Perangkat Jaringan Komputer : Tulisan Terlengkap Mengenai Perangkat Jaringan Komputer

Perangkat jaringan Komputer terdiri dari beberapa elemen dasar meliputi Komponen hardware maupun software, adapun yang termasuk dalam komponen hardware adalah PC (personal computer), Kabel dan NIC (network interface card ) dan sedangkan yang termasuk dalam software meliputi system operasi jaringan, network adapter driver , dan protocol jaringan .

Nah kita akan mengupasnya satu persatu yuk langsung saja :

1.  PC ( Personal Computer )

Kalo yang ini pasti sudah banyak yang faham ,Tipe Pc ini digunakan dalam jaringan akan sangat menentukan kinerja jaringan tersebut.  Pc yang untuk kerja tinggi akan mengirim dan mengakses data dalam jaringan dengat cepat. Nah didalam jaringan  Server-client PC yang digunakan untuk server ( penyedia layanan data bagi client) haruslah lebih tinggi spesifikasinya daripada compute Client. Karena server itu bekerja untuk mengelola operasional jaringan dan penyedia fasilitas.

2. NIC ( Network Interface Card )

Bedasarkan tipe bus ada beberapa tipe Network interface card atau Network Card itu seperti ISA ( Industry standard Architecture ) dan PCI ( Protocol Control Information) Nah PCI inilah yang familiar dan paling banyak di gunakan sekarang .

3. Pengkabelan ( KABEL)

Pada dasarnya jaringan computer adalah jaringan kabel yang menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lainnya . Namun bukan berarti jaringan ini berupa Kurva tertutup, tapi bisa jadi merupakan kurva terbuka dengan terminator di ujungnya.

Seiring dengan perkembangan tehnologi dan zaman penghubung antar computer ikut mengalami perubahan mulai dari tehnologi telegraf yang memanfaatkan gelombang Radio hingga di zaman modern yang menggunakan serat optic dan laser . Hingga sekarang tehnologi jaringan computer bisa menggunakan tehnologi sekelas museum ( kabel coaxial ) atau bahkan menggunakan tehnologi langit seperti laser atau serat optic.

Ada tiga jenis Kabel yang dikenal secara umum yakni :

Kabel Coaxial

Kabel coaxial ini juga mempunyai dua jenis  yaitu :

– Thick coaxial cable (GEMUK) :

kabel ini berdiameter cukup besar  12 mm dengan selubung kabel berwarna kuning.

– Thin Coaxial cable ( Kurus)

Kabel ini berdiameter lebih kecil daripada kabel coaxial yang satunya yaitu 5mm  dan mempunyai selongsong berwarna hitam .

Serat Optik

Yang menggunakan jenis ini biasanya perusahaan besar , hal ini disebabkan karena pemasangan lebih sulit lebih rumit dan memakan biaya yang besar pula daripada kabel jenis coaxial atau STP .

Namun kelebihan serat optic ini lebih cepat dalam pengiriman data dan dijamin kehandalan nya. Kecepatan akses data / pengiriman data menggunakan kabel  jenis ini bisa mencapai 100Mbps dan sekaligus bebas pengaruh lingkungan.

●  Twisted pair Ethernet

Kabel  twisted pair ini juga sama seperti kabel coaxial memiliki dua jenis yaitu :

- Shielded Twisted Pair (STP)

Jenis kabel ini adalah mempunyai selongsong pembungkus.

- Unshielded Twisted Pair (UTP)

Jenis kabel ini tidak mempunyai selongsong pembungkus, dan koneksi kabel ini menggunakan konektor RJ-11 Dan RJ-45 .

Pada Twisted pair network ini computer di susun menjadi suatu pola star . Dan setiap PC memiliki satu kabel twisted pair yang terpusat pada hub . twisted pair umumnya lebih reliable (Handal) di bandingkan dengan kabel thin coaxial , karena hub mempunyai kemampuan data error correction dan menigkatkan kecepatan transmisi . saat ini ada beberapa Grade atau kategori kabel ini dengan mempunyai fitur yang berbeda beda contoh Tipe CAT 1 sampai Tipe CAT 7 mempunyai kelebihan masing masing.

   – Kabel UTP (unshielded Twisted Pair )

Kabel ini adalah kabel yang paling handal dan memiliki kompabilitas yang tinggi. Kabel ini di sarankan untuk digunakan pada kecepatan 10 Mbps dan fast Ethernet (100Mbps) . Konektor yang di gunakan untuk kabel ini adalah RJ-45 . untuk di gunakan di computer kabel ini juga mempunyai 2 tipe penyambungan  yaitu Straight cable dan crossover cable. Dengan fungsi yang berbeda untuk setiap jenisnya . Straight cable ini yang mana digunakan untuk menghubungkan antara Client ke Hub/router. Sedangkan untuk tipe yang Crossover cable digunakan untuk menghubungkan antara client to client atau pada saat tertentu di gunakan antara Hub to hub .

Demikian penjelasan singkat saya mengenai Peralatan jaringan Komputer  . Semoga menambah wawasan dan bermanfaat .

Source picture by : http://url.ie/hln9

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0