Pelajaran Matematika > Artikel Terlengkap Tentang Pelajaran Matematika

Matematika adalah ilmu yang berkaitan dengan angka-angka. Julukan bagi Matematika menurut Carl Friedrich Gauss adalah “Queen of Sciences” atau dalam bahasa Indonesia disebut Ratunya ilmu pengetahuan. Pelajaran matematika sangat penting bagi dasar dalam ilmu pengetahuan, saat kita kecil, kita dituntut untuk belajar matematika mulai dari mengenal angka sampai dengan belajar menulis angka. Saat masuk sekolah dasar kita belajar cara pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Itu merupakan dasar dalam ilmu matematika yang selanjutnya akan dikembangkan dalam rumus-rumus saat kita naik ke tingkat yang lebih tinggi. Bahkan hanya dengan belajar dasar matematika kita bisa membuka usaha seperti membuka warung, jualan pulsa dan lain-lain. Bayangkan jika kita tidak mempelajari matematika, saat kita membuka usaha kita tidak bisa menghitung kembalian, usaha kita bisa mengalami kebangkrutan. Maka dari itu ilmu matematika harus dipelajari sejak dini.

Pelajaran Matematika

Pelajaran Matematika

Bidang-bidang di dalam matematika muncul karena kebutuhan dalam perhitungan di perdagangan, untuk memahami hubungan antar bilangan, untuk mengukur luas tanah, bahkan bisa untuk meramalkan peristiwa astronomi. Ilmu-ilmu dalam matematika antara lain mempelajari tentang,

  • Besaran, besaran dalam matematika dimulai dengan bilangan yang terdiri dari bilangan asli yang dimulai dari 1 s/d tak hingga, bilangan bulat yang dimulai dari minus tak hingga sampai tak hingga, bilangan rasional adalah bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk x/y dimana x dan y adalah bilangan bulat, bilangan real adalah bilangan yang dinyatakan dalam bentuk desimal dan bilangan kompleks adalah bentuk umum dari bilangan real yang memiliki bilangan imajiner (i).

Bilangan

  • Ruang, pelajaran tentang ruang adalah geometri, trigonometri, dan topologi. Geometri mempelajari tentang bentuk, ukuran, dan sifat ruang, jika di sma kita mengenal persegi, lingkaran, kubus, balok, cara menghitung luas, volume dan menentukan irisan bangun merupakan bagian dari geometri. Trigonometri merupakan bagian dari geometri yang berkaitan dengan sudut lalu memadukan ruang dan bilangan, dan mencakupi Teorema Pitagoras. Sedangkan Topologi adalah cabang matematika yang bersangkutan dengan tata ruang yang tidak berubah.

geometri

  • Logika matematika dan Teori himpunan juga dipelajari di matematika, Logika matematika mempelajari tentang kajian matematis logika dan aplikasi untuk bidang-bidang lain di luar matematika. Logika matematika sangat berhubungan erat dengan ilmu komputer sama dengan matematika diskrit. Sedangkan teori himpunan adalah teori mengenai sekumpulan objek-objek abstrak.

logikamatematika

Sebenarnya masih banyak sekali yang dipelajari dalam matematika seperti kalkulus, fungsi-fungsi, grafik fungsi, persamaan, peluang, bahkan dalam matematika terapan kita bisa memecahkan masalah konkret dalam ilmu pengetahuan bisnis. Dalam matematika kita juga bisa meramalkan kejadian sesuatu seperti memprediksi harga saham, memprediksi jumlah penduduk dan lain-lain yang mana teori peluang berperan penting.

Ilmu matematika sangat luas digunakan dalam berbagai cabang. Jika anda menguasai matematika anda dapat lebih mudah menjalani kehidupan anda karena segala aspek kehidupan didasari oleh matematika, seperti berdagang anda menghitung profit anda dengan ilmu matematika, tawar-menawar dalam jual beli barang menggunakan ilmu matematika, bahkan sampai tidur pun anda bisa menggunakan ilmu matematika untuk mengukur berapa lama kita tidur.

Indonesia masih tertinggal jauh dalam pelajaran matematika, padahal jika sebagian masyarakat di Indonesia mendalami matematika dengan baik maka Indonesia bisa menjadi negara yang sangat maju. Pelajaran Matematika perlu diberikan kepada semua masyarakat mulai dari sekolah dasar sampai dengan SMA atau bahkan perguruan tinggi untuk membekali mereka dengan kemampuan berpikir logis, analitis, kritis, sistematis dan kreatif. Bagi seorang siswa ataupun mahasiswa keberhasilan dalam mempelajari ilmu matematika akan membuka pintu karir yang cemerlang. Bagi warga negara, matematika dapat menunjang pengambilan keputusan yang tepat dalam melakukan suatu hal. Bagi negara, matematika akan menyiapkan warganya untuk bersaing di bidang ekonomi dan teknologi. Matematika bukan lah momok menakutkan bagi kita yang sedang mempelajari matematika, jadikan lah matematika itu suatu pelajaran yang menyenangkan karena dengan belajar matematika, kita akan belajar berpikir secara kritis, kreatif dan aktif.

Besar harapan tertumpu pada ilmu matematika, berharap guru-guru matematika bisa memberikan kualitas dan mutu yang baik dalam mengajar calon penerus bangsa, dan juga bagi calon penerus bangsa bisa mempelajari ilmu matematika dengan baik demi bangsa kita.

Source Picture : uniqpost.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0