ada pameran yang diadakannya setahun sekali, ataupun ada pameran yang diadakan setahun dua kali. Pameran didesain dengan semenarik mungkin. Yang paling tidak bisa kita hindari adalah ketika kita melihat barang ataupun komputer yang kita suka lalu kita mengambil brosur dari pameran tersebut, ini menjadi salah satu ciri tersendiri apabila kita menghadiri suatu pameran.

Selain brosur, pameran biasanya mengadakan fasilitas uji coba suatu barang. Uji coba dimaksudkan untuk melihat seberapa canggih, setahan apa produk tersebut, seberat apa produk tersebut, dan tentunya seberapa lama produk tersebut bisa menyala dengan menggunakan tenaga baterai. Bahkan, sekarang diciptakan komputer yang tidak hanya cepat, tetapi juga tahan terhadap segala rintangan.  Tidak hanya uji coba, terkadang ada sebuah pameran yang memperbolehkan pengunjung untuk membandingkan dengan komputer lain. Merk apa saja yang biasanya dipamerkan? Banyak sekali merk yang dipameran, bahkan hampir semua merk dipamerkan. Asus, HP, Acer, Samsung, Sony, Apple, dan masih banyak merk lainnya. Apakah produk dalam negeri tidak bisa memamerkan produk mereka? Tentu saja bisa. Tidak pandang merk, merk apapun bisa dipamerkan. Lenovo, Advan, Zyrex, Elevo, dan masih banyak merk domestik lainnya.

Keuntungan yang dapat kita lihat, yaitu.

  1. Konsumen dapat melakukan perbandingan. Harga maupun barang yang kita beli pastinya dapat kita bandingkan. Bahkan kita tidak perlu ke toko komputer untuk membandingkannya. Cukup mengambil sebuah brosur yang sudah disediakan oleh panitia pameran. Di situ sudah tertera jelas harga yang di sediakan. Berapa tahun garansi yang ditawarkan, ini tergantung dari pihak produsen komputer itu sendiri. Rata – rata untuk sebuah garansi komputer biasanya satu tahun. Itupun sudah mencakup semua aspek, mesin, windows, memori, kelistrikan, dan berbagai kerusakan lainnya.
  2. Mendapat informasi terbaru sebuah komputer. Sebenarnya inilah salah satu tujuan konsumen datang jauh – jauh ke tempat pameran. Sebelum kita membeli sebuah komputer, ada baiknya kita melihat – lihat sebagus apa produk tersebut. Agar tidak terjadi ketidakpuasan di kemudian hari.
  3. Diskon yang ditawarkan. Biasanya, produk baru agar dapat melanjutkan kesuksesan produk sebelumnya yang pertama dilakukan oleh produsen adalah memasang diskon agar harga yang ditawarkan terjangkau. Terkadang prinsip suatu produsen adalah mengambil perhatian seorang konsumen terlebih dahulu. Diskon yang ditawarkan biasanya besar, ini cukup menguntungkan di kedua belah pihak. Produsen mendapat nama dan reputasi yang baik, sedangkan konsumen membeli dengan harga yang terjangkau.
  4. Konsumen melakukan teknik one stop shopping. Ini menjadikan pameran lebih menarik. Karena, ketika kita mengunjungi pameran dan kebetulan uang sedang ada, kita hanya perlu mendatangi stand dan booth yang ada. Lalu, transaksi jual beli pun terjadi. Kita tidak perlu mendatangi toko komputer yang biasa untuk membeli sebuah laptop atau komputer.

Uniknya, disetiap pameran komputer, tidak hanya komputer saja yang dipamerkan. Gadget terbaru pun dipamerkan. Dari mulai merk yang sedang naik daun hingga merk yang sedang proses mendulang kesuksesan. Meskipun tertarik, ada baiknya gunakan tips berikut ini saat hendak membeli sebuah komputer ataupun alat elektronik lainnya.

  1. Apabila anda hendak membelinya, cocokan dengan kebutuhan anda. Pembeli umumnya tertarik karena spesifikasi yang ditawarkan cukup memikat hati. Tetapi, spesifikasi yang sedemikian bagus, biasanya mempunyai harga yang tinggi. Misalkan, anda di rumah hanyalah seorang desainer grafis atau editor video, maka pilihlah yang cocok dengan itu. Spesifikasi yang dibutuhkan memang tinggi, prosesor yang cepat, memori yang luas, serta grafis yang jernih harus menjadi bahan pemikiran yang matang.
  2. Disarankan untuk mengajak teman atau saudara anda yang mengerti seluk beluk atau permasalahan sebuah komputer. Bagi anda yang mengerti, bukanlah suatu masalah ketika dijelaskan oleh penjual. Tetapi, apabila anda tidak mengerti, bisa saja terjadi miskomunikasi.
  3. Bertanya. Seorang konsumen diharuskan bertanya kepada penjual. Ini sekali lagi dimaksudkan untuk memeperkecil resiko ketidakpuasan di pihak pelanggan.

Berikut ini adalah contoh brosur yang ada.

komputer_expo

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0