Proposal Usaha | Artikel Terlengkap Mengenai Proposal Usaha

Membuat usaha seperti halnya anda membangun rumah atau menabung di bank, bukan hal mudah tapi semua orang bisa menjalaninya. Salah satu kiat membangun sebuah usaha adalah merancang konsep yang benar-benar bisa diwujudkan, unik, serta memiliki nilai ekonomis tinggi. Apa itu? Semua hal yang berhubungan dengan konsep adalah gagasan atau ide, muncul ketika kita mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk membangun gagasan tersebut. Untuk mewujudkan konsep bisa dipakai dua cara yaitu melakukan observasi dan survey lapangan.

Observasi dilakukan melalui pengusaha yang sudah berhasil mewujudkan perusahaannya, tidak perlu pengusaha besar bisa juga pengusaha kecil namun sudah memiliki tingkatan usaha memadai. Melalui pengusaha-pengusaha tersebut anda bisa menjalankan sistem sharing dan kemampuan kreatif pada mereka, akan dapat banyak hal serta pengalaman menarik setelah anda mencobanya. Survey bisa dilakukan pada pasar, awalnya bisa dilakukan lewat teman ke teman atau jejaring sosial akan lebih mudah untuk melakukan survey pasar. Survey dimulai dari minat pasar akan produk, dan kemampuan masyarakat menjangkau produk anda, setelah itu lakukan survey harga sebagai pembanding.

Proposal Usaha

https://www.info-asik.com

Keunikan usaha merupakan point tambahan dalam meningkatkan konsep yang akan dikembangkan nantinya. Kaitannya dengan observasi dapat ditambahkan suatu proposal kerjasama kepada perusahaan-perusahaan yang sudah menjalankan lebih besar dari konsep yang anda buat, jangan berpikir perusahaan anda nanti harus besar tapi mulailah dari hal kecil. Kekuatan proposal usaha disini menjadi pengaruh besar dalam menjalankan bisnis anda, bisa berupa proposal kerjasama ataupun proposal investasi.

16kreatif

http://www.satunegeri.com

Sebelum menyusun proposal usaha beserta rencana anggaran perusahaan maka perlu diketahui terlebih dahulu perihal 5W 1H dan analisis SWOT. What, where, who, why, when, dan how merupakan dasar membuat sebuah konsep pada umumnya, ditambah how yaitu bagaimana bisnis anda dijalankan. Kebutuhan akan konsumsi masyarakat dibidang barang maupun jasa membuat para calon pebisnis banyak mengalihkan perhatiannya ke bidang tersebut.

Pertanyaan selanjutnya perihal analisis SWOT merupakan salah bentuk analisis yang mengedepankan prinsip strenght, weakness, opportunities dan threats (SWOT). Strenght merupakan kekuatan bisnis pada orientasi pasar yang akan dikembangkan, letak kekuatan terjadi apabila bisnis ini mampu menghadapi konsumen relatif berbeda-beda segementasinya. Weakness merupakan pandangan mengenai kelemahan akan kemungkinan terjadi jika bisnis dijalankan. Opportunities adalah melihat peluang usaha pada pasar akan kemungkinan presentase ketertarikan konsumen pada produk anda. Threats adalah hambatan yang akan terjadi jika usaha dijalankan, memiliki pandangan kedepan akan kelebihan dan kelemahan bisnis merupakan hal penting untuk dipertimbangkan.

Penyusunan proposal usaha diutamakan dapat dikerjakan secara tim agar anda dapat mempermudah untuk menganalisis SWOT, bisa cuma dua orang atau lebih. Saran bagi pemula calon pebisnis agar memanfaatkan anggota sebaik mungkin, tidak perlu nyak orang dan jangan dikerjakan sendiri melainkan berdasarkan tim. Konsistensi serta kejujuran menjadi tolak ukur sebuah usaha dapat berjalan dengan baik serta sukses. Beberapa format penyusunan dapat bermacam-macam bentuk tergantung pada bisnis seperti apakah yang akan anda bangun. Variasi bidang bisnis sudah diterangkan diatas bisa berupa barang ataupun jasa, barang meliputi produksi yang dapat dinikmati secara lahir dan batin sedangkan jasa bersifatg batin lebih ke efek kepuasan konsumen.

Ada bentuk proposal mengarah pada kerjasama atau partnership, adapula berbentuk pengajuan investasi dan pinjaman. Kedua bentuk ini tetap didasarkan pada analisis SWOT yang telah anda buat sebelumnya, sebagai pertimbangan rekan bisnis dalam melihat prospek anda. Kebutuhan proposal dapat dipandang sebagai sebuah jembatan awal menuju kesuksesan bisnis nantinya. Penyusunan proposal usaha secara umum memiliki format sebagai berikut:

- Bab pendahuluan subjek berisi latar belakang ide bisnis, visi misi, identifikasi usaha, serta ruang lingkup

- Bab deskripsi usaha subjek berisi jenis produk bisnis, prospek ke depan, analisis SWOT

- Bab aspek pemasaran subjek berisi tujuan pemasaran, sasaran pemasaran, konsep pemasaran.

- Bab aspek finansial subjek berisi permodalan, rencana anggaran, harga pokok anggaran, harga jual produksi, analisa pendapatan.

- Bab kerjasama subjek berisi bentuk kerjasama, bentuk investasi, dampak dan hasil kerjasama atau investasi.

- Bab penutup subjek berisi kesimpulan dan saran.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0