Perkembangan Internet : Kumpulan Tulisan Tentang Perkembangan Internet

Internet secara sederhana dapat dikatakan sebagai suatu jaringan global yang terbentuk dari jaringan-jaringan komputer. Internet memungkinkan jaringan-jaringan komputer ini dapat bertukar informasi dan berkomunikasi satu dengan yang lainnya dalam waktu yang jauh lebih singkat dibanding perangkat informasi dan komunikasi yang lain, dibantu lagi dengan percepatan perkembangan teknologi komputer dan gadget yang sangat mendukung penggunaan dan perkembangan internet. Cikal bakal internet sendiri mulai dibuat pada tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat, dimana tujuan pembuatan jaringan yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) sebenarnya adalah untuk kepentingan militer dan keamanan negara. ARPANET digunakan sebagai alat komunikasi yang lebih efisien karena jangkauannya melebihi jangkauan saluran telepon, komunikasi ini bertujuan untuk mempercepat penyampaian informasi jika terjadi serangan kepada pihak Amerika Serikat, karena seperti yang kita ketahui, masa tersebut adalah masa puncak perang dingin antara Amerika Serikat dan Rusia. ARPANET juga pada masa itu bermanfaat sebagai tempat penyimpanan data yang tersebar, hal ini bertujuan untuk menghindari penyimpanan informasi yang terpusat sehingga lebih mudah untuk dihancurkan.

Dikarenakan oleh pesatnya perkembangan ARPANET dan banyaknya peminat dari pihak universitas di seluruh Amerika Serikat untuk bergabung dan ikut membangun website di jaringan tersebut, maka pemerintah Amerika Serikat membentuk ARPANET yang lebih kecil untuk keperluan non-militer yang kemudian dapat digunakan dan dikembangkan oleh universitas-universitas di seluruh Amerika Serikat, dan sampai pada hari ini sudah jutaan website yang terbentuk di sebuah jaringan besar yang disebut internet.

Perkembangan internet menjadi semakin cepat setelah dibuatnya sistem World Wide Web yang sekarang sudah tidak asing lagi bagi kita pengguna internet. Sistem ini ditemukan oleh seorang jenius ilmuwan komputer bernama Timothy John Berners-Lee. Berners-Lee membuat situs web pertamanya pada 6 Agustus 1991 dan menjadi situs web pertama yang pernah ada. World Wide Web adalah suatu kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan internet. Sedikit info bagi para pembaca, Berners-Lee tidak pernah membuat hak paten atas temuannya, sehingga World Wide Web dapat digunakan dan dikembangkan secara bebas sampai hari ini. Hal ini menjadi sebuah manfaat yang teramat besar bagi perkembangan internet, dapatkah kita bayangkan jika Berners-Lee mematenkan temuannya tersebut? Mungkin akan sangat sulit bagi setiap pengguna internet untuk membuat sebuah website hari ini.

Temuan-temuan lain yang menjadi momentum besar dalam perkembangan internet adalah:

1.Surat Elektronik

Email menjadi salah satu yang terbesar diantara temuan-temuan yang dibuat dalam perkembangan internet, karena kecepatan dan minimnya harga yang harus dibayar untuk mengirimkan sebuah surel/email menjadikan email salah satu hal paling bermanfaat dari internet. Email sendiri sudah digunakan sejak tahun 1960-an. Tetapi karena pada masa itu internet belum terbentuk, maka jangkauannya sangat terbatas, hanya sebuah jaringan yang sempit. Namun setelah terbentuknya internet, email menjadi salah satu primadona dalam dunia maya (sebutan untuk internet) yang memudahkan manusia berkirim surat sampai ke seluruh dunia.

2.Mesin Pencari

Kita semua mengenal Google bukan? Google adalah salah satu yang paling sukses diantara sekian banyak mesin pencari yang pernah dibuat. Mesin pencari sendiri adalah sebuah program komputer yang digunakan untuk mencari informasi dari dan berkas-berkas dari internet. Mesin pencari memegang andil yang besar dalam perkembangan internet karena efisiensi yang diciptakannya sangat besar. Bayangkan jika kita harus mencari sebuah informasi dari internet saat ini namun belum ditemukannya mesin pencari, berapa lama waktu yang kita butuhkan untuk membuka dan melihat satu persatu website dalam internet yang jumlahnya jutaan?

3.Pesan Instan/Instant Messanging

Ini adalah salah satu hal yang sangat penting dan banyak diminati para pengguna internet. Kita semua pasti tahu atau bahkan pernah menggunakan layanan messenger seperti Yahoo! Messenger, Skype dan masih banyak lagi layanan pesan instan berbasis web. Pesan Instan ini sendiri mulai terbentuk pada era 90an setelah banyaknya orang yang menggunakan email sebagai alat komunikasi jarak jauh, ketika email dirasa semakin tidak efisien bagi orang-orang yang hendak mengirim pesan pendek dalam waktu yang cepat maka terbentuklah Instant Messenger. Salah satu penyedia jasa pesan instan yang pertama adalah American Online (AOL) dan seiring perkembangan dan persaingan semakin pesat maka sekarang sudah sangat banyak penyedia jasa pesan instan dengan fitur-fitur yang semakin bersaing, mulai dari tampilan, emoticons, sampai kemudahan akses yang ditawarkan. Sekarang semua orang dapat menggunakan layanan pesan instan melalui komputer bahkan telepon genggam.

4.Jejaring Sosial

Jejaring Sosial adalah salah satu bentuk perkembangan internet yang paling fenomenal dewasa ini. Kita semua mengenal Facebook, Twitter, Plurk dan banyak lagi situs-situs jejaring sosial di internet. Jejaring sosial yang pertama adalah sixdegrees.com yang muncul pada tahun 1997 yang memuat aplikasi profil, pertemanan dan pesan. Friendster dan Myspace sempat menjadi jejaring sosial yang paling diminati pada era 2000-2005. Kemudian muncul Facebook dengan tampilan yang lebih modern dan menarik, dan twitter dengan sistem yang lebih unik, dan banyak lagi jejaring sosial lain yang diminati sampai sekarang. Kebanyakan peminat dari jejaring sosial adalah pemuda-pemuda yang memanfaatkannya untuk berinteraksi dengan lebih praktis dan berkenalan dengan teman-teman baru lewat situs-situs yang ada.

Perkembangan internet dan isinya telah menjadi bukti akan luasnya kemampuan manusia dalam berpikir dan berinovasi. Internet yang dibangun pada era 60an sudah menjadi salah satu dari nadi informasi bagi seluruh penduduk dunia yang sangat bermanfaat untuk kehidupan. Dan internet akan terus berkembang seiring dengan kecanggihan teknologi yang terus meningkat dari masa ke masa.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0