Permasalahan Ekonomi > Kumpulan Informasi Menarik Permasalahan Ekonomi

Permasalahan pokok ekonomi telah di bagi menjadi dua yaitu masalah ekonomi klasik dan ekonomi modern:

Masalah ekonomi klasik.

Pokok masalah ekonomi klasik merupakan bahasa teori ekonomi klasik, teori ini berdasarkan pemikiran Adam smith, Jhon Stuart Mill yang mendominasi pemikiran ekonomi sampai tahun 1870-an. Berikut ini adalah masalah klasik yang dilihat dari segi produksi, distribusi dan konsumsi.

  • Masalah produksi terletak pada bagaimana memproduksi semua benda (barang dan jasa) yang dibutuhkan masyarakat banyak.
  • Masalah distribusi terletak pada bagaimana supaya benda-benda pemuas kebutuhan bisa sampai ketangan konsumen yang membutuhkannya, seperti yang telah diketahui barang dan jasa yang tidak sampai ke tangan konsumen yang tepat, tidak ada nilai gunanya dan dapat memuaskan kebutuhan.
  • Masalah konsumsi menyangkut masalah apakah benda pemuas kebutuhan yang diproduksi memang benda dapat dimiliki oleh konsumen. Barang diproduksi haruslah barang yang tepat yaitu barang itu memang dibutuhkan, diinginkan dan mampu dibeli konsumen.

 

Permasalahan Ekonomi

Permasalahan Ekonomi

Masalah ekonomi modern

Pokok permasalahan ekonomi modern terangkum dalam dua kata kunci kelangkaan dan pilihan, pertama menjadi penyebab dan kedua sehingga munculnya empat pertanyaan diantaranya yaitu:

Apa(What)

Barang jasa apa saja yang akan diproduksi dan dalam jumlah berapa harus ditentukan. keputusan produksi tidak lagi hanya bertujuan untuk memenuhi kebutuhan, namun menghasilkan keuntungan maksimum.

Bagaimana (How)

Dengan cara bagaimana proses produksi akan dilakukan? apakah menambah keuntungan besar atau malah sebaliknya mendaptkan kerugian besar?

Siapa perlu diproduksi (Who)

Dizaman modern banyak pihak yang bisa melakukan produksi seperti, pemerintah, swasta, atau koperasi.pertimbangan mengenai pelaku produksi merupakan hal yang penting karena setiap pihak memiliki kelebihan untuk memproduksi lebih baik.

Untuk siapa(For Whom)

Untuk siapa barang diproduksi apakah untuk segmen pasar tertentu atau masyrakat umum.

Sementara itu permasalahan itu banyak terjadi di negeri kita indonesia permasalahan ekonomi pada indonesia sangat memperhatinkan apalagi jumlah kemiskinan makin bertambah dan harga kebuthan makin mahal di sebabkan oleh kenaikan BBM membuat para kaum miskin makin miskin, indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber alam. Namun harus diakui bahwa masih banyak sumber daya milik indonesia yang belum dimanfaatkan secara maksimal bahkan justru orang asing yang menikmati dan menjual kenegara lain. hal tersebut merupakan masalah ekonomi yang ada pada indonesia, berikut adalah permasalah ekonomi yang ada pada indonesia.

Ekonomi biaya yang sangat tinggi
Ini juga merupakan merupakan masalah klasik di dunia industri, ada banyak hal yang menyebabkan biaya produksi menjadi tinggi, diantaranya adalah pungutan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang dilakukan sembunyi-sembunyi bahkan ada dilakukan secara terbuka, ini disebabkan oleh lemahnya hukum dalam pemerintah indonesia.

Permasalahan Ekonomi

Permasalahan Ekonomi

Kelangkaan bahan pokok
Kelangkaan bahan pokok mebuat harga kebutuhan pokok bermasalah , pemerintah sudah melakukan operasi pasar yang sering dilakukan pemerintahan disaat bahan pokok mulai beranjak naik bisa dipastikan tidak membantu permasalahan menyelesaikan masalah ini. kelangkaan bahan pokok memang masalah yang sangat sering terjadi Indonesia khusunya di wilyah luar jawa, namun menjelang hari raya seperti lebaran, natal atau puasa bahan-bahan pokok pun bisa terjadi kelangkahan karena banyaknya pedagang nakal yang menimbun.

Tingginya inflasi
Nilai inflasi sangat berpengaruh dalam kondisi perekonomian suatu negara, termasuk Indonesia, di indoneia sendiri nilai inflasi tergolong tinggi sehingga meninggmbulkan permasalahan ekonomi selain itu inflasi yang ada di indonesia sangat sensitif mudah sekali naik misalnya walaupun hanya dipengaruhi oleh tingginya harga cabai rawit beberapa waktu yang lalu.

Banyaknya pengangguran
Pengangguran merupakan masalah yang belum juga sulit diselesaikan apalagi jumlah penduduk yang bertambah sehingga membuat pengangguran pun terus bertambah apalagi indonesia merupakan penduduk terbesar nomer empat, ini merupakan masalah klasik yang belum juga terselesaikan secara tuntas, pemerintah sudah menciptakan lapangan kerja namun masih belum bisa menyelesaikan masalah ini.

Regulasi ekonomi
Beberapa kali pemerintah mengeluarkan keputusan mengenai regulasi ekonomi yang dianggap tidak tepat bagi kondisi perekonomian Indonesia yang membuat bertambahnya permasalahan ekonomi di indonesia contohnya adalah keputusan pemerintah yang masuk dalam anggota CAFTA dan saat ini mengakibatkan membanjirnya produk China di Indonesia sehingga membuat produk lokal tidak laku di pasar sendiri.

Tingginya suku bunga perbankan
Suku bunga merupakan salah satu indikator sehat/ tidaknya kondisi perekonomian Indonesia. suku bunga terlalu tinggi ataupun telalu rendah akan sangat mempengaruhi perekonomian Indonesia.

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0