Permainan Game Online | Informasi Mengenai Permainan Game Online

Berbicara tentang Permainan Game Online tidak akan pernah ada habisnya. Pasalnya banyak sekali game online yang beredar di tengah-tengah kita kini. Lihat saja menjamurnya tempat bermain game online di daerah sekitar kita atau sering disebut wargem (warung game). Baik di pinggir jalan hingga pusat perbelanjaan di kota besar, wargem mudah ditemui. Ini menunjukan bahwa gairah bermain game online masih tinggi saat ini seiring dengan bertambahnya game baru dari para developer besar.

Di Indonesia sendiri cikal bakal game online sudah mulai terendus sejak awal tahun 2000-an. Dimulai dengan Nexia, Redmoon, Laghaim, Counter Strike hingga ke salah satu MMORPG fenomenal: Ragnarok. MMORPG sendiri masih merupakan genre favorit para developer ketika mengembangkan sebuah permainan online meskipun beberapa konsep unik sudah diluncurkan dan diterima dengan baik oleh para gamer.

Permainan Game Online

Permainan Game Online

Sebutlah Pangya, permainan bertema golf dengan karakter kartun lucu; Audition Ayodance, permainan menari menggunakan gerakan kursor super cepat untuk menciptakan kombinasi gerakan tari; hingga Gunbound, permainan simple dengan grafik 2D yang terinspirasi dari permainan legendaris : Worms.

Bila dibahas satu persatu seluruh game online baik di Indonesia maupun di luar negeri, tidak akan selesai dengan satu artikel essay oleh karena itu saya hanya pilihkan top 3 game online di Indonesia. Mengapa hanya tiga? Karena apabila diperluas maka urutannya bisa terus hingga puluhan karena banyak sekali game yang sudah menjadi idola hari ini. Mungkin beberapanya sudah ketinggalan jaman namun pemilihan ini dibuat berdasarkan faktor tren yang ada hingga saat ini.

Ragnarok Online

ro

Tidak sah rasanya apabila judul ini tidak masuk dalam jejeran permainan online yang digemari banyak orang. Meskipun Gravity Interactive selaku developer telah meluncurkan sekuelnya: Ragnarok Online II, namun masih banyak pemain yang masih melakukan perbandingan dengan prekuelnya.

Tidak dapat dipungkiri, RO merupakan salah satu faktor yang membuat peta dunia online games di Indonesia bisa sampai hingga saat ini. Unsur sosialnya tinggi sekali. Pemain dapat bergabung dengan grup untuk melakukan quest, raid boss atau sekedar menaikkan level hingga bergabung di guild dan terjun ke dalam Emporium War, semacam perang antar guild untuk memperebutkan lokasi guild.

Uniknya, ternyata tidak sedikit gamer yang menemukan jodohnya melalui RO dan beberapa diantaranya malah masuk hingga ke jenjang pernikahan di dunia nyata. Ini salah satu bukti bahwa RO, di luar konsep bermain serta sprite grafik imutnya, dapat juga berperan lebih dari sekedar permainan.

Audition: Ayodance

ayodance

Pengalaman saya jika berkunjung ke setiap warnet atau wargem, selalu terdengar lagu Ayodance. Sejak dibawa oleh Megaxus sekitar tahun 2006, Ayodance seperti tidak pernah kekurangan pemain. Tidak hanya gamer pria, tapi gamer wanita juga banyak yang memainkan game ini.

Entah karena karakternya yang bergaya anime manga, lagu-lagu hits atau konsep mendandani avatarnya yang adiktif, tapi kenyataannya banyak gamer yang rela berlama-lama duduk di depan komputer serta berjibaku mengetik tanda panah di layar untuk melakukan gerakan tarian level tinggi atau menghabiskan uang untuk membeli Mi-Cash, mata uang Ayodance. Sampai saat ini tersedia beberapa mode tarian seperti freestyle, single, battle hingga couple.

Mode terakhir ini banyak peminatnya karena dalam mode ini, pemain akan menari bersama avatar lawan jenis dan menciptakan combo-combo cantik. Tak jarang terlihat pemain tertawa-tawa sendiri saat mengobrol bersama lawan jenisnya dalam Ayodance. Permasalahannya adalah kita tidak pernah tahu bagaimana karakter asli lawan main kita di dunia nyata. Bisa jadi gamer pria yang getol bermain Ayodance hanya untuk melakukan pendekatan terhadap karakter lawan jenisnya di game disini -yang ternyata sama-sama pria. Menyeramkan.

Point Blank

pb

Meskipun tergolong baru, namun Point Blank sudah menjadi jawara dibandingkan game online dengan genre sejenis seperti Cross Fire, War Rock. Shadow Mercenary, Counter Strike: Online, dan lainnya. Pasalnya hampir semua wargem menginstal Point Blank bahkan wargem skala kecil dengan sekitar 5-6 komputer saja biasanya memiliki Point Blank demi menjaring banyak pelanggan.

Faktor pembeda Point Blank dengan game shooting bergenre sejenis mungkin dari banyaknya mode permainan seperti Death Match, Bomb Mission, Destroy Mission, Dino Mode, Eliminate, Shotgun Match, dan masih banyak lagi. Dalam permainan ini, pemain memburu gelar atau disebut Title. Ketika awal bermain, pemain akan bergelar Trainee namun seiring berjalannya waktu dan seringnya pemain memainkan Point Blank, gelar-gelar tingkat tinggi Mayor atasu Kolonel grade 5 bisa didapatkan. Semakin tinggi gelar maka karakter akan semakin hebat.

Sumber gambar : adda-cheat.blogspot, sujudgandas.blogspot, penchenk.com, ferrybobscle.com