Protein – Informasi Terkait Protein

Protein merupakan komponen penting bagi setiap sel di dalam tubuh manusia. Pertumbuhan rambut dan kuku sebagian besar berasal dari protein yang anda konsumsi. Protein juga memiliki fungsi utama untuk membangun dan memperbaiki jaringan sel-sel tubuh. Selain itu, kebutuhan akan protein juga sangat penting dalam pembentukan enzim, hormon, dan lainnya. Protein merupakan asupan penting bagi tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah.

Banyak orang yang menganggap solusi untuk memenuhi kebutuhan protein adalah dengan mengkonsumsi segala makanan yang mengandung protein tinggi. Yang benar adalah, mengontrol protein dari makanan yang dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein secara tidak berlebihan. Anda bisa mendapat protein dari sumber makanan yang bergizi.

Seberapa banyak protein yang dibutuhkan untuk tubuh?
Banyak mitos yang mengatakan bahwa dengan memiliki protein tinggi pada tubuh akan membentuk banyak otot. Padahal, satu-satunya cara untuk membentuk otot adalah dengan menjalani lahitan pembentukan otot seccara rutin. Setiap tubuh manusia membutuhkan protein yang sedang, untuk dapat hidup sehat. tambahan protein tidak memberikan kekuatan ekstra. Berikut adalah jumlah takaran protein yang ideal untuk tubuh Anda:

- Remaja laki-laki dan pria dewasa yang aktif, membutuhkan sekitar 7 ons protein setiap hari.
– Anak-anak usia 2 sampai 6 tahun, wanita, dan orang tua, membutuhkan sekitar 5 ons protein setiap hari.
– Anak-anak diatas usia 6 tahun, gadis remaja, wanita yang aktif, umumnya pria, membutuhkan sekitar 6 ons protein setiap hari.

Bagi Anda yang hobi dengan steak, tentunya tidak akan kekurangan protein. Selain itu, dengan memakan delapan ons steak dapat membantu untuk membakar kadar lemak jenuh di dalam tubuh. Jenis protein yang Anda konsumsi memiliki peran penting untuk menurunkan berat badan dan untuk kesehatan tubuh anda.

Melalui berbagai penelitian, para ahli gizi merekomendasikan untuk mengkonsumsi beberapa jenis makanan untuk membantu memenuhi kebutuhan protein. Diantaranya adalah:

Ikan
Ikan mengandung omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Secara umum, kandungan asam lemak pada ikan lebih sedikit dibandingkan daging.

Unggas
Jenis unggas dipercaya dapat menghilangkan sebagian besar lemak jenuh yang terdapat pada tubuh.

Kacang
Kacang mengandung lebih banyak protein dibandingkan protein nabati lainnya. Serat yang terkandung dalam kacang, dapat membantu Anda menahan rasa lapar yang berlebihan.
Satu ons almond dapat memberi Anda 6 gram protein, hampir sama seperti satu ons steak.

Gandum
Sepotong roti gandum juga dipercaya dapat memberikan 3 gram protein, disamping mengandung serat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Hidangan laut
Seafood merupakan sumber protein yang sangat baik karena umumnya memiliki kadar lemak yang rendah.

Daging
Daging merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Mengkonsumsi daging secukupnya, akan membantu menstabilkan kebutuhan protein pada tubuh. Sebaliknya, mengkonsumsi daging berlebihan akan menyebabkan tubuh kelebihan lemak.

Susu, keju, yogurt
Susu, keju, dan yogurt tidak hanya menjadi sumber protein, tetapi juga mengandung kalsium tinggi dan diperkaya dengan vitamin D. Pilihkan susu rendah lemak untuk menjaga tulang dan gigi yang kuat dan mencegah osteoporosis .

Telur
Telur memiliki kadar protein yang cukup tinggi. Menurut penelitian, orang dewasa dengan kondisi tubuh sehat normal baik untuk memakan telur 1 butir dalam sehari.

Kedelai
Lima puluh gram protein kedelai setiap hari dapat membantu menurunkan kolesterol sekitar 3%. Mengkonsumsi jenis makanan dan minuman yang mengandung kedelai juga dapat menyehatkan jantung.

Sereal
Sereal juga baik untuk membantu memperbanyak asupan protein bagi tubuh.

protein

protein

Selain jenis makanan dan minuman diatas, masih ada banyak jenis lainnya yang juga dapat membantu tubuh untuk mendapatkan protein yang cukup. Dengan memulai untuk mengatur pola makan sehari-hari, anda dapat hidup sehat, bergizi dan tidak akan rentan terhadap suatu penyakit. Siapkan menu sarapan sereal pada pagi hari dengan meminum segelas susu kedelai, ditambah dengan menu sayuran dan buah-buahan untuk mengatur stabilitas protein dan kelancaran proses metabolisme tubuh anda secara maksimal. Meminimalisaikan karbohidrat mulai dari sekarang, dan perbanyaklah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung protein dan bergizi.

Sumber gambar:
http://spotmebro.com/spotmebrotest/wp-content/uploads/2013/01/Protein-Foods.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0