Penyakit Menular – Kumpulan Tulisan Terlengkap Mengenai Penyakit Menular

Berbicara tentang penyakit tidak akan ada habisnya. Meskipun penyakit dapat disembuhkan dengan obat tapi, tidak semua penyakit memiliki obat. Bahkan bisa dibilang mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Tapi, bagaimana kita bisa mencegah jika kita tidak mengetahui, misal apakah penyakit yang diderita teman, keluarga, kekasih, atau rekan kerja saya menular atau tidak. Di artikel ini saya akan membahas beberapa penyakit menular, baik itu penyakit kulit yang menular, penyakit pernafasan atau bahkan yang sedang marak sampai sekarang ini penyakit menular seksual.

Penyakit dibeadakan menjadi dua yaitu peyakit menular dan penyakit tidak menular. Penyakit menular itu sendiri adalah penyakit yang dapat menularkan kepada orang lain baik  melalui udara atau pun kontak lanngsung. Dan penyakit menular itu sendiri memiliki risiko sangat besar untuk lebih cepat menyebar daripada penyakit yang tidak menular.

Penyakit Menular

Penyakit Menular

1. Penyakit TBC ( Tuberkulosis)

Penyakit TBC disebabkan oleh bakteri mycobacterium Tuberkulosis yang dapat menyebar dengan cara droplet yaitu dengan cara ketika penderita TBC batuk atau bersin dan cipratan batuk atau bersin tersebut mengenai seseorang atau batukan dan bersin tersebut terjatuh di suatu tempat yang lembab dan tidak terkena sinar matahari lalu menguap menjadi udara dan terhirup oleh seseorang. bakteri mycobacterium tuberkulosis sangat menyukai tempat – tempat yang kaya kandungan O2 oleh karena itu bakteri ini menyerang bagian paru – paru dari manusia. Jika penderita tidak patuh untuk minum obat yang dianjurkan maka bakteri ini tidak akan terbunuh secara sempurna dan pada akhirnya akan menjadi kebal dengan jenis obat yang diberi oleh karena itu dokter pasti akan menambah dosis obatnya.

Penderita biasanya akan mengalami batuk – batuk yang berkepanjangan, lalu batuk disertai darah.

Jika anda tinggal dekat atau bahkan dengan penderita TBC pastikan bahwa anda tidak satu tempat makan, tempat minum dengan penderita, jangan tidur bersama dengan penderita, usahakan rumah selalu terkena sinar matahari, ppastikan penderita untuk tidak meludah sembarangan.

2. Penyakit Influenza

Penyakit influenza disebabkan oleh virus influenza yang masuk kedalam tubuh melalui saluran pernafasan ketika sistem imun tubuh sedang tidak fit atau ketika cuaca sedang tidak menentu.

Penderita inflluenza biasanya disertai batuk dan pilek, hidung berair, hidung tersumbat, kepala pusing, hidung gatal. Jika anda sedang menderita influenza selalu gunakan masker untuk mencegah penularan penyakit. Penyakit influenza biasanya dapat sembuh sendiri diiringi semakin membaiknya sistem imun tubuh.

3. Hepatitis B

Hepatitis sebenarnya tergolong banyak namun yang berbahaya dan dapat menular adalah hepatitis B. Hepatitis B menyerang hati dan komplikasinya dapat menyebabkan sirosis hati. Ciri khas dari penyakit ini adalah kekuningan pada semua anggota tubuh lalu nyeri di perut kanan, mual dan tidak nafsu makan. Penyakit ini jauh lebih berbahaya dan paling sering menularkan dibanding HIV/AIDS. Untuk menghindari penyakit ini pastikan imun anda kuat, jangan berhubungan seks dengan penderita, terkena luka penderita yang berair, transfusi darah, jarum suntik bersamaan, tindik dan lain – lain. Bisa juga penyakit yang dditurunkan oleh ibu hamil kepada anaknya.

4.  Cacar Air

Cacar air merupakan penyakit menular yang dapat menularkan kepada segala usia. Tanda dan gejala yang sering muncul badan demam, munculnya blister (lepuhan), timbulnya rasa gatal, terdapat bintik – bintik kecil yang berisi air dan semakin banyak.
Penyakit ini dapat menularkan kepada seseorang jika penggunaan barang yang sama dengan penderita, terkontaminasi cairan dari pecahan bintik – bintik penderita, bintik – bintik yang pecah akan mengering dan menjadi kulit mati, kulit mati tersebutlah yang sering menularkan.

5. HIV/AIDS

human immunodeficiency virus adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia, dapat ditularkan oleh ibu yang hamil kepada bayinya, ibu yang menyusui kepada bayinya, penggunaan jarum suntik, tindik bersamaan, transfusi darah. Penyakit ini belum mempunyai obat khusus. Biasanya penderita penyakit ini tubuhnya menjadi sangat kurus . Penderita HIV/AIDS rata – rata bukan meninggal karena penyakit HIV/AIDS nya tetapi karena penyakit penyerta seperti TBC atau hepatitis. Melemahnya sistem imun membuat penderita sangan mudah tertular penyakit lain.

Kesehatan jaman sekarang ini menjadi sesuatu yang sangat mahal, mudahnya proses penularan penyakit menuntut kita untuk menjada daya tahan tubuh. Kalau sudah sakit mau gimana lagi. Jagalah kesehatanmu karena kesehatan itu bukan uang yang bisa dihasilkan, tapi sesuatu yang harus dijaga.

Sumber gambar : puskemas.info

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0