Pengertian Bank | Kumpulan Tulisan Menarik Pengertian Bank

Keinginan seseorang untuk hidup lebih baik di masa depan bukanlah hanya sebuah mimpi. Zaman sekarang semua orang akan memperhitungkan masa depannya begitu juga memperhitungkan kebutuhan akan masa depan. Terutama kebutuhan materi. Seseorang kerap akan menabung untuk mngumpulkan jerih payah masa kini.

Dahulu mungkin kita mengenal celengan atau tabungan sebagai wadah untuk menabung atau untuk mengumpulkan uang kita. Semakin maju dan berkembangnya kehidupan maka dikenal lah sebuah lembaga yang digunakan untuk menyimpan uang yang disebut Bank. Bank sendiri sekarang tidak hanya berfungsi untuk menyimpan uang tetapi juga memberikan banyak pelayanan seperti meminjamkan uang baik bentuk kredit atau bentuk lainnya dengan tujuan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Lalu darimana asal kata bank itu sendiri ?

Bank berasal dari bahasa Italia Banca yang berarti adalah bangku atau kursi. Hal itu dikarenakan zaman dahulu para pekerja bank dapat melakukan pekerjaannya dengan duduk. Berbeda dengan pekerjaan – pekerjaan lainnya yang mengharuskan untuk berdiri.

Asal mula dikenal kegiatan perbankan pada zaman eropa tempo dulu. Lalu berkembang ke Asia melalui pada pedagang, dan berkembang ke afrika, Amerika dan negara bagian lain dengan melakukan penjajahan ke beberapa negara. Bank pada dasarnya memiliki arti meja penukaran uang, karena zaman dahulu terdapat metode penukaran uang oleh kaum eropa. Lalu dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi fungsi bank bertambah dengan penitipan uang atau tempat menyimpan uang, uang yang masyarakat simpan dapat diambil kembali kapan saja untuk mereka gunakan, lalu berkembang terus menjadi tempat meminjam uang atau peminjaman uang yaitu meminjamkan uang kepada masyarakat yang membutuhkan dengen diberi tempo waktu untuk dikembalikan.

Tiga kegiatan pokok perbankan menurut UU RI no. 10 tahun 1998 tanggan 10 november 1998 adalah menghimpun dan menyalurkan dana serta memberikan jasa pelayanan lainnya. Mengimpun dana dan menyalurkannya adalah kegiatan utama sebuah perusahaan perbankan dan memberikan jasa pelayanan lainnya hanya sebuah kegiatan pendukung.

Kegiatan menghimpun dana dan menyalurkan dana dalam bentuk simpanan, deposito ataupun tabungan dengan memberi imbalan jasa ke perbankan berupa bunga. Sedangkan memberikan jasa pelayanan lainnya dilakukan dalam bentuk kegiatan pinjaman kepada masyarakat.

Di Indonesia sendiri memiliki banyak bank – bank besar yang menawarkan jasa pelayanan yang variatif dengan biaya yang variatif dan memberikan kenyamanan kepada nasabahnya. Contohnya , pelayanan jasa yang bisa anda dapatkan dengan menabung di bank. bisa membayar tagihan listrik, membayar uang kuliah atau sekolah, pengiriman uang atau transfer , penjualan mata uang asing, pembayaran seperti pembayaran gaji, hadiah atau pensiun, pembayaran kartu kredit bahkan sampai bisa membeli pulsa telepon.

Sekarang bahkan sudah bermunculan bank – bank dengan embel – embel syariah, dengan potongan biaya administrasi yang relatif lebih ringan dibanding bank – bank biasanya dan memberikan bunga yang relatif tinggi. Kebutuhan akan penggunaan bank menjadi prioritas sekarang ini. Karena dengan bank kemudahan transaksi pun akan anda dapat. Tidak hanya pengusaha atau pun pekerja kantoran, bahkan anak kuliah atau pun anak sekolah pun banyak yang sudah menjadi nasabah bank.

Bayangkan bank – bank sekarang berlomba – lomba memberikan pelayanan dengan biaya administrasi atau potongan perbulan semurah mungkin dengan bunga yang variatif. Bahkan sampai membuat pelayanan pembuatan buku tabungan untuk pelajar dan mahasiswa.

Bank sentral sendiri adalah instansi pemerintah yang bertugas menjaga stabilitas moneter, stabilitas mata uang dalam sebuah negara. Dan bank sentral yang memiliki peran tersebut di Indonesia dilakukan oleh Bank Indonesia. Bank – bank yang terdapat di Indonesia sendiri dibawahi oleh bank Indonesia. Badan Usaha Milik Negara yang berada di bidang keuangan dan perbankan. Setiap negara pasti memiliki bank – bank sentral yang membawahi bank – bank lainnya.

Dilihat dari pengertian serta tujuan diadakannya sistem perbankan dalam kehidupan saat ini, jelas dapat disimpulkan kebutuhan akan kecepatan, kemudahan transaksi serta kemudahan dalam peminjaman dan menyimpan uang menjadi kebutuhan penting di masayarakat saat ini. Bank sendiri adalah lembaga keuangan yang mempunyai tugas besar untuk melakukan peran tersebut. Banyaknya bank dan persaingan untuk menarik nasabah menjadikan bank – bank berlomba memberikan pelayanan murah, unik, cepat, mudah. Hal tesebut menjadikan para calon nasabah untuk berpikir kritis dan pintar dalam memilih pelayanan bank yang diinginkan.

Sumber gambar : idadwid.wordpress.com

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0