Peluang Usaha Rumahan | Kumpulan Tulisan Terlengkap Tentang Peluang Usaha Rumahan

Seorang manajer terkenal di sebuah perusahaan besar pernah bercerita di akun Twitternya, setelah mengabdi di perusahaan tempatnya bekerja selama bertahun-tahun, dirinya merasa jenuh dan ingin mencoba sesuatu yang berbeda. Atas dasar itu ia mengajukan pensiun dini dari tempat kerjanya, dimana sang manajer tiap bulannya dibayar 10 juta, untuk kemudian membuka usaha kuliner kecil-kecilan di rumahnya.

Dengan modal gaji terakhir ditambah pesangon sebagai tanda tali asih atas pengabdiannya selama ini, sang mantan manajer berusaha mati-matian menjalankan bisnis barunya. Ia memanfaatkan setiap koneksi yang dimiliki, bahkan rela berjalan dari pintu ke pintu hanya untuk menawarkan dagangannya. Alhasil karena keuletannya yang luar biasa, mantan manajer perusahaan ini akhirnya meraih keberhasilan luar biasa. Omzet penjualannya tumbuh sangat besar, bahkan keuntungan bersih tiap bulannya sudah jauh melebihi gaji bulanannya di perusahaan tempat kerjanya terdahulu. Padahal itu juga sudah termasuk gaji untuk beberapa orang karyawannya.

Peluang Usaha Rumahan

Peluang Usaha Rumahan

Anda bisa lihat bahwa sebuah bisnis besar bahkan sudah bisa dimulai dari rumah. Ya, rumah tempat tinggal anda sendiri. Tidak peduli tipe 45, 70, atau malah tipe 27. Kalau kata pepatah, size doesn’t matter. Ukuran tidak jadi masalah. Yang jadi masalah justru adalah pada saat anda punya rumah bagai istana tapi tidak ada manfaat yang bisa dihasilkan dari situ.

Meminjam istilah pengusaha sekaligus optimizer Ali Akbar, optimasikan segala hal yang anda miliki, entah itu bakat atau bahkan modal uang berapapun jumlahnya. Dengan begitu, kesuksesan akan bisa dengan mudah diraih. Apalagi lima sampai sepuluh tahun terakhir, tren masyarakat menjadi wirausahawan atau dalam bahasa kerennya entrepreneur semakin meningkat. Hal ini ditunjang makin banyaknya motivator bisnis, buku-buku tentang bagaimana memulai usaha dari rumah, lengkap dengan jenis-jenis usaha apa saja yang sekiranya akan bisa dikembangkan tanpa anda harus capek-capek berdandan ala sekretaris perusahaan. Nah, kalau anda tertarik untuk juga ikut terjun menjadi seorang wirausahawan atau wirausahawati, ada baiknya cermati lebih dulu jenis usaha yang bisa dikerjakan dari rumah. Selain itu, pelajari juga bagaimana cara praktis penerapan pengelolaan dan peluang usaha rumahan tersebut agar hasilnya seperti harapan anda, yaitu selain mendapat penghasilan tanpa harus repot keluar rumah, tugas sebagai ibu rumah tangga (untuk kaum wanita) juga bisa tetap terlaksana.

Kalau masih bingung mau membuat usaha apa, coba perhatikan diri sendiri lebih dulu. Biasanya para wirausahawan memulai usahanya dari kegemaran atau hobi. Alasannya, mengerjakan sesuatu berbau hobi jelas tidak akan pernah merasa bosan. Andaikan bosan paling hanya beberapa saat saja. Selebihnya, anda justru mampu berbuat jauh lebih banyak dengan mengembangkan apapun ide dari dalam kepala, bahkan ide paling liar sekalipun. Jadi, tentukan dari sekian banyak hobi anda, kira-kira mana kegemaran paling produktif sekaligus berpeluang menghasilkan Rupiah tanpa membuat sibuk keluar rumah.

Yang senang masak memasak atau membuat kue, saatnya memperkenalkan kehebatan tangan anda dalam meracik bumbu dan membuat kue favorit. Untuk penghobi otomotif, silakan membuka gerai aksesori serta variasi kendaraan bermotor atau jasa bengkel rumahan. Bagi penyuka busana, butik rumahan sepertinya boleh dicoba. Atau apabila anda senang mengurus anak kecil, ada peluang jasa penitipan anak bagi orang tua yang sibuk bekerja. Semuanya bisa ditangani langsung oleh sang pemilik usaha tanpa harus sering-sering pergi keluar rumah. Jadi sekalipun nantinya tetap harus keluar, itu hanya untuk urusan membeli stok barang, atau mengantar kiriman pesanan dengan tujuan luar kota

Kemudahan membuka bisnis dari tempat tinggal makin dipermudah dengan semakin terjangkaunya internet hingga pelosok desa. Artinya, potensi pasar untuk digarap semakin luas, mulai tetangga sekitar sampai di belahan dunia lain alias di luar negeri. Lumayan juga kalau bisa mendapat pelanggan mancanegara, nantinya si pelanggan tersebut bisa gethok tular atau menyebarluaskan dagangan anda pada teman-teman serta kerabatnya. Bayangkan betapa besarnya keuntungan potensial yang akan didapat. Karena itu tidak perlu bingung lagi menentukan usaha apa sekiranya yang bisa dimulai dari rumah, karena pada dasarnya berbagai usaha dapat diawali bahkan dari sepetak kecil kamar anda, asalkan tentunya kemauan untuk maju dan berkembang harus jauh lebih besar dari ukuran gedung Hotel Indonesia sekalipun.

Sumber gambar: http://www.ulyssesspellman.com/wp-content/uploads/2012/02/How-to-Start-a-Home-Based-Business.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0