Pariwisata indonesia | Artikel Terlengkap Pariwisata indonesia

Pariwisata bisa diartikan sebagai perjalanan ke suatu tempat untuk melancong atau rekreasi. Kegiatan ini mempunyai beberapa tujuan misalnya untuk mengetahui suatu daerah tertentu, untuk pengetahuan dan pengalaman atau sekedar untuk bersenang-senang.

Sebagai bangsa Indonesia, patutlah kita berbangga. Hal itu karena Indonesia kaya sekali tempat pariwisatanya dengan sejumlah kegiatannya. Mulai dari kegiatan pariwisata di darat dan juga di laut. Dari yang tradisional sampai yang sifatnya modern.

Selain itu, Indonesia juga kaya ragam budayanya. Adat istiadat yang unik, tarian bahkan rasa kulinernya juga khas. Kuliner sebagai pendukung penting,  menjadikan pariwisata Indonesia menarik dan pantas diburu. Bukan saja oleh wisatawan domestik  tetapi juga oleh wisatawan asing.

Berdasarkan tujuan orang melakukan wisata, maka pariwisata bisa dibedakan menjadi :

a.      Wisata alam.

Wisata alam adalah kegiatan rekreasi yang memanfaatkan potensi sumber daya alam yang ada. Baik keadaan alam yang masih alami maupun yang sudah tersentuh rekayasa.

Orang melakukan wisata alam biasanya karena ingin memperoleh ketenangan. Selain itu juga ada yang ingin menunjukkan rasa cintanya kepada alam. Yang lebih idealis lagi adalah karena ingin mendapatkan pengetahuan dan pengalaman dari alam. Mungkin itulah tujuan paling tepat bagi mereka yang suka mendaki gunung, memanjat tebing, memasuki gua, arung jeram dan lain sebagainya.

Wisata alam biasanya objeknya adalah alam seperti gunung, air terjun, danau, sungai dan lain sebagainya. Sebagai contoh adalah pergi berwisata ke danau Toba, menyusuri gunung Bromo di Jawa Timur, mendaki gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, mengunjungi kepulauan Raja Ampat di Papua Barat dan lain sebagainya.

b.      Wisata budaya.

Wisata budaya bisa diartikan sebagai bepergian sendiri atau bersama-sama  untuk mengetahui kebudayaan setempat.  Wisata seperti ini cukup menarik karena kita bisa mengetahui ragam budaya di Indonesia.  Bukankah Indonesia kaya sekali dengan jenis tarian, adat istiadat dan makanan tradisionalnya. Hal itu bisa membuat kita bangga menjadi bangsa Indonesia.

Beberapa tempat yang bia dijadikan wisata budaya adalah menonton tarian Pendet di Bali, tarian Tor-tor di Sumatera Utara. Atau mengunjungi perkampungan suku Badui di Banten atau kampung Naga di Jawa Barat. Bisa juga menonton tradisi lompat batu Suku Toraja di Nias. Atau juga sendratari Ramayana yang diadakan rutin di candi Prambanan.

c.       Wisata bahari.

Wisata bahari adalah pergi berekreasi untuk menikmati laut. Yang bisa dilakukan biasanya diving atau menyelam. Contoh melihat pemandangan di Taman laut Bunaken atau  di perairan pulau Derawan Kalimantan Timur.

Selain itu juga bisa melakukann surfing atau selancar. Tempat yang bisa digunakan adalah pantai Uluwatu Bali. Di sana gelombang lautnya tinggi dan tidak terputus sepanjang harinya. Hal ini  membuat kawasan Uluwatu begitu dirindukan para pecinta olah raga ini.

Masih banyak pantai lain selain Uluwatu yang cocok untuk berselancar. Adalah pantai  Lagundri di pulau Nias Sumatera Utara, Pelabuhan Ratu di Jawa Barat, Grajagan di Jawa Timur juga pantai Kuta di Bali dan pantai Nemberala di Nusa Tenggara Timur.

 d.      Wisata ziarah.

Wisata ziarah adalah sebuah perjalanan rekreasi yang agak berbeda dibanding jenis wisata lainnya. Tujuannya bukan sekedar mengejar kesenangan duniawi semata. Tetapi lebih pada kepuasan batin. Hal itu karena wisata ziarah juga ditujukan  untuk memenuhi kebutuhan spiritual seseorang. Ada nilai-nilai tersendiri yang ingin dipetik dari sejarah obyek wisata ziarah tersebut.

Umat Islam misalnya. Mereka biasanya mengunjungi makam wali-wali atau mesjid-mesjid bersejarah. Dengan demikian diharapkan keimanan dan ketakwaan akan semakin meningkat.

Wisata ziarah seperti ini banyak terdapat di pulau Jawa. Dahulu  terdapat 9 wali yang terkenal dengan Wali Songo. Mereka menyebarkan agama Islam pada abad ke 14 sampai 16 Masehi. Sebutlah salah satunya adalah Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Makamnya terletak di Cirebon.

Di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur ada makam wali yang lain. Sunan Kudus, Sunan Bonang dan lainnya. Bahkan peninggalannya berupa mesjid pun masih kokoh berdiri sampai sekarang. Salah satunya adalah masjid Demak yang merupakan masjid tertua di Indonesia.

Umat Katolik pun punya tempat ziarahnya tersendiri. Mereka biasanya mengunjungi gua Maria Sendangsono di Jawa Tengah. Gua ini  merupakan gua Maria yang paling tua. Usianya saja lebih dari seratus tahun.

e.      Wisata agro.

Wisata agro atau agrowisata merupakan kegiatan rekreasi di daerah pertanian atau areal holtikultura. Yang dicari biasanya kesegaran alam, tempat yang nyaman dan udara yang bersih.

Wisata kebun kina, wisata memetik stroberi, tomat dn lain sebagainya. Manfaatnya banyak sekali terutama bagi anak. Secara tidak langsung anak mempunyai pengetahuan tentang pertanian. Anak juga akan merasa senang sekali jika diajak makan stroberi setelah memetiknya sendiri di kebun.

f.        Wisata sejarah.         

Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarahnya. Demikianlah pemeo populer yang sering kita dengar. Dan hal itu bisa kita lakukan dengan cara wisata sejarah.  Salah satu yang bisa dipilih adalah mengunjungi benteng pertahanan yang dibangun oleh Belanda pada jaman kolonial. Ada beberapa benteng yang bisa dikunjungi, sebut saja benteng Vrederburg di Yogyakarta, benteng Pendem di Cilacap, benteng Van Der Wijck di kabupaten Kebumen.

Wisata sejarah pun bisa dilakukan dengan mengunjungi makam-makam pelaku sejarah. Misalnya mengunjungi makam Bung Karno di Blitar, makam Cut Nyak Dien di Sumedang atau makam Pangeran Dipenogoro di Makasar.

Untuk menanamkan rasa nasionalisme pada anak, mengunjungi musium yang berlatarbelakang sejarah pun pantas dilakukan. Misalnya museum Joang 45, Museum Sumpah Pemuda dan lainnya.

***                                                                                                                           

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0