Pemerintahan : Informasi Terlengkap Pemerintahan

Definisi Pemerintahan

Pemerintahan adalah sebuah organisasi yang terstruktur dan memiliki pondasi kuat dalam hal penyusunan, perencanaan sampai kepada pengambilan keputusan konkret untuk menjadi sebuah kebijakan.

Salah satu faktor terbentuknya sebuah pemerintahan adalah system yang jelas terbentuk, sesuai dengan mekanismenya dalam pengambilan sebuah keputusan dan paling utama adalah adanya sekumpulan individu sebagai objek yang umumnya dikatakan disini adalah rakyat atau penduduk yang sudah menetap secara geografis dalam satu negara.

Pemerintahan

Pemerintahan

Bentuk dan macam pemerintahan.

Dalam sebuah pemerintahan, ada beberapa cara dalam pengambilan keputusan yaitu secara parlementer ataupun perwakilan dari penduduk dan lebih dikenal dengan anggota dewan. Selanjutnya adalah secara terpusat pada  pimpinan tertinggi suatu negara yaitu kepala negara yaitu seorang Raja, Perdana menteri, dan Presiden. Banyak cara dalam mengelola system pemerintahan yang begitu kompleks ini, walaupun secara teori hanya ada dua system tersebut. Ini sangat tergantung dari beberapa hal yang memang terjadi sejak zaman dahulu sebelum pemerintahan terbentuk. Yaitu karena hasil dari perebutan wilayah atau kekuasaan diantara bangsa dalam perebutan kekuasaan sehingga terjadilah peperangan dan  perkembangan terhadap pola pemikiran manusia itu sendiri yang  secara politis akan arti pentingnya sebuah bentuk pemerintahan.

Peperangan yang terjadi itulah kemudian menelurkan sebuah ide atau gagasan untuk memperkuat sebuah negara dalam bentuk sistem pemerintahan yang bisa dijadikan sebuah pondasi dalam menyikapi permasalahan yang timbul. Mulai dari adanya pemikiran mengenai cara memperluas wilayah kembali dalam bentuk kerjasama secara bilateral atau antar dua negara maupun secara multilateral yaitu beberapa negara dalam bentuk sebuah organisasi pemerintahan berdasar kewilayahan terpadu atau sebagai contohnya adalah Organisasi negara – negara kawasan Asia Tenggara yaitu ASEAN.

Masalah dalam Pemerintahan

Pemerintahan itu terbentuk bukan berarti tak punya kendala dalam menjalankan segala kebijakan yang menjadi modal bagi kelangsungan hidup suatu bangsa. Berbagai permasalahan pun tidak terbendung lagi dimana para pemimpin dituntut supaya lebih adil untuk rakyat ataupun penduduknya sebagai pendukung terbesar bagi berjalannya roda pemerintahan. Semakin waktu berputar, agaknya memberikan sebuah tantangan baru bagi pemerintahan untuk lebih arif, bijaksana serta mampu menyelaraskan kebutuhan yang terbilang sangat majemuk.

Kesulitan yang dihadapi inilah akhirnya perlu diberlakukannya sebuah mekanisme aturan atau standar operasional dan prosedur dalam penanganan masalah menyangkut keamanan negara di dunia internasional maupun keselamatan pemerintahan di dalam negeri sendiri dimana notabenenya untuk mensejahterakan rakyat.

Dengan semakin berkembangnya pola pemikiran para ahli di bidangnya berdinamika dan terus berkembang secara politis, maka kebijakan pemerintahan pun akan terbantu meski bukan berarti masalah menjadi hilang, hanya saja bisa menjadi suatu wadah yang konkret bagi pemerintahan memiliki kewajiban untuk memenuhi setiap bidang kehidupan supaya lebih baik dari segi system keorganisasian, peraturan dengan berpondasi terhadap undang – undang baku dan selalu mempertahankan originalitasnya sebagai sebuah aturan yang bisa diimplementasikan.

Pemerintahan yang Efektif

Namun, pemerintahan akan berjalan efektif jika didukung pula oleh sumber daya manusia yang memiliki kualitas teruji secara keilmuan, serta integritas tinggi dalam mengemban setiap kebijakan demi kesejahteraan bangsanya. Faktor tanggung jawab, saling menjaga keharmonisan hubungan antara departemen terkait juga menjadi sebuah penentu dalam pemerintahan jika nantinya dijalankan.

Sepertinya, dengan semakin berkembangnya dunia perekonomian dan teknologi semakin canggih dan terus – menerus memberikan dampak pula dalam postur tubuh pemerintahan yang rentan akan sebuah kebijakan. Bukan berarti positif saja melainkan banyak hal mengandung bahkan mengarah pada suatu unsur negatif dalam pemerintahan. Kemajemukan berpikir logis bagi setiap individu dalam pemerintahan sangat berpengaruh terhadap kelancaran mencapai tujuan awal, dimana  telah direncanakan sesuai dengan anggaran penerimaan serta pembelanjaan pemerintahan itu sendiri demi pertanggungjawabannya terhadap rakyat.

Pemerintahan

Pemerintahan

Berbagai dorongan politis dan menuju ke arah kepentingan golongan sudah mulai menyerap sedikit demi sedikit di pemerintahan.  Suatu hal  yang begitu sulit untuk diatasi bahkan diubah sekalipun agaknya perlu kembali kepada pribadi masing – masing.  Faktor dominan disini hanyalah suatu konsolidasi yang matang, komunikasi secara kontinyu bagi semua aparatur pemerintahan dan kembalikan secara keseluruhan kepada dasar negara sebagai pedoman hidup bangsa dalam menjalani kehidupan. Karena segala hal menjadi penting bila menyangkut hajat hidup rakyat, untuk itulah sistem pemerintahan yang tangguh dan berkompeten harus ditegakkan.

Sumber gambar : http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/1/11/European-parliament-strasbourg-inside.jpg/350px-European-parliament-strasbourg-inside.jpg 

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0