Penyakit Sifilis – Kumpulan Tulisan Terkait Penyakit Sifilis

Sifilis adalah penyakit yang sangat menular dan mudah menyebar terutama dalam aktivitas seksual, termasuk seks oral dan anal. Kadang-kadang, penyakit ini dapat ditularkan kepada orang lain melalui ciuman lama atau hubungan intim. Meskipun penyakit ini menyebar dari luka, sebagian besar dari mereka tidak mengenali jenis luka tersebut. Orang yang terinfeksi seringkali tidak menyadari bahwa penyakit yang di deritanya dapat menular bagi pasangannya.

Wanita hamil dengan penyakit ini dapat menurun kepada calon bayi. Penyakit ini disebut congenital syphilis, yang dapat menyebabkan kelainan atau bahkan kematian pada anak.

Sifilis tidak dapat ditularkan melalui kursi toilet, kenop pintu, kolam renang, kolam air panas, bak mandi, pakaian, atau peralatan makan.

Apa penyebab sifilis?

Sifilis disebabkan oleh bakteri pallidum Treponema.

Pemahaman umum sifilis.

Sifilis pernah menjadi ancaman kesehatan masyarakat yang utama yang dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang yang serius seperti radang sendi, kerusakan otak, dan kebutaan. Sampai akhirnya pada tahun 1940-an, para peneliti untuk pertama kalinya mengembangkan sebuah antibiotik penisilin.

Menurut hasil survey, berbagai kasus baru sifilis menurun pada tahun 1990 dan mencapai titik terendah pada tahun 2000 sejak kasus pertama ditemukan pada tahun 1941. Namun menurut laporan lanjut, kasus sifilis kembali naik secara bertahap hingga mencapai 36.000 pada tahun 2006.

Penyakit Sifilis

Penyakit Sifilis

Bagaimana mengetahui bahwa seseorang menderita sifilis?

Infeksi sifilis terjadi dalam tiga tahap yang berbeda:

- Sifilis Premier
Sifilis tahap awal atau yang biasa di sebut dengan sifilis primer. Orang dengan sifilis primer akan menderita satu atau lebih dari satu luka. Bentuk luka menyerupai bulat besar seperti gigitan serangga yang kemudian sering terasa keras dan sakit. Umumnya terjadi pada alat kelamin atau di atau di sekitar mulut tempat lain dalam jangka waktu antara 10-90 hari (rata-rata tiga minggu). Bahkan, tanpa pengobatan pun sifilis akan sembuh tanpa bekas luka dalam waktu enam minggu.

Sifilis Sekunder
Tahap sekunder dapat berlangsung satu sampai tiga bulan dan dimulai dalam waktu enam minggu sampai enam bulan setelah awal luka. Orang dengan pengalaman sifilis sekunder akan memiliki tanda luka yang kemerahan seperti pada ruam di tubuh, yang terdapat telapak tangan dan telapak kaki. Namun, ruam dengan tampak yang berbeda dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh, kadang-kadang menyerupai ruam disebabkan oleh penyakit lain. Penderita juga dapat mengalami kutil yang terasa lembab di selangkangan, bercak putih di dalam mulut, pembengkakan kelenjar getah bening, demam, dan kehilangan berat badan. Seperti sifilis primer, sekunder sifilis akan sembuh tanpa pengobatan.

Sifilis Laten.
Jenis sifilis inilah yang disebut sebagai jenis tidak aktif. Jenis ini tidak menimbulkan gejala apapun, sehingga seringkali penderita tidak mengetahui penyakit sifilis yang dideritanya.

Sifilis Tersier.
Jika infeksi ini tidak diobati, mungkin kemudian berkembang ke tahap yang lebih serius, seperti menjangkit pada jantung, otak, dan saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, demensia, tuli, impotensi, dan bahkan kematian.

Bagaimana cara mendiagnosa sifilis?

Sifilis dapat dengan mudah didiagnosa dengan melakukan tes darah di rumah sakit atau klinik kesehatan masyarakat.

Bagaimana cara mengobati sifilis?

Jika Anda telah terinfeksi sifilis selama kurang dari satu tahun, obat sejenis penicillin biasanya cukup untuk mematikan infeksi tersebut. Untuk Anda yang alergi terhadap penisilin, tetrasiklin atau doksisiklin dapat diberikan obat lain sebagai gantinya. Konsultasikan pada dokter untuk mengetahui dosis yang dibutuhkan sesuai dengan kondisi tubuh anda.

Masa Pemulihan.

Selama pasien dirawat karena sifilis harus menjauhkan diri dari kontak seksual sampai infeksi benar-benar hilang. Pasangan seksual orang yang menderita sifilis harus melakukan tes dan, jika perlu, harus diobati.

Apa resiko yang didapat jika tidak mengobati sifilis?

Jika sifilis dibiarkan tanpa diobati, dapat menyebabkan masalah serius dan permanen seperti demensia, kebutaan, atau kematian.

Bagaimana tingkat resiko wanita hamil yang menderita sifilis?

Tergantung pada berapa lama seorang wanita hamil telah terinfeksi dengan sifilis, bayi kemungkinan besar akan mengalami kematian sebelum proses persalinan, atau meninggal sesaat setelah lahir.

Jika tidak segera diobati, bayi yang terinfeksi dapat lahir tanpa gejala sifilis, tetapi berkemungkinan untuk mengalami gejala serius pada beberapa minggu berikutnya. Bayi yang tidak segera ditangani dan diobati dapat mengalami kejang, dengan tingkat resiko kematian.

Bagaimana saya dapat mencegah infeksi sifilis?

Hindari kontak intim dengan orang yang Anda tahu terinfeksi sifilis.

Sifilis merupakan penyakit yang dapat disembuhkan dengan diagnosis dan pengobatan. Namun,  jika Anda terlambat dalam proses penanganan yang serius dapat mengakibatkan resiko yang tinggi seperti kerusakan jantung, otak, bahkan hal ini tetap bisa saja terjadi ketika anda telah benar-benar pulih dari sifilis. Rutin untuk memeriksakan kesehatan tubuh dan darah, dapat membantu anda mencegah resiko tinggi dari infeksi sifilis.

Sumber gambar: http://easyurl.net/fbbf5

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0