Peralatan Kantor > Artikel Menarik Peralatan Kantor

Kesibukan pada dunia bisnis kini beragam bentuknya. Awalnya hanya merupakan kegiatan yang dijalankan 2 orang atau lebih saling bekerja sama melakukan negosiasi untuk mencapai keuntungan. Hasilnya dibagi sesuai prosentase kepemilikan modal atau berdasarkan keaktifan menyumbangkan tenaga demi memajukan bisnis tersebut. Tergantung perjanjian sejak berdirinya, dimana saling kepercayaan merupakan pondasi logis untuk ditegakkan demi memberikan input positif bagi kemajuan bersama.

Berkaitan dengan hal itu, muncullah sebuah organisasi bernama perusahaan. Dikemas pada satu atap beranggotakan beberapa bagian sebagai penopang kesuksesan perjalanan bisnisnya. Mulai dari bagian penjualan dimana bertugas dalam penyampaian sekaligus pengenalan produk / jasa kepada para calon konsumennya, pengatur keuangan atau akunting sebagai penyedia anggaran beserta perhitungan rugi labanya, hingga penyeleksian kader terbaru atau lebih dikenal dengan staff HRD atau bagian personalia karyawan. Keseluruhan komponen tersebut berjalan mengikuti prosedur serta adanya saling keterkaitan, ibarat aliran darah yang terus mengalir menelusuri tubuh dimanapun.

Peralatan Kantor

Peralatan Kantor

Namun, bukan berarti telah sempurna, melainkan banyak langkah lagi harus ditempuh agar tujuan perusahaan bernama profit bisa dengan mudah tercapai. Ada kegiatan dinamakan administrasi, artinya sebagai pendukung strategis guna menyelesaikan pekerjaan rumah yang masih terpending atau tahap dokumentasi.

Jenisnya pun beragam tergantung kebutuhan bagi satu kegiatan bisnis, ada yang berada dibawah kewenangan direksi atau lebih dikenal sebagai sekretaris merangkap asisten pribadi, membantu sales melengkapi dokumen untuk target konsumennya, serta kegiatan perekrutan karyawan baru beserta dokumentasi kontrak dan fasilitas penunjangnya adalah suatu hal krucial jika tidak ditata secara baik.

Berbeda dengan staf khusus membidangi keahlian tertentu, tugas administrasi secara garis besar sifatnya supporting sementara atau membantu pekerjaaan dari segi kerapian tata letak untuk segera didokumentasikan. Jadi, tidak secara langsung mengarah pada komitmen perusahaan untuk bersama maju dan berkembang. Tetapi bukan berarti tidak berperan besar, melainkan ada kalanya bidang administrasi merupakan pendukung terpenting terhadap historical perusahaan dimata konsumen maupun para pesaingnya.

Berkaitan dengan kegiatan administrasi, tidak luput dari berbagai komoditasnya untuk melakukan pekerjaan. Alat bantunya pun beragam tergantung dari bidang bisnis perusahaan. Namun secara keseluruhan memiliki banyak kesamaan dlam hal ruang lingkup pekerjaan serta mekanismenya untuk proses penyelesaian suatu tugas. Adapun komponen tersebut bernama peralatan kantor, sudah pasti selalu ada dimanapun kita berpijak pada dunia usaha. Meskipun tergolong sepele, namun bukan berarti tidak menjadi perhatian akan tetapi penyediaan sarana harus maksimal serta mampu menjawab kebutuhan bagi para penggunanya terutama adalah petugas administrasi itu sendiri. Adapun peralatan kantor yang sering kita jumpai beserta kepentingannya bagi semua bagian, adalah:

  • ALAT TULIS / STATIONERY
    Tergolong paling sepele diantara peralatan kantor lainnya. Hanya berupa pulpen, pensil, penggaris maupun penghapus. Untuk semua karyawan siapa tak butuh alat tulis ini? Hampir dapat dipastikan seluruh anggota perusahaan memilikinya untuk kegiatan sehari – harinya.
  • MESIN FOTOCOPY
    Berkaitan dengan dokumentasi terhadap sejumlah file ataupun berkas perusahaan sejak awal dibuat hingga berlanjut pada periode selanjutnya. Perawatan biasanya berkala setiap sebulan sekali bahkan kurang, ini sangat tergantung pada rutinitas pemakaiannya.
  • MESIN PENCETAK DOKUMEN / PRINTER
    Terpenting bagi semua pihak, sebagai pelaporan hasil meeting ataupun hasil kerja setelah dilakukan berbagai pola kegiatan bisnis. Dilengkapi warna maupun hanya hitam dan putih tergantung dari tujuan penggunanya dalam pemakaian.
  • KERTAS
    Media tulisan atau penyajian data secara tertulis. Dimana setiap orang pun pasti menggunakannya sesuai kebutuhan. Hanya saja, mengingat semakin menipisnya hasil bumi sebagai sumber daya alam maka banyak dibatasi dari segi jumlah kuantitasnya per bagian sebagai upaya membantu pelestarian lingkungan. Dan tak jarang dari mereka menggunakan kertas daur ulang atau bekas pakai untuk keperluan dokumentasi internal.
  • MEJA / KURSI KANTOR
    Merupakan fasilitas standar yang wajib dimiliki oleh masing – masing karyawan dari setiap bagian.
  • MESIN FAX
    Sebuah alat komunikasi antar rekanan, dimana hanya bersifat sebagai pengiriman secara online melalui media dokumen. Butuh kertas khusus pada mesin ini untuk bisa memperoleh hasil maksimal serya mudah terbaca.
  • MESIN PENGHANCUR KERTAS / SHREDDER
    Lebih difokuskan pada proses pembrsihan dokumentasi yang tidak penting. Biasanya merupakan data rahasia pelanggan lama maupun sejumlah kasus tertentu berkaitan dengan historical perusahaan. Tidak hanya tersebok biasa melainkan menjadi bagian tipis terurai.

Sumber gambar : http://goo.gl/mbTxM

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0