Pengantar Ilmu Ekonomi | Tulisan Menarik Pengantar Ilmu Ekonomi

Sejak lahir, manusia ditakdirkan memiliki keinginan untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai kemakmurannnya. Namun sayangnya alat pemuas kebutuhan manusia itu sangat terbatas sehingga timbulah apa yang namanya kelangkaan (scarcity). Kelangkaan inilah yang menjadi permasalahan sehingga dibutuhkan  suatu studi perbandingan untuk dapat memecahkan masalah kelangkan tersebut.

Secara bahasa ekonomi berasal dari bahasa yunani, yakni oikos yang berarti aturan dan nomos yang berarti rumah tangga. Dengan demikian secara sederhana ekonomi memiliki arti sebagai aturan yang mengatur keuangan rumah tangga. Sedangkan secara istilah ekonomi berarti segala upaya yang dilakukan manusia agar kebutuhannya tercapai.

Pengantar Ilmu Ekonomi

Pengantar Ilmu Ekonomi

Seorang ekonom yang bernama Paul A. Samuelson mengartikan Ilmu Ekonomi sebagai “suatu studi mengenai individu-individu dan masyarakat untuk membuat suatu pilihan dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai macam barang untuk dikonsumsi, sekarang dan masa mendatang kepada berbagai individu dan golongan masyarakat”.

Dalam Pengantar Ilmu ekonomi Dijelaskan tentang pendahuluan Ilmu ekonomi. Ilmu ekonomi merupakan suatu bidang ilmu pengetahuan yang sangat luas cakupannya. Dibawah ini adalah cabang-cabang ilmu ekonomi:

Ilmu ekonomi pembangunan merupakan teori ekonomi yang mengacu pada masalah-masalah perkembangan ekonomi yang sifatnya dinamis.

Ekonomi moneter merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang sifat, fungsi serta pengaruh uang terhadap kegiatan ekonomi. Kegiatan ekonomi dapat diartikan sebagai suatu kegiatan yang mempengaruhi tingkat produksi, harga, dan hubungan perdagangan/ pembayaran internasional.

Ekonomi Sumber Daya Manusia merupakan teori ekonomi yang menganalisis sumber daya manusia. Sumber daya manusia (human resources) mengandung dua pengertian :

(1) Sumber daya manusia mengandung pengertian usaha kerja atau jasa yang dapat diberikan dalam proses produksi. Dalam hal ini SDM mencerminkan kualitas usaha yang diberikan seseorang dalam waktu tertentu unutk menghasilkan barang dan jasa dan

(2) SDM menyangkut manusia yang mampu bekerja untuk memberikan jasa atau usaha kerja.

Ilmu ekonomi regional atau ilmu ekonomi wilayah adalah suatu cabang dari ilmu ekonomi yang dalam pembahasannya memasukkan unsur perbedaan potensi satu wilayah dengan wilayah lain. Ekonomi regional menganalisis suatu wilayah dengan potensinya yang beragam dan bagaimana mengatur suatu kebijakan yang dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi seluruh wilayah.

Ilmu bumi ekonomi adalah ilmu yang mempelajari keberadaan suatu kegiatan di suatu lokasi dan bagaimana wilayah sekitarnya bereaksi atas kegiatan tersebut. Ilmu bumi ekonomi menggarap kegiatan secara individual, yaitu mempelajari dampak satu atau sekelompok kegiatan di suatu lokasi terhadap kegiatan lain dilokasi lain.

Ilmu ekonomi internasional mempelajari bagaimana hubungan ekonomi antara satu Negara dengan Negara lain yang dapat mempengaruhi alokasi sumber daya baik antara dua Negara tersebut maupun antar beberapa Negara. Hubungan ekonomi internasional dapat berupa perdagangan, investasi, pinjaman, bantuan serta kerja sama internasional.

Ilmu ekonomi memiliki begitu banyak cabang yang saling terkait. Benang merah yang dapat ditarik bahwa seluruh cabang ilmu ekonomi ini memiliki satu tujuan, yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia yang tidak terbatas dengan menggunakan sumberdaya yang terbatas pemanfaatannya.  Diperlukan suatu perencanaan yang handal, pengaplikasian rencana yang tepat sasaran, serta pengevaluasi yang bijak untuk membangun ekonomi yang menyeluruh dan berkelanjutan.
Ruang Lingkup Ilmu Ekonomi :

a. Mikro ekonomi (ekonomi mikro) adalah bagian dari ilmu ekonomi yang membahas perilaku individu dalam membuat keputusan penggunaan berbagai unit ekonomi. Di sini ada perusahaan dan rumah tangga.

b. Makro ekonomi adalah bagian dari ilmu ekonomi yang menjelaskan perilaku ekonomi secara keseluruhan (economic aggregates) akan terkait dengan pendapatan, pengeluaran, peluang kerja, dan lain-lain di dalam kerangka nasional.

Pembagian Ilmu Ekonomi menurut Alferd W. Stonier dan Douglas C. Hague :

1. Ilmu ekonomi deskriptif (Descriptive Economics)

Di sini disebutkan semua fakta yang penting mengenai esensi dari pokok pembicaraan (topik) tertentu, artinya menggambarkan data-data yang menjelaskan tentang berbagai fenomena dan realita yang terjadi di sekitar kita. misalnya: sistem pertanian di Jawa, atau industri elektronik di Jepang.

2. Ilmu ekonomi teori atau teori ekonomi atau analisis ekonomi (Economic Theory)

Di sini kita memberi penjelasan yang sederhana tentang bagaimana caranya suatu sistem ekonomi berjalan dan ciri-ciri yang penting dari sistem seperti itu. Teori ekonomi dibangun dengan landasan
pengamatan causalitas berdasarkan adanya aksi dan reaksi yang terjadi dalam kehidupan ekonomi masyarakat.

3. Ilmu ekonomi terapan (Applied Economics)
Di sini kita akan mempergunakan kerangka dasar umum dan analisis yang diberikan oleh teori ekonomi untuk menerangkan sebab-sebab dan arti pentingnya peristiwa yang dilaporkan oleh para ahli ekonomi deskriptif.

Metode Ekonomi :
a. Ekonomi Positif

Ekonomi positif merupakan pendekatan ekonomi yang mempelajari berbagai pelaku dan proses bekerjanya aktivitas ekonomi, tanpa menggunakan pandangan subjektif untuk menyatakan bahwa sesuatu itu baik atau buruk dari sudut pandang ekonomi. Ekonomi positif dapat di bagi menjadi dua, yaitu ekonomi teori dan ekonomi deskriptif

b. Ekonomi Normatif
Oleh beberapa ahli ekonomi, ekonomi normatif adalah pendekatan ekonomi dalam mempelajari perilaku ekonomi yang terjadi, dengan mencoba memberikan penilaian baik atau buruk berdasarkan pertimbangan subjektif.

Adapun tiga masalah pokok dalam perekonomian, yaitu :
1. Jenis barang dan jasa apa yang akan diproduksi?
2. Bagaimana menghasilkan barang dan jasa tersebut?
3. Untuk siapa barang dan jasa tersebut dihasilkan?

Memecahkan Masalah Ekonomi :
1. Barang apakah yang akan diproduksi (What) : Ditentukan oleh hak memilih dalam nilai Rupiah yang dimiliki konsumen.
2. Bagaimana barang tersebut diproduksi (How) : Ditentukan oleh persaingan diantara produsen.
3. Untuk siapa barang tersebut dibuat (For Whom) : Ditentukan oleh pola permintaan dan penawaran di pasar atas faktor produksi.