Permainan Anak – Kumpulan Tulisan Terlengkap Tentang Permainan Anak

Permainan Anak adalah sebuah permainan yang khusus dibuat serta di rancang untuk anak, permainan anak sendiri mempunyai 2 jenis yaitu untuk anak laki-laki dan perempuan. Seperti kita ketahui sekarang ini banyak sekali toko-toko menjual mainan untuk anak. Dalam memilih mainan kita juga harus memperhatikan bahan pembuatannya karena ada sebagian jenis bahan berbahaya, serta dalam memilih mainan pun harus melihat kecocokan mainan tersebut dalam hal umur. Sekarang ini banyak mainan untuk meningkatkan kreativitas anak, karena pasti kita ingin memberikan kepada anak sesuatu hal berguna tidak hanya untuk kesenangan belaka. Dalam permainan anak pun mempunyai beberapa jenis yaitu: permainan tradisional, permainan modern.

Berikut beberapa jenis permainan tradisional:

  • Permainan benteng, adalah sebuah permainan mempunyai dua grup, masing-masing grup terdiri atas 4-8 orang pemain dan setiap grup memiliki markas berupa tiang listrik, batu dan lainnya sebagai benteng (markas). Tujuan permainan ini adalah mengambil benteng lawan dengan menyentuh benteng lawan sambil meneriakkan kata “benteng”, kemenangan bisa diraih dengan menawan seluruh anggota lawan dengan cara menyentuh tubuh mereka.Serta untuk menentukan pihak penawan dan tertawan ditentukan oleh saat akhir siapa yang menyentuh benteng mereka masing-masing.

    Permainan Anak

    Permainan Anak

  • Congklak, adalah sebuah alat bermain yang mempunyai beberapa nama di berbagai daerah, dalam melakukan mainan ini menggunakan cangkang kerang sebagai biji congklak atau bisa juga dengan menggunakan biji-bijian. Barang tersebut dimainkan oleh dua orang. Dalam memainkan congklak menggunakan papan congklak dan 98 biji anak congklak (14×7), umumnya papan congklak terbuat dari kayu atau plastik sedangkan untuk bijinya berasal dari cangkang kerang atau biji-bijian. Dipapan congklak terdapat 16 buah lobang terdiri dari 14 lobang kecil saling berhadapan serta 2 lobang besar di sisi ujungnya, setiap tujuh lobang kecil disisi pemain dan lobang besar di sisi kanannya pemain.
  • Dor tap, adalah sejenis memainkan petak umpat serta dimainkan oleh dua kelompok, kelompok yang berhasil menyebut nama pemain dari kelompok lawan yang bersembunyi maka akan dinyatakan menang, permainan selesai jika salah satu kelompok kehabisan pemain.
  • Gasing, adalah sebuah alat main tangan bisa berputar pada sebuah poros dan berkeseimbangan pada satu titik. Sebagian besar barang ini terbuat dari kayu tetapi terbuat dari plastik pun ada.
  • Layang-layang, adalah sebuah mainan terbuat dari kertas dan rangka bambu, permainan layang-layang juga memiliki nama lain yaitu wau, alat main ini sering dimainkan ketika musim panas karena anginnya besar. Bentuk layang-layang sendiri dapat dibentuk sesuai keinginan kita serta dapat diberi hiasan warna.
  • Yoyo, adalah sebuah mainan dimana tersusun dari dua cakram saling berhubungan melalui sebuah poros serta tali diikat di sumbu poros. satu ujung tali diikat di poros, satu ujungnya lagi diberi kaitan untuk jari, barang satu ini sudah dikenal dan dimainkan oleh penjuru dunia bahkan pemain yoyo ini mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.
  • Galasin atau disebut juga gebak sodor, permainan ini dimainkan oleh 2 kelompok dimana masing-masing kelompok terdiri dari 3 sampai 5 orang pemain. Permainannya adalah menghadang lawan agar tidak bisa masuk melewati garis ke baris terakhir secara bolak-balik serta untuk memenangkannya kelompok harus lengkap melakukan hal tersebut dalam area yang telah ditentukan.

Untuk mainan modernnya sendiri terdapat banyak jenis, seperti :

  • Mainan robot (laki-laki) atau boneka berbie (wanita), mobil-mobilan, tamiya, mobil remote control dan lainnya.
  • Monopoli, adalah mainan yang terkenal didunia cara bermainnya adalah bisa dimainkan 2 sampai 4 orang, mengocok dadu sertamenjalankan pion sesuai angka hasil kocokan dadu, apabila pion mendarat ditempat yang belum dimiliki maka bisa dibeli, tetapi jika mendarat ditempat yang sudah dimiliki maka kita wajib membayar kepada pemain yang telah memiliki tempat tersebut, dan tentunya dengan uang mainan yang telah disediakan dari monopoli.
  • Permainan menggunakan mesin seperti, play station, nintendo, komputer dan lainnya.

Dalam memilih permainan untuk anak, para orang tua haruslah teliti dan berhati-hati, karena bisa mengakibatkan kecanduan bermain serta yang berbahaya kesehatan. Serta dalam memilih mainan untuk anak haruslah yang mengasah kreatifitas  agar anak menjadi kreatif dan berinisiatif, serta membantu dalam tumbuh kembang otak anak.

  • Sumber data : palingseru.com
  • Sumber gambar : agistianggi.blogspot.com

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0