Peluang Bisnis – Catatan Terkait Peluang Bisnis

Menurut KBBI pengertian BISNIS adalah usaha komersial di dunia perdagangan, sedangkan pengertian Bisnis dalam ilmu ekonomi adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan keuntungan.

Siapa saja berhak berkecimpung di dunia atau di kegiatan bisnis tetapi tidak semua orang berhasil di dalamnya. Berbagai alasan membuat orang ingin berkecimpung di dunia bisnis, dengan alasan gaji di kantor tidak memadai, mempunyai bos kurang pengertian, teman-teman  tidak sejalan atau ingin membuka lowongan pekerjaan buat orang lain. Apapun alasannya itu sah-sah saja tetapi harus di ingat bahwa tidak semua orang bisa berhasil dalam menjalankan bisnis mengapa? karena kebanyakan dari setiap orang memiliki prospek atau perencanaan kurang matang.

Peluang Bisnis

www.kutembak.com

Banyak orang berfikir dengan uang mereka dapat menjalankannya, memang pola pikir ini tidak salah tetapi uang bukan hal utama dalam menjalankannya. Jika timbul satu pertanyaan lalu Peluang Bisnis apa saja  harus dilakukan sebelum berkecimpung di dalamnya? Setiap orang harus memiliki strategi sebelum melakukan kegiatan bisnis sehingga siapapun berhak memperoleh keuntungan.

  • Berdoa

Berdoa memang sering dilupakan oleh kebanyakan orang, tetapi doa sebenarnya adalah kata kunci sebelum melakukan kegiatan. Artikel ini sama sekali tidak berniat untuk menyinggung agama tetapi apapun keyakinan anda maka mulailah terlebih dahulu dengan doa.

  • Memiliki Semangat Dan Ambisi 

Mengapa harus memiliki semangat dan ambisi, karena dengan semangat dan ambisi siapapun  mampu untuk terus berusaha menggapai mimpi dan harapan, sekalipun suatu saat nanti dalam kegiatan bisnis akan menemukan atau mengalami kemerosotan. Dengan semangat dan ambisi maka kita akan menemukan cita-cita dan harapan itu.

  • Mengetahui Apa Kebutuhan Utama Bagi Masyarakat

Dari mengetahui dan mempelajari apa kebutuhan masyarakat sekitar, kita dapat memulai bisnis kira-kira apa saja kebutuhan dan pilihan banyak orang. Contoh, ketika seseorang berniat membuka usaha dalam bentuk fotocopy ia membuka usaha di sekolah-sekolah, di Universitas, di daerah perkantoran di mana banyak orang membutuhkan jasa fotocopyan. Contoh kurang tepat adalah ketika seorang berniat untuk membuka bisnis fotocopy ia membuka di daerah-daerah pedalaman dimana keadaan disana kurang mendukung penggunaan jasa fotocopy. Dari kita mengetahui apa kebutuhan masyarakat disekitar maka dengan mudah dan menjual barang dagangan.

  • Mencari Lokasi Strategis

Lokasi strategis tidak kalah pentingnya dalam menjalankan usaha. Lokasi dimana menjadi pusat lalu lintas masyarakat, biasanya menjadi pilihan banyak orang. Membuka bisnis jika tidak mencari lokasi benar-benar strategis alhasil akan terjadi kebangkrutan atau kurang laku.

  • Memiliki Modal Mencukupi

Modal tidak kalah penting, dengan menyiapkan modal baik berjumlah kecil maupun berjumlah besar dimana ini menjadi langkah awal dalam suatu usaha sebelum meraup keuntungan. Saat mengeluarkan modal kita juga arus berfikir berapa keuntungan yang akan didapat.

  • Melihat Banyaknya Pesaing Disekitar

Melihat banyaknya pesaing di sekitar adalah salah satu strategi berjualan, dengan melihat jumlah pesaing kita dapat mempertimbangkan harus membuka bisnis disana atau tidak. Tidak salah kalau anda berjualan dengan pesaing yang sangat banyak, tetapi keuntungan dari hasil penjualan tidak akan maksimal dibanding dengan berjualan di tengah-tengah penjual berjumlah sedikit.

Masih banyak lagi strategi yang dapat kita lakukan namun apapun strateginya maka lakukanlah itu dengan penuh rasa semangat dan gairah yang kuat. Mendapatkan keberhasilan tidak semudah membalikkan telapak tangan, semua membutuhkan proses yang panjang walaupun ada dari sebagian orang dengan mudah memperoleh keberhasilan dari kegiatan bisnisnya. Jika suatu saat kita menemukan kesulitan-kesulitan dalam melakukan kegiatan bisnis tetaplah berusaha dan bersabar, untuk mencapai hasil yang maksimal seorang pengusaha biasanya dimulai dari titik nol artinya tidak ada pengusaha yang langsung menajdi penguasa besar.

Usaha apa yang ada di dalam benak saudara? Seorang bussiness man besar kah? Atau seorang pebisnis kecil tetapi mendapatkan penghasilan yang besar? Siapapun boleh memiliki mimipi dan cita-cita yang tinggi. Tetapi seperti penjelasan saya di atas bahwa dalam menjalankan suatu usaha maka kita harus benar-benar mengerti prospek apa yang akan kita jalankan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembaca yang berkeinginan membuka usaha. Tetap SEMANGAT. Salam

Sumber Gambar : www.kutembak.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0