Pembangunan Ekonomi > Kumpulan Tulisan Terkait Pembangunan Ekonomi

Pada saat ini sedang terjadi krisis keuangan besar yang sedang melanda negara super power dunia, yakni Amerika Serikat. Banyak sekali lembaga perbankan dunia yang mendapat imbas buruk dari masalah keuangan tersebut. Krisis moneter yang sedang melanda Amerika bermula dari bangkrutnya bank besar dunia Lehman Brothers dan Bear stearns. Tentu saja masalah ini sangat membahayakan negara-negara kecil yang menjadi sekutu negara Amerika. Namun berbeda dengan Indonesia, hal ini bukan menjadi masalah serius mengingat negara indonesia adalah negara non Blok dan bukan menjadi negara sekutu Amerika. Pada saat ini harus dimanfaatkan pemerintah indonesia untuk memajukan sektor ekonomi yang tengah kacau. Jika Indonesia mampu memanfaatkan kondisi ini, maka bukan mustahil Indonesia akan menjadi negara maju menyaingi negara-negara di kawasan Benua Eropa dan Amerika.

Salah satu masalah terbesar bagi Indonesia adalah pengangguran yang semakin merajalela. Banyaknya pengangguran merupakan hambatan dalam pembangunan sektor ekonomi di negara Indonesia. Pemerintah harus tegas dalam menghadapi masalah ini karena jika tidak segera diatasi maka akan mengakibatkan angka kemiskinan akan semakin naik dan maraknya kasus kriminal, seperti pencurian, perampokan, copet, jambret, dan lain lain. Pengangguran di Indonesia disebabkan karena semakin banyaknya angka kelahiran namun tidak diimbangi dengan meningkatnya lapangan pekerjaan. Selain itu, kurang adanya perhatian pemerintah dalam masalah Emigrasi mengakibatkan adanya kepadatan penduduk yang terlalu berlebihan di suatu wilayah. Emigrasi dapat menjadi solusi untuk masalah pengangguran mengingat masih banyaknya lahan dan lapangan pekerjaan yang masih tersedia di luar pulau jawa.

Angka pengangguran yang terlalu tinggi akan berakibat pada sektor pembangunan ekonomi yang semakin terhambat. Selain itu pengangguran juga dapat mengakibatkan menurunnya GNP dan pendapatan per kapita dari suatu negara. Kemajuan di bidang ekonomi akan membawa pengaruh positif bagi suatu negara, yakni berkurangnya angka kemiskinan, berkurangnya masalah kriminal, kemakmuran warga negara akan semakin meningkat, serta masih banyak lagi dampak positif yang akan dirasakan. Untuk memulai pembangunan ekonomi dari bawah maka perlu adanya perhatian pemerintah di bidang Usaha Kecil Menengah (UKM). Dengan adanya UKM diharapkan akan dapat mendongkrak ekonomi dari sektor bawah. Dengan adanya UKM maka lapangan kerja yang tersedia akan bertambah sehingga angka pengangguran dapat diminimalisir.

Sedangkan untuk masalah ekspor dan impor barang, pemerintah harus mengurangi kuota impor barang dari luar negeri dan meningkatkan angka ekspor ke luar negeri. Dengan menurunnya angka impor barang diharapkan Indonesia mampu untuk mensuplai kebutuhan pangan dan barang dari dalam negeri dan tidak menggantungkan dari negara lain (Swasembada). Jika seluruh kebutuhan dapat disuplai dari dalam negeri maka produsen ataupun petani indonesia dapat merasakan dampak positifnya, yaitu penjualan barang hasil dalam negeri akan meningkat serta akan meningkatkan pendapatan bagi negara. Indonesia dikenal dunia sebagai salah satu negara 1o besar pengekspor minyak mentah di dunia. Kekayaan alam yang sangat melimpah membuat negara ini menjadi salah satu negara yang berpotensi maju. Namun pengolahan terhadap sumber daya alam yang ada belum dapat dilaksanakan sepenuhnya. Hal ini disebabkan kurangnya SDM serta tidak adanya perhatian yang serius dari pemerintah. Kekayaan alam yang melimpah tersebut seharusnya dapat dimanfaatkan Indonesia untuk menhasilkan suatu produk yang nantinya dapat diekspor ke luar negeri dan pada akhirnya akan menghasilkan pendapatan lebih untuk negara.

Selain masalah diatas, masih ada satu masalah lagi yang menghambat pembangunan ekonomi di indonesia, yakni hutang yang menumpuk. Sejak adanya revolusi pada tahun 1990-an, ekonomi di indonesia terus mengalami penurunan yang memaksa Indonesia untuk hutang kepada negara lain. Setiap harinya bunga hutang Indonesia terus mengalami kenaikan sehingga akan sangat berbahaya jika masalah hutang ini tidak cepat diatasi. Jika hutang semakin banyak dan Indonesia tidak sanggup membayarnya, maka bukan mustahil jika Indonesia akan kehilangan satu atau beberapa pulaunya untuk membayar hutang tersebut. Inilah semua masalah yang tengah dihadaapi indonesia. Jika saja pemerintah memberikan perhatian lebih pada masalah tersebut, tentunya akan dapat diambil jalan terbaik untuk mengatasinya sehingga untuk kedepannya tidak akan ada hambatan dalam laju pertumbuhan ekonomi yang ada di Indonesia.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0