Pendidikan Berkarakter – Kumpulan Informasi Terlengkap Tentang Pendidikan Berkarakter

Setiap manusia memiliki karakter dan kepribadian yang sudah di anugerahi oleh tuhan sejak dirinya di lahir kan di muka bumi ini. Dan untuk membuat manusia menjadi makhluk yang sangat bermanfaat bagi dirinya dan lingkungannya maka sepatutnya lah manusia tersebut di beri pendidikan karakter, pendidikan karakter sangatlah mudah di bentuk terhadap para manusia khususnya peserta didik dengan sedikit olesan ketekunan dalam merubahnya, bukan tidak munking para manusia atau peserta didik akan memiliki karakter yang diinginkan baik dari guru, orang tua ataupun masyarakat.

Menurut hemat saya PENDIDIKAN KARAKTER adalah suatu upaya atau metode untuk membangun sekaligus mengembangkan para peserta didik untuk menjadi lebih berkarakter positif dan berdampak positif bagi lingkungannyaPendidikan karakter sangat berguna bagi para peserta didik karena bertujuan untuk menciptakan karakter peserta didik yang berpengaruh baik terhadap diri mereka sendiri ataupun lingkungannya.

Pendidikan Berkarakter

Pendidikan Berkarakter

Berkaitan dengan hal itu,di dalam alam ini dapat kita lihat pembawaan dari karakter anak bangsa di negeri ini semakin menunjukkan gejala-gejala yang sangat menyilet hati, meresahkan dan merisaukan diri kita semua. Kehidupan anak bangsa kita yang sangat bersifat kontradiktif, tidak hanya di lakukan mereka yang berada di luar lingkungan pendidikan atau sekolah, tapi  justru dilakukan juga oleh anak-anak bangsa di dalam masa pendidikan mereka. Sehingga membuat kita sangat miris melihat keadaanatau kenyataan yang dihadapi negeri ini.

Berikut beberapa tanda-tanda yang menunjukkan hancurnya karakter anak bangsa di antaranya :

Maraknya anarkisme

Pada zaman sekarang semakin marak saja ulah-ulah anak bangsa yang menimbulkan suatu tindakan yang sangat bertentangan dengan hati nurani manusia itu sendiri. Semakin tingginya tindakan anarkisme yang dilakukan oleh anak bangsa sekarang ini seperti halnya: pembunuhan, pemerkosaan serta perlakuan-perlakuan yang dapat melawan atau bertentangan dengan hukum di negeri ini juga telah di perlihatkan anak bangsa negeri ini secara transparan dan continue. dan yang lebih parahnya lagi, hal yang sama yaitu tindakan kriminalitas juga di lakukan oleh para pemimpin atau golongan yang memiliki kedudukan yang tinggi di negeri ini, sehingga menimbulkan kerugian yang sangat besar bagi negara Indonesia tercinta ini.

Pada zaman sekarang ini kita dapat melihat dengan nyata bahwa di bangsa kita ini banyak sekali perbuatan-perbuatan yang semuanya  termasuk berindikasi pada tindakan-tindakan yang melawan atau bertentangan dengan hukum,serta perbuatan tersebut dilakukan atau di kerjakan oleh orang-orang yang bisa di katakan terhormat dan terpandang dengan menempati posisi yang sangat penting di negeri tercinta ini. Semuanya sungguhlah sangat memiriskan hati kita untuk mendekskrifsikan dalam pikiran kita. Tragisnya lagi, hal tersebut bisa dijadikan pembelajaran bagi seluruh anak bangsa negeri tercinta ini.

Pendidikan Karakter yang sangat penting ini dilaksanakan karena merupakan sebuah wujud dari tindakan peserta didik yang mencakup banyak aspek, sehingga sangat diperlukan adanya sebuah pendekatan yang utuh dan berkesinambungan sehingga menghasilkan hasil yang efektif bagi peerta didik, dan tidak bersifat sektoral-parsial, misalnya dalam mata pelajaran bahasa inggris, yang di ajarkan adalah bagaimana mengajari para peserta didik terhadap basic-basic bahasa inggris kemudian berlanjut ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Jadi kesimpulan yang sebenarnya yaitu diharapkan adanya hasil akhir dari Pendidikan Karakter ini. Demikian juga dengan aspek-aspek pembelajaran lainnya yang sering diajarkan di sekolah-sekolah. Sehingga yang paling penting adalah bagaimana seorang peserta didik  mengamalkan atau bertindak sesuai ilmu pengetahuan yang telah ia miliki. karena sesungguhnya, pengetahuan yang kita miliki tentang nilai, hukum, norma, benar dan salah, ataupun tentang hal-hal lainnya harus diterapkan ke dalam diri kita atau pun di lingkungan masyarakat.,hal-hal inilah yang menjadi suatu inti di dalam Pendidikan Karakter. Dan kita sangat mengharapkan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk dapat mengamalkan seluruh kompetensi-kompetensi pikiran yang dimilikinya. Sehingga mereka tidak akan menyimpang dari  apa yang telah mereka pelajari sebelumnya di dalam pendidikan mereka.

Sekian tulisan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua dan akhir kata saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya.

Sumber gambar: http://goo.gl/vcfKC

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0