Puisi Perpisahan Sekolah – Informasi Terkait Puisi Perpisahan Sekolah

Masa sekolah merupakan salah satu masa paling berkesan dalam hidup. Oleh sebab itu, pesta perpisahan sekolah merupakan satu moment yang tidak bisa kita sepelekan. Pada acara tersebut, beberapa hal bisa kita lakukan atau sampaikan kepada guru-guru dan teman-teman. Sebab, belum tentu kita dapat melakukannya lagi di lain waktu. Apalagi, jika perpisahan sekolah yang dimaksud adalah SMA. Pada umumnya, setelah lulus SMA, orang-orang sudah mulai berpencar ke berbagai kota dan bahkan negara. Semua untuk mengejar karir dan impiannya masing-masing.

Ada banyak hal yang bisa kita lakukan pada saat pesta perpisahan sekolah, misalnya menyanyi, menari, dan membaca puisi. Jika Anda memiliki uneg-uneg yang ingin dikeluarkan, cobalah membaca puisi. Dengan membaca puisi, kita dapat mengungkapkan segala macam hal yang dirasakan selama sekolah dulu. Karena pada saat perpisahan, umumnya orang mulai mengingat-ingat berbagai macam pengalaman selama masa sekolah. Selain mengungkapkan perasaan terhadap memori itu, kita juga dapat mengungkapkan apa yang akan dirasakan nanti setelah berpisah dengan teman-teman dan guru-guru.

Puisi Perpisahan Sekolah

Puisi Perpisahan Sekolah

Dalam memilih puisi untuk dibacakan saat pesta perpisahan sekolah pun tidak bisa sembarangan. Pastikan tiap kalimat dalam puisi tersebut menggambarkan kondisi dan perasaan pada saat perpisahan tersebut. Sebagai contoh, jangan memilih sajak-sajak romantis atau sajak kemanusiaan. Pilihlah sajak dengan tema perpisahan. Atau, jika Anda ingin mendeklamasikan sajak yang sempurna di acara tersebut, cobalah membuat puisi perpisahan sekolah versi Anda sendiri.

Bingung memilih kata-kata untuk dijadikan sajak? Berikut saya sarankan beberapa bahan yang dapat Anda jadikan acuan;

- Hari Pertama

Ada pepatah mengatakan, “Saat kita berada di akhir, kita akan mengingat awal.” Coba Anda ingat kesan apa yang terasa pada hari pertama sekolah dulu. Entah itu cemas, takut, atau justru bersemangat.

- Terima Kasih Guru

Budi seorang guru sangatlah tinggi. Maka, pantaslah bagi Anda untuk mengungkapkan rasa terima kasih karena telah memberikan bimbingan dengan sabar selama ini.

- Hikmah dari Kesulitan

Selama bersekolah, tentunya ada masa-masa yang terasa sulit, dan ada masa-masa yang terasa begitu menyenangkan. Coba ungkapkan salah satu contoh masa sulit itu, dan ungkapkan juga hikmah dari peristiwa itu. Misal, “Betapa dulu kurasa jengkel saat harus mengepel lantai karena lupa mengerjakan PR. Betapa sekarang aku sadar, bahwa guruku hanya ingin aku menjadi insan bertanggungjawab.”

- Kenakalan

Tidak perlu malu untuk menceritakan “dosa-dosa kecil” selama bersekolah. Misalnya, pura-pura sakit perut supaya tidak disuruh menjawab soal matematika di papan tulis, atau, membolos kelas untuk jajan di kantin.

- Istilah dalam Pelajaran

Menggunakan istilah pelajaran dalam sajak akan terasa unik dan lucu. Misalnya, “Rasa terima kasihku pada guruku lebih banyak dari jumlah kromosom X pada tubuh manusia”

- Kantin

Setelah lulus nanti, suatu saat nanti pasti Anda akan merasa kangen dengan makanan dari kantin sekolah. Walaupun hanya sepiring somay murah atau es kolang-kaling sederhana. Karena, selain di kantin, dimana lagi kita dapat mengenyangkan perut dengan nyaman bersama teman-teman tanpa harus banyak menghabiskan uang?

- Setelah Selesai Sekolah

Apa yang akan Anda rasakan atau lakukan setelah sekolah berakhir? Ungkapkanlah pada sajak Anda. Misalnya, “Aku akan pergi jauh dan menuntut ilmu lebih banyak lagi” atau “Aku akan kesepian tanpa kawan-kawan yang selama ini makan somay di kantin bersamaku setiap siang hari.”

- Selamat

Ucapan selamat dapat berarti selamat karena sudah lulus, selamat jalan, atau selamat menempuh cita-cita. Ketika mendeklamasikannya nanti, ucapkanlah dengan senyum dan penuh semangat.

- Doa

Terakhir, sampaikan doa kebaikan kepada guru dan teman. Misalnya, semoga sukses, semoga dapat bertemu kembali di lain waktu, semoga tidak pernah melupakan masa ini, semoga dapat mencapai cita-cita, semoga sehat dan bahagia selalu, dan lain sebagainya.

Membuat puisi perpisahan sekolah tidaklah sulit. Kuncinya, Anda hanya perlu jujur dengan perasaan sendiri. Karena, sajak yang indah didengar adalah ungkapan tulus dari hati. Oleh karena itu, janganlah merasa gengsi untuk mengungkapkan isi hati Anda. Jangan sampai Anda menyesal di kemudian hari karena tidak pernah menemukan lagi kesempatan untuk menyampaikan perasaan di hati Anda.

Image source : http://rasjacobson.files.wordpress.com/2010/06/gchs-graduation-by-pixiesticks23.jpg

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0