Pendidikan Agama Islam > Catatan Terlengkap Pendidikan Agama Islam

Pendidikan agama islam adalah salah satu cabang ilmu pendidikan yang mengajarkan tata cara serta segala seuatu yang berhubungan dengan agama islam. Dalam sebuah hadits disebutkan Barang siapa ingin bahagia di dunia dan di akhirat harus berilmu. Maksud dari hal ini adalah siapa saja yang ingin masuk surga harus menguasai ilmu agama dan harus menerapkannya. Suatu ilmu agama tidak akan ada gunanya jika ilmu yang dikuasai tidak diamalkan dan dilaksanakan.

Pendidikan agama islam diharapkan dapat memberikan kesadaran pengetahuan dan tata cara yang berhubungan dengan ibadah yang nantinya dapat diamalkan serta untuk menuntun seseorang agar dapat berpegang teguh terhadap agama islam. Islam selalu mengajarkan betapa pentingnya menuntut ilmu sebagaimana pepatah yang berbunyi tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina yang menggambarkan betapa pentingnya sebuah ilmu sampai kita diwajibkan menuntut ilmu walaupun harus jauh dari rumah kita. Namun dalam menuntut ilmu tidak hanya harus menuntut ilmu yang berhubungan dengan kerohanian saja, namun ilmu akademik juga harus dikuasai agar dapat hidup bahagia di dunia.

Pendidikan Agama Islam

Pendidikan Agama Islam

Ilmu akademik pada nantinya dapat digunakan untuk modal dalam mencari pekerjaan untuk kelangsungan hidup kita kelak. Antara ilmu kerohanian dan ilmu akademik harus selaras agar kebahagiaan dapat diraih di dunia maupun di akhirat. Berikut ini adalah beberapa fungsi pendidikan agama islam antara lain :

  • Mendidik moral seseorang agar menjadi insan yang lebih baik kedepannya
  • Meningkatkan rasa cinta terhadap agama agar iman seseorang dapat bertambah
  • Mwndekatkan umat islam kepada Allah SWT dengan cara memberi pengetahuan tentang ibadah
  • Mengenalkan lebih jauh tentang Allah SWT dan Rasulullah SAW beserta para nabi yang lainnya

Pendidikan agama islam harus diajarkan mulai sejak dini agar nantinya umat islam tidak tersesat di dalam jurang kemaksiatan. Dengan adanya pendidikan secara terus menerus maka kesadaran dan rasa cinta seseorang terhadap Allah SWT  dan Rasulullah SAW dapat dijaga dan akan lebih meningkatkan rasa iman dan takwa kepada seseorang. Pendidikan agama islam juga erat kaitannya dalam pembentukan sifat seorang mukmin. Jika sifat yang dimiliki baik maka Insya Allah akan dapat berguna bagi bangsa dan negara kelak. Sama halnya dengan ilmu-ilmu yang lain seperti matematika atau bahasa Inggris, Ilmu dari Pendidikan Agama Islam juga dapat dimanfaatkan untuk mencari lahan kerja, seperti contoh : Seseorang yang telah menguasai ilmu agama islam dengan baik dan fasih bisa memanfaatkan ilmu yang dimiliki untuk bekerja sebagai penceramah, di departemen keagamaan, Konsultan spiritual, dan lain-lain. Begitu banyak sekali pekerjaan yang bisa didapat, namun Allah tidak pernah mengajarkan untuk mengajarkan hambanya untuk menjual ulmu agama yang didapat. Uang tersebut merupakan pemberian secara ikhlas dari yang menjadi konsultan kita dan kita tidak boleh memintanya. Jika diberikan silahkan diterima namun jika tidak diberi harus diikhlaskan dan anggap semua itu sebagai kegiatan membantu seseorang.

Pentingnya Pengajaran  Pendidikan Agama Islam

  • Pendidikan Agama Islam di Dalam Lembaga Sekolah 
    Sebagai suatu ilmu yang mempelajari masalah agama islam, Pendidikan islam memiliki transmisi spiritual yang sama atau bahkan bisa dibilang lebih nyata dan juga ilmu ini juga memiliki muatan kompetensi dalam metode pengajarannya. Antara ilmu Akademik atau umum dan Ilmu Agama islam tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling terkait satu sama lain dalam mengembangkan pribadi peserta didik. Proses pendidikan tidak akan cukup dengan hanya menguasai ilmu Akademik. Akan lebih baik lagi jika diimbangi dengan ilmu agama agar dapat menciptakan kepribadian seseorang yang cerdas serta berakhlak mulia.
  • Pendidikan Agama Islam Bagi Pendidikan Nasional        
    Sebagaimana telah disebutkan dalam Pancasila sila pertama, maka pendidikan agama islam dapat dimanfaatkan untuk lebih mengerti makna agama dan dapat mengajarkan prinsip Allah SWT adalah Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu joga dapat dimanfaatkan untuk mengajarkan rasa cinta terhadap tanah air serta menjauhkan diri dari perbuatan maksiat jika nanti ikut berpartisipasi dalam politik.
  • Pentingnya Pendidikan Agama Islam Bagi Pesera Didik
    Bagi peserta didik, Pendidikan Agama islam dapat mengajarkan peserta didik untuk lebih taat dalam beribadah serta meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT. Dengan adanya Pendidikan Agama Islam juga diharapkan akan membawa peserta didik ke jalan kebaikan serta dijauhkan dari hal-hal yang buruk.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0