Penyakit Kelamin – Kumpulan Catatan Terlengkap Mengenai Penyakit Kelamin

Alat kelamin merupakan Suatu organ pada tubuh manusia yang digunakan sebagai alat reproduksi. Dalam proses reproduksi, peranan dari alat kelamin sangatlah penting. Tanpa adanya alat kelamin maka proses reproduksi tidak akan bisa berlangsung. Alat kelamin juga digunakan untuk menentukan jenis kelamin seseorang, entah itu laki-laki atau pun perempuan. Pada Manusia, alat kelamin dibagi menjadi 2, yakni alat kelamin laki-laki (Penis) yang berfungsi untuk memproduksi sperma serta Alat kelamin wanita (Vagina) yang berfungsi untuk memproduksi sel telur.

Seperti halnya organ yang lainnya, alat kelamin juga dapat diserang oleh penyakit. Kebanyakan penyakit kelamin disebabkan adanya Infeksi kuman dan virus. Infeksi ini biasa menular melalui hubungan seks yang tidak sehat atau sering melakukan hubungan seks dengan banyak pasangan jenis. Di negara-negara maju, Penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian adalah penyakit kelamin. Hal ini disebabkan karena di negara maju, seks bebas merupakan hal yang lumrah jika sudah berumur 18 tahun. Resiko terbesar dari penyakit kelamin adalah dapat menyebabkan kematian.

Penyakit Kelamin

Penyakit Kelamin

Pencegahan terhadap penyakit kelamin dapat dilakukan dengan cara memakai kondom atau dengan jalan menghindari aktivitas seksual dengan banyak lawan jenis. Untuk pengobatannya sendiri, saat ini sudah ditemukan obat untuk beberapa penyakit kelamin, terkecuali penyakit HIV/ Aids. Berikut ini adalah beberapa penyakit kelamin yang sering menyerang manusia antara lain :

  • Raja Singa (Syphilis)
    Syiphilis adalah salah satu penyakit kelamin yang menyerang manusia. Penyakit ini diakibatkan oleh adanya infeksi bakteri Treponema Pallidum dan Spiroseta. Syphilis dapat menyebabkan kerusakan jaringan organ dan syaraf secara permanen jika tidak segera mendapatkan pengobatan. Bakteri pada syphilis menular dengan cara masuk ke bagian kulit yang lecet atau menempel pada selaput lendir kulit. Jika ada kontak langsung terhadap bagian yang terinfeksi tersebut, maka akan menular ke orang lain.
  • Herpes
    Herpes adalah salah satu penyakit kelamin yang diakibatkan oleh infeksi virus. Penyakit ini memang tidak sampai menyebabkan kematian namun tidak dapat disembuhkan, hanya bisa diobati. Gejala awal ini akan timbul luka seperti lecet yang nantinya dapat menjadi lubang berukuran kecil-kecil dan mengandung air di dalamnya. Gejala tersebut akan hilang dalam kurun waktu 5-10 hari. Namun pada suatu saat gejala ini dapat muncul kembali bahkan bisa sering muncul. Kebanyakan wanita tidak akan sadar jika didalam rahimnya terinveksi herpes karena virus penyakit ini hanya dapat dideteksi dengan uji medis.
  • Gonorhea atau Chlamydia
    Penyakit kelamin ini disebabkan karena adanya infeksi dari bakteri. Penyakit ini dapat menyerang pria dan wanita. Gejala awal penyakit ini jika menyerang pria, yakni akan keluar cairan dari dalam penis serta proses buang air kecil yang terasa sakit. Penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan jika tidak mendapatkan penanganan sejak dini. Infeksi dari penyakit ini dapat terasa atau bahkan penderita tidak merasakan adanya penyakit. Oleh karena itu akan sangat sulit sekali mendeteksi seseorang yang terjangkit penyakit ini.
  • Infeksi Jamur
    Infeksi dari jamur pada alat kelamin juga dapat menimbulkan penyakit yang sangat berbahaya jika tidak segera ditangani. Gejala umum dari penyakit ini adalah akan timbul rasa gatal yang akan menyebabkan warna merah pada kulit dibawah alat kelamin pria. Sedangkan pada wanita, akan keluar cairan putih kental mirip susu dari dalam vagina yang dapat menyebabkan rasa gatal. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara mengoleskan krim anti jamur pada bagian yang terinfeksi.
  • Kutu Kelamin
    Selain menyerang daerah rambut, kutu juga dapat menyerang area alat kelamin. Namun kutu pada vagina berukuran sangat kecil hampir seukuran mikroorganisme. Kutu kelamin ini biasa bersarang dan menyerang area rambut kemaluan. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan cara menggosokkan obat cair di daerah rambut kelamin.
  • Vaginistis
    Penyakit ini disebabkan oleh infeksi pada vagina. Infeksi ini akan mengakibatkan keluarnya cairan dari dalam vagina yang berbau dan seringkali membuat tidak nyaman. Penyakit ini memang tidak berbahaya, namun tentu akan membuat seorang wanita menjadi tidak nyaman karenanya. Penyakit ini akan dapat disembuhkan dengan meminum obat sesuai penyebabnya.
  • HIV/AIDS
    Penyakit ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Penyakit ini menular melalui hubungan seks dan juga infeksi dari jarum suntik yang tidak steril. Sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit HIV/AIDS.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0