Program Komputer > Tulisan Terlengkap Program Komputer

Berapa banyak program komputer yang ada di dunia ini? Berapa macam dan berapa jenisnya? Bila sobat triliuners bisa menghitungnya, berarti sobat triliuners benar benar merupakan triliuners sejati pasalnya program komputer yang ada di dunia ini mungkin mencapai triliunan jumlahnya :p well, tidak ada yang tahu pasti berapa banyak jumlah program yang ada di komputer sekarang ini, berapa macam dan berapa banyak jenisnya untuk saat ini pun tidak ada yang tahu pasti, bahkan pasti selalu akan ada yang baru dan baru lagi bertambah seiring perkembangan zaman dan berlalunya waktu. Adalah Sir. Harold Thomas Flower, beliau merupakan pembuat komputer personalpertama di dunia pada tahun 1941an yang bernama Colossus dan digunakan oleh UPSMRI alias Unit Pemecah Sandi Militer Rahasia Inggris untuk memecahkan key code transmisiion dari radio NAZI. Dan pastinya sekaligus beliau merupakan pencipta program komputer pertama di dunia. setelah itu banyak perkembangan yang dialami oleh komputer sehingga muncul IBM, kemudian Apple dan Microsoft. Bill gates selaku penemu microsoft mengembangkan Operating Systemnya sendiri dan membuat microsoft kemudian mudah digunakan oleh para developer program untuk mengaplikasikan program mereka kepada khalayak ramai. Steve Jobs selaku pengembang Apple, mulai mengembangkan ide ide brilian sehingga para developer program pun mulai bisa mengerjakan sesuatu hal yang berbau masa depan dan mengembangkannya untuk khalayak ramai. Semua itu berawal dari adanya program komputer sederhana.

Program komputer sering juga disebut sebagai software atau perangkat lunak. Software ini terdiri dari banyak macam jenis dan kategori, sebut saja Game, Internet Software, software untuk mengedit gambar, software music. software database, dan lain lain. Mereka semua masuk dalam kategori perangkat lunak yang mungkin sekarang ada di komputer setiap sobat triliuners dirumah. Tapi tahukah sobat triliuners, bahwa sebenarnya perangkat lunak tersebut dibuat dari sebuah program juga? So, bisa dibilang bahwa program yang membuat program, dan itu juga yang dikembangkan oleh setiap developer untuk menjual aplikasi yang mereka buat. Selalu ada inovasi disetiap program yang dibuat oleh manusia dan seiring berkembangnya zaman, program komputer tentu semakin canggih.

Sebagai contoh saya akan membahas contoh tentang sebuah program komputer yang digunakan untuk membuat sebuah game dan selalu mengalami inovasi serius. Sebenarnya kita bisa saja membuat game /program dengan berbagai program bahasa C atau visual basic, tapi yang akan saya bahas disini adalah tentang engine atau bisa dibilang sebuah program pembuat game berskala besar dan pastinya dibutuhkan sebuah tim untuk menyelesaikan sebuah program aplikasi game. Setiap game yang akan dibuat selalu berbasis sebuah engine, contoh FIFA 14, ada beberapa tim yang mengerjakan desain gambar untuk game tersebut, mulai dari AI(artificial intellegence) tampilan wajah setiap pemain, gedung, stadion, etc. Kemudian ada tim yang mengerjakan program untuk supaya kita bisa memainkan game tersebut dengan lancar. Para programmer ini bertugas  membuat “otak”  untuk para AI supaya bisa bekerja layaknya manusia. Disini keahlian mereka sebagai “programmer” dibutuhkan. Nah, mereka mengerjakan semua ini menggunakan program untuk membuat game yang sudah dibuat oleh para pengembang program aplikasi game yang disebut engine tadi.  Jika sobat triliuners sering bertanya tanya, darimana ya para programmer bisa membuat game, padahal game itu kan program juga? nah itu tadi jawabannya telah saya jelaskan diatas :) Jadi setiap jenis program biasanya memiliki pengembangnya sendiri, dan setiap waktu pastinya mereka ingin berinovasi lagi untuk menghadirkan sesuatu yang baru yang bisa lebih memudahkan kita sebagai manusia.

Nah jika sobat triliuners merasa memilik minat untuk belajar yang namanya mengembangkan sebuah program atau aplikasi, kalian bisa belajar sedikit sedikit melalui bahasa C, dimana bahasa ini merupakan bahasa komputer, dan bisa dipelajari melalui buku atau kursus. Tapi memang butuh waktu mempelajarinya, karena kebanyakan bahasa program itu sangat rumit dan berbeda dari bahasa manusia pada umumnyaa. Siapa tahu akan ada developer program baru yang berkelas internasional dari Indonesia dan bisa mengharumkan nama bangsa :))

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0