Puisi Anak – Kumpulan Tulisan Terkait Puisi Anak

Puisi adalah ungkapan dalam perasaan atau sesuatu yang dipikirkan oleh penyairnya yang dirangkai menjadi suatu bentuk tulisan yang mengandung makna. Pembuat puisi atau yang disebut seorang penyair tidak akan sembarangan membuat suatu karya seperti puisi. Ia memikirkan gaya bahasa yang akan ia siratkan dalam puisinya. Ia akan menulisnya dengan perasaan sepenuhnya.

Puisi dibedakan menut pendengarnya, peruntukkannya, dan waktunya. Menurut pendengarnya dapat dibedakan menjadi puisi anak, remaja, dan orangtua. Menurut peruntukkannya dibedakan untuk acara-acara tertentu seperti untuk valentine, ramadhan atau pun natal. Dan menurut waktunya ialah puisi lama dan baru.

Puisi Anak

Puisi Anak

Kita tidak bisa menilai sebuah karya puisi itu baik atau tidak. Kita hanya dapat membayangkan dan ikut merasakan dalam alunan indahnya puisi tersebut. Mengartikannyapun tidak mudah, karena puisi biasanya terdapat beberapa majas yang sulit diartikan. Namun puisi itu akan terkesan indah bagi para pembaca atau pendengarnya. Sebuah puisi terdiri atas 7 unsur, yaitu: tema, suasana, imajinasi, amanat, nada, suasana, dan perasaan. Sedangkan prinsip dasar sebuah puisi adalah berkata sedikit mungkin, tetapi mempunyai arti sebanyak mungkin.

Puisi anak adalah puisi yang diperuntukkan untuk anak-anak. Tidak menggunakan kata- kata yang sulit dipahami mereka. Dan menjadi suatu ungkapan perasana dan pemikiran mereka dalam sebuah karya tulis. Banyak sekali anak yang memiliki bakat dalam menulis puisi atau membacakan puisinya. Puisi pun masuk ke dalam kurikulum pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahnya. Tidak heran banyak yang berminat dalam suatu karya tulis tersebut.

Contoh puisi anak- anak seperti berikut;

Libur Telah Tiba

Pagi yang cerah 
Ku bergegas menuju sokolah
Suara gemuruh
Lonceng sekolah
Ku nikmati masa-masa yang indah

Hangat sapa Bersama Teman
Memupuk tawa bersama kawan
Menuntut ilmu ku kerahkan
Demi meraih masa depan

Kemampuan otak terkuras lemah
Terdiam suntuk merasa lelah
Menanti hari-hari yang indah
Dan ku sambut libur sekolah

Puisi anak berbeda dengan puisi untuk remaja, seperti ini perbandingannya;

Nyanyian Hujan

 

Nyanyian hujan mulai mengalun

Terbang melayang menembus langit

Melantunkan kepiluan hati

Menyanyikan nada kasih dari masa ke masa

 

Bila menjadi satu persoalan hati

Adalah nada-nada ketidakpercayaan

Adalah ruang hampa keyakinan

Percayalah..

 

Pada suara hati yang mampu hancurkan pundi jiwa

Yakinlah..

Pada setiap kisah yang memberi anugerah

Yang mengorbankan ketulusan hati

 Dalam puisi anak tersebut terlihat tidak terlalu banyak majas yang akan sulit dipahami oleh anak- anak. Namun  tersirat keindahan dalam puisi tersebut. Berbeda dengan penulisan cerpen, di dalam puisi pemilihan kata harus diperhatikan. Sederhana namun mengandung makna bagi anak- anak yang membacanya.

 Puisi remaja tersebut menonjolkan beberapa gaya bahasa yang sulit dipahami dengan adanya majas-majas seperti personifikasi, litotes, dan masih banyak jenis majas yag lainnya. Bagi anak- anak majas tersebut tidak akan berarti, karena tidak banyak anak yang akan mengerti apa itu arti majas dan bagaimana penerapannya. Puisi anak hanyalah untuk sebagai ajang mengekspresikan perasaan saja. Apabila memiliki bakat masukanlah ia dalam lomba membaca puisi atau mengarang puisi. Saat ini banyak perusahaan penerbit buku, sekolah atau bahkan acara 17 Agustus yang mengangkat lomba baca puisi seperti itu. Bimbinglah bakat anak untuk mencintai karya tulis puisi.

Anak-anak identik dengan kepolosannya. Ia akan bercerita lewat puisinya. Menggambarkan apa yang ia rasakan. Selanjutnya ia membacakannya kepada orang banyak dengan mimik dan ekspresi yang menjadi ciri khasnya.

Agar seorang anak yang memiliki bakat terlihat lebih menarik ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membaca puisi, seperti berikut;

-   Ekspresi dan mimik muka. Ekspresi mencerminkan pernyataan perasaan dari hasil penjiwaan dalam puisi tersebut. Mimik adalah gerakan air muka,

-   Kinesik atau gerakan anggota tubuhnya dalam membacakan puisi

-   Kejelasan artikulasi seperti melaflkan huruf vocal (A, I, U, E, O) bersamaan dengan kata katanya

-   Timbre atau warna bunyi suara yang dimilikinya

-   Irama puisinya atau panjang pendeknya, keras- lembutnya, tinggi- rendahnya suara

-   Dan intonasi atau lagu suara

Sekilas tentang puisi anak, puisi sangat luas dan harus dihayati dengan dalam.

Contoh dan Pengertian