Pengertian Informasi | Definisi, Pengantar dan Pengertian Informasi

Sebelum membahas apa itu pengertian Informasi. saya akan menjelaskan pentingnya informasi di era zaman yang serba canggih ini. Informasi sangat dibutuhkan melalui berbagai media seperti media cetak, media online, media televisi, media radio. Seandainya media informasi itu tidak ada, pasti dunia ini akan menjadi gelap dalam hal berita terbaru.

Pengertian Informasi itu sendiri adalah sesuatu data atau pesan yang telah diolah melalui berbagai media yang dimana tujuannya adalah untuk disampaikan kepada penerima dan pastinya ada sebuah manfaat dari penerimaan data tersebut. Dari pengertian secara singkat barusan dapat kita pahami bahwa informasi itu sendiri sebelum dikirimkan kepada penerima pasti melalui proses pengolahan terlebih dahulu. Misal informasi itu disampaikan melalui televisi. Pasti akan dilakukan perekaman menggunakan sebuah kamera yang tujuannya membuat penerima informasi itu bisa mengerti apa informasi yang disampaikan.

Informasi sendiri bisa dibagi menjadi menjadi beberapa bagian seperti :

Pengertian Informasi Teknologi

Pengertian Informasi Teknologi itu adalah sebuah informasi dimana penyampaiannya menggunakan sebuah kecanggihan teknologi. Seperti Informasi melalui sebuah pesawat televisi, HP, dan masih banyak lagi. Dimana Informasi melalui teknologi ini adalah sebuah informasi yang sangat bisa berjalan sangat cepat untuk mencapai sebuah tujuan. karena dengan kecanggihan teknologi saat ini sebuah informasi bisa sampai hanya dengan hitungan detik saja. Dan bisa langsung disebar ke belahan dunia manapun. Seperti Informasi yang saat ini anda baca ini juga termasuk informasi yang menggunakan kecanggihan teknologi. Kita hanya cukup berdiam di depan layar monitor dan membacanya kita langsung mendapat sebuah informasi.

Pengertian Informasi

Pengertian Informasi

Pengertian Informasi  Manual

Informasi Manual adalah sebuah informasi yang disampaikan hanya menggunakan mulut manusia, atau bisa disebut lisan, omongan. Informasi manual ini biasanya terjadi pada saat ada beberapa orang yang sedang berdiskusi dalam sebuah forum guna menyebarkan informasi yang mereka dapatkan dari perbincangan di forum lain atau bahkan dari informasi teknologi. informasi yang disampaikan manual biasanya cenderung lebih lama menyebar dikarenakan medianya hanyalah sebuah lisan.

Pengertian Informasi Tertulis (seperti Prasasti)

Pengertian Informasi ini sebenarnya sangatlah penting bagi sebuah peradaban manusia. Karena peradaban yang maju pasti akan selalu melihat sejarah. bukannya melupakan sejarah yang dulu pernah tercipta. Oh iya kembali lagi ke pokok bahasan yang tadi. Informasi tertulis disini yang saya maksudkan adalah sebuah tulisan informasi yang terjadi pada masa lampau. dimana kita bisa mengetahui sebuah peristiwa yang terjadi dimasa lalu. Seperti Prasasti, Tulisan Perjanjian, Dokumen yang bersifat tulisan.

Informasi adalah sebuah hal yang paling berarti dalam sebuah kehidupan. Kalau kita ketinggalan informasi sekecil apapun pasti kita akan merasa rugi yang sangat besar dan pasti kita akan minder apabila kita kumpul bersama teman yang sudah mendapatkan informasi tersebut. Informasi bisa digunakan untuk menyampaikan berita, lowongan pekerjaan, ilmu, tips dan trik, dan masih banyak lagi.

Pengertian Informasi juga biasanya sering digunakan oleh sebuah brand perusahaan entah itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil untuk mempromosikan produk dari perusaan itu. Tidak luput juga informasi itu disampaikan melalui berbagai media. Kalau informasi itu tidak pernah ada dimuka bumi ini. bayangkan apa yang akan terjadi di dunia ini. Pasti yang ada manusia itu seperti katak dalam tempurung. taunya hanya apa yang mereka liat dan mereka tau disekitar mereka yang sering mereka lalui.

saya yakin seyakin yakinnya kalau setiap orang yang ingin maju pasti selalu menggali sebuah informasi informasi yang terbaru. jangankan manusia, hewan pun pasti selalu mencari informasi yang berfungsi untuk kelangsungan hidup mereka. entah itu dalam hal mencari makanan, mengasuh anak, kelangsungan jenis mereka atau banyak hal lagi.

Hal yang paling penting dalam penyampaian sebuah informasi adalah informasi itu harusnya aktual, terpercaya dan memang terbukti itu ada. jangan sampai informasi yang didapat itu adalah sebuah informasi hoax saja. pasti hanya akan membuat orang yang membacanya itu jengkel, tertawa dan yang pasti manfaatnya kurang. kecuali memang itu dikhususkan untuk sebuah informasi yang bersifat joke saja.pasti itu akan lebih dietrima oleh banyak kalangan.

Sumber Gambar http://weus.net/pengertian-informasi-dari-para-ahlinya/3497/

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0