Penyakit Jantung | Kumpulan Tulisan Tentang Penyakit Jantung

Rahasia umur panjang ada pada jantung Anda. Tidak percaya? Sebagai tanda vital kehidupan, jantung memiliki peran penting dan, untungnya, dapat Anda optimalkan dalam waktu tidak terlalu lama jika Anda tahu triknya. Trik-trik tersebut meliputi kolesterol, tensi darah, glukosa puasa, CRP dan detak jantung normal. Mungkin Anda masih bingung dan tidak mengerti. Baiklah, kita mulai pembahasan kita.

Seorang asisten profesor kesehatan masyarakat Yale University, Dr. David Katz mengatakan “Masalah-masalah yang terjadi pada 5 tanda vital Anda bisa diperbaiki dalam kurun waktu 5 minggu. Dalam tempo waktu itu, Anda dapat menurunkan tekanan darah tinggi hingga 10 poin dan menurunkan kadar kolesterol hingga 20%.” Apa sajakah tanda vital itu?

KOLESTEROL

Sebuah metafora mengumpamakan kolesterol LDL sebagai para pembakar hutan dan HDL sebagai hujan buatan plus tim pemadam kebakaran. Setidaknya begitulah yang disampaikan Dr. Roger Blumenthal, direktur John Hopkins Ciccarone Centre – sebuah institusi yang bergerak untuk menanggulangi masalah jantung secara preventif. Target Anda adalah supaya LDL berada <130mg/dl dan HDL >40 mg/dl. Lalu bagaimana caranya? Taburkan walnut pada sereal atau yoghurt Anda. Sebuah studi menyebutkan, mengunyah walnut dapat meningkatkan HDL hingga sekitar 10%. Kemudian sering-sering minum teh karena teh dapat memangkas LDL Anda hingga 11%. Intinya adalah ubah pola hidup Anda, seperti pola makan dan aktifitas Anda. Melakukan ini jauh lebih baik daripada minum obat.

DENYUT NADI NORMAL

Pria dengan denyut jantung normal > 75 kali per menit memiliki resiko ‘pulang’ akibat serangan jantung meningkat hingga 3 kali lipat. Idealnya, denyut jantung Anda haruslah berada di kisaran 65 kali per menit. Lakukan olahraga yang melatih kardio Anda dengan intensitas rendah lalu bertambah ke intensitas tinggi satu atau dua kali per minggu supaya denyut jantung normal Anda turun. Kemudian ambil satu hari dimana Anda bisa bersepeda atau berlari secepat yang Anda bisa lalu turunkan lagi kecepatan Anda. Selain memperbaiki denyut jantung Anda, jarak tempuh Anda akan bertambah 2x lipat dari normal.

TEKANAN DARAH

Usahakan supaya tensi Anda berada di titik ideal 120/80 mmHg. Bila Anda memiliki tensi yang tinggi -misalnya- akibat pekerjaan, carilah orang untuk berbagi. Dukungan dari partner Anda sanggup menurunkan tekanan sistolik hinnga 2.5 mmHg. Aspirin juga dapat membantu. Pasalnya para peneliti di Spanyol mengatakan, seorang penderita hipertensi yang menenggak 162 mg aspirin sebelum tidur bisa mengalami penurunan tekanan sistolik hingga 6.8 mmHg dan penurunan diastolik hingga 4.6 mmHg. Tapi sebelum melakukan hal ini, konsultasikanlah dulu dengan dokter Anda. Langkah terakhir adalah berdoa. Ya benar, berdoa. Penelitian terbaru menunjukan seseorang yang selalu berdoa sebelum tidur mengalami penurunan tekanan darah hingga 5% daripada mereka yang jarang berdoa.

GLUKOSA PUASA

Ini adalah sebuah parameter resiko apakah Anda terkena diabetes atau tidak; oleh karena itu kadarnya harus berada di kisaran rendah. Menurut sebuah buku terbitan Perkumpulan Endokrinologi Indonesia, diabetes melitus membawa serta penyakit lain. Jika merusak pembuluh darah kecil maka ginjal, retina serta saraf mata Anda bisa rusak. Jika mengenai pembuluh darah besar maka resiko terkena penyakit kardiovaskular meningkat 2-4 kali lipat. Di Indonesia, kejadian serangan jantung dialami oleh 20%-25% penderita diabetes. Bila Anda merokok maka resiko ‘tutup usia’ akibat serangan jantung meningkat hingga 3 kali lipat. Maka dari itu mulailah menurunkan berat badan Anda dan ajak otot-otot Anda bekerja. Cara lainnya? Minum suplemen dengan asam linoleac karena 4 gram asam linoleac mampou mendongkrak sensitivitas insulin hingga 27% dalam waktu 8 minggu. Apabila Anda terlalu malas untuk itu, ganti asupan 600 kalori dengan coklat hitam. Coklat hitam mampu meningkatkan sensitivitas insulin hingga 4 kali lipat dalam waktu 2 minggu.

CRP

Singkatan dari C-Reactive Protein. Naiknya level CRP dan kolesterol mengindikasikan adanya masalah pada jantung. Oleh karena itu turunkan kadar CRP Anda supaya unit gawat darurat semakin jauh dari hidup Anda. meminum vitamin C dan magnesium dalam jumlah cukup adalah tindakan pencegahan untuk menurunkan kadar CRP. Asupan vitamin C setiap hari mampu menurunkan kadar CRP hingga 24% sedangkan kekurangan magnesium memiliki resiko 2x lipat mengalami peningkatan CRP. Beruntungnya Anda karena vitamin C dan magnesium dapat Anda dapatkan dari buah-buahan seperti jeruk dan pisang.

source gambar:  gnet.org

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0