Pengertian Politik | Kumpulan dan Macam-macam Pengertian Politik

Artikel ini membahas tentang Pengertian Politik dan Definisi Politik. Politik merupakan proses pembentukan serta pembagian kekuasaan di tubuh masyarakat dengan kata lain akan terwujudnya pembuatan keputusan dan yang terpenting di dalam negara. Tidak ada pengertian politik secara murni, pengertian ini adalah upaya untuk menggabungkan berbagai definisi yang berbeda terhadap hakekat politik yang biasa disebut dalam ilmu politik.

Asal Pengertian Politik

Pengertian Politik. Politik berasal dari bahasa Belanda dan bahasa Inggris dan masing-masing mempunyai sumber yang sama yaitu bahasa Yunani yang mempunyai hubungan dengan negara itu sendiri, dan dengan akar katanya yaitu polites yang berarti warga negara dan polis yang mempunyai arti negara kota.  Secara konsep ,kata politik  itu sendiri masih berhubungan dengan kata polisi.

Pengertian Politik merupakan seni dan ilmu untuk mendapatkan kekuasaan secara konstitusional ataupun nonkonstitusional. Selain itu politik juga dapat ditarik dari sudut pandang yang berbeda antara lain:

  • politik merupakan usaha yang ditempuh warga negara demi menimbulkan kebaikan bersama (teori aristoteles)
  • politik merupakan hal yang mempunyai keterkatian dengan penyelenggaraan pemerintahan serta negara
  • politik adalah kegiatan yang diarahkan demi mendapatkan serta mempertahankan kekuasaan di dalam tubuh masyarakat
  • politik merupakan sesuatu yang tentang cara perumusan serta pelaksanaan kebijakan publik di suatu negara.

Teori politik merupakan sesuatu yang mengenai konsep tentang kemana tujuan politik itu akan berjalan, serta bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut dengan mempertimbangkan segala konsekuensinya. Ilmu atau bahasaan tentang teori politik adalah filasfat politik, konsep sistem politik, dan lain lain yang masih banyak seiring perkembangan zaman yang tidak dapat ditulis satu per satu.

Secara luar atau secara awam , politik merupakan suatu organisasi ataupun lembaga yang merupakan suatu kebiasaan atau perilaku yang terpola. Contoh dari lembaga itu sendiri adalah seperti perkawinan yang mempunyai lembaga sosial, diakui di seluruh Indonesia melalui Kantor Urusan Agama ( KUA) ataupun catatan sipil untuk non muslim yang selalu diakui oleh masyakarat saja tanpa pengakuan dari negara. Sama dengan organisasi juga merupakan suatu perilaku yang terstruktur dengan dapat memberikan jabatan pada orang tertentu yang menjalankan fungsi sesuatu demi pencapaian tujuan bersama sama, organisasi tersebut bisa juga formal ataupun informal. Sedangkan lembaga politik itu sendiri adalah perilaku yang berbasis politik yang terpola dan membidangi bidang politik.

Masalah Utama Negara dan Pengertian Politik

Masalah utama dari negara yang sedang menuju demokrasi yang seutuhnya seperti Indonesia terdapat masalah di pelembagaan demokrasi. Dimana menjadikan setiap orang yang mengambil keputusan untuk atau atas nama seluruh rakyat banyak bisa berjalan sesuai dengan kadiah dan norma norma demokrasi yang ada tanpa menyimpang dan jika ada kedudukan pasti bagi setiap orang (seperti anggota Dewan Perwakilan Rakyat ) yang menyebabkan orang melakukan segala cara untuk mendapat kedudukan tersebut demi kepentingan diri sendiri tentu saja itu harus dibuang dan harus membangun semangat nasionalisme demi kepentingan kemajuan bangsa itus endiri. Diharapkan lembaga politik menjadi lembaga yang terbuka bagi setiap orang dan dapat mencerminkan setiap kepentingan rakyat banyak dapat terpenuhi dan dapat mendapatkan kesejahteraan yang sesungguhnya tanpa terdapat persoalan kepentingan diri sendiri.

Demi terwujudnya lembaga demokrasi diperlukan hukum yang jelas dan sesuai serta perundang undangan yang selalu mendorong terbentuknya perilaku yang demokratis sampai jika bisa menjadi pandangan hidup seseorang. Selain itu untuk terbentuknya hubungan antar negara dibutuhkan yang dinamakan hubungan internasional. Dalam bentuk sesungguhnya hubungan internasional adalah hubungan antar setiap negara untuk mencakup semua interaksi seperti hubungan bilateral atau multitateral entah itu untuk hubungan perdagangan ataupun hubungan suatu lobi politik. Prakteknya hubungan internasional rata rata diperankan oleh diplomat duta besar masing masing negara selain tentara. Sedangkan semakin majunya perkembangan zaman , banyak perusahaan yang ataupun perusahaan internasional yang bisa berperan penting di politik internasional

Meskipun di Indonesia ketika masyarakat mendengar kata politik maka yang akan terlintas di pikiran adalah kotor maupun korupsi yang terjadi di dalam politik Sesungguhnya politik sangat dibutuhkan oleh setiap orang untuk bersosialisasi bersama orang lain, oleh karena itu pemerintah harus bisa merupakan pikiran masyarakat tentang politik itu sendiri.

Pengertian Politik

Pengertian Politik

Sumber gambar : adisaputra-jiyeon.blogspot.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0