Pentingnya Pendidikan | Catatan Terlengkap Pentingnya Pendidikan

Apakah Anda sependapat bahwa pendidikan mutlak diperlukan dalam masyarakat sekarang ini? Apakah orang yang mendapatkan pendidikan akan membuat perbedaan yang signifikan dalam kehidupannya? Pertanyaan-pertanyaan seperti ini selalu terlontar saat orang berpikir tentang pentingnya pendidikan bagi manusia. Dahulu mungkin pendidikan tidak terkemas secara formal seperti saat ini. Akan tetapi pada hakikatnya manusia selalu belajar dan sebagian besar dari mereka mengerti betapa pentingnya peran pendidikan dalam kehidupan. Itu bisa kita saksikan saat ini di mana pemerintah telah mewajibkan belajar 9 tahun bagi masyarkat dan banyak orang tua berlomba-lomba mencari sekolah terbaik buat anak-anak mereka. Mereka selalu ingin anaknya mendapatkan pendidikan terbaik sehingga masa depannya akan lebih baik.

Pendidikan adalah proses belajar dan memperoleh pengetahuan. Jika pendidikan ditempuh di sekolah maka kita akan mendapatkannya dari guru. Jika kita menerima pengetahuan di rumah, maka kita akan menerimanya bisa dari orang tua, anggota keluarga yang lain, dan bahkan dari orang-orang di sekitar lainnya. Pendidikan adalah kunci penting dalam kehidupan yang akan memungkinkan orang untuk berpikir maju, mencari pekerjaan yang lebih baik, dan berhasil dalam hidupnya. Pendidikan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi posisi pekerjaan seseorang sehingga mereka akan maju dalam berkarir. Sebagai konsekuensinya pendapatan mereka pun akan naik dan jabatan pun akan mereka pegang. Semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin tinggi derajat hidupnya. Akan tetapi tidak semudah itu karena di dunia ini tidak semua orang memiliki kesempatan atau kemampuan untuk mendapatkan pendidikan formal. Ada banyak negar yang masih rendah tingkat pendidikannya.

India adalah adalah salah satunya. Bahkan di negara kita pun pendidikan juga belum begitu merata meskipun saat ini kita bisa melihat telah banyak kemajuan dalam dunia pendidikan Indonesia. Kita bisa menemukan sekolah di desa-desa dari Taman Kanak-Kanak hingga SMA atau SMK. Dahulu orang yang tinggal di desa menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bertani dan tidak memikirkan pendidikan. Bahkan para remaja yang tinggal di desa menikah di usia muda. Pendidikan saat ini dapat berfungsi sebagai mekanisme untuk kontrol sosial. Orang berpendidikan atau sedang menempuh pendidikan akan lebih mudah bertindak yang sesuai norma sehingga kenakalan remaja bisa di minimalisir. Memiliki kemampuan belajar yang berbeda dari orang yang berpendidikan kurang, membuat orang yang berpendidikan lebih bisa mengendalikan diri di masyarakat. Pendidikan juga berperan penting dalam memainkan peran ekonomi pada setiap individu.

Pendidikan membantu untuk melengkapi individu dengan pengetahuan dan keterampilan yang memungkinkan mereka untuk dapat mendefinisikan dan mengejar tujuan mereka masing-masing. Hal ini juga memungkinkan orang untuk berpartisipasi dalam masyarakat, memainkan peran mereka untuk memperbaiki kondisi mereka secara pribadi dan kondisi masyarakat pada umumnya. Meskipun banyak orang melihat pendidikan dengan cara yang sangat pribadi dan bersifat individualis, sangat penting bagi kita untuk melihat pendidikan dari perspektif sosial. Semakin banyak orang yang terdidik dalam suatu masyarakat, maka masyarakat tersebut akan semakin berkembang. Sayangnya sebagian besar masyarakat saat ini menerapkan pandangan sempit yang mendorong orang untuk mendapatkan pendidikan sebagai cara untuk meningkatkan kebutuhan individu mereka sendiri. Hal ini telah menyebabkan beberapa orang memiliki pandangan otonom.

Pada akhirnya, orang dengan pandangan seperti ini akan hidup secara individual dan tidak akan menularkan pendidikannya kepada masyarakat. Baginya yang terpenting adalah kebutuhan individunya terpenuhi. Idealnya pendidikan harus mampu menciptakan individu yang akan menjadi aset bagi masyarakat. Pendidikan formal disediakan oleh pemerintah untuk menciptakan masyarakat yang terdidik dan berpendidikan. Filsafat pendidikan seperti ini harus ditanamkan kepada anak sekolah sejak mereka masih berada di sekolah dasar.

Pada zaman dulu, pendidikan mungkin berarti hanya pelatihan sesuatu untuk beberapa tujuan. Sekarang pendidikan merupakan disiplin yang terpisah dan menuntut tanggung jawab besar dari orang-orang yang mengenyamnya. Ini adalah proses yang sangat penting dari pembangunan manusia di semua bidang kehidupan manusia. Pendidikan memiliki peran dan fungsi yang berbeda yang akan selalu menjadi bagian terpenting dari umat manusia di dunia.

Image source: http://118.98.166.62/content/berita/media/orangtua-indonesia-makin-peduli-pendidikan-anak.html

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0