Rumah Bambu – Tulisan Terlengkap Mengenai Rumah Bambu

Bambu, siapa yang tak mengenal jenis tanaman ini. Selain bambu yang dapat dijumpai tumbuh secara liar di hutan ataupun di beberapa pekarangan rumah, bambu juga dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dijadikan sumber bahan makanan, furniture, hiasan hingga menjadi bahan utama untuk pembuatan rumah bambu. Mungkin bagi beberapa orang, kata rumah bambu terdengar asing ditelinganya, namun bagi mereka pecinta rumah bergaya unik dan bernuansa alami, rumah bambu adalah hal yang lumrah.

Rumah bambu adalah rumah yang terbuat dari bahan dasar bambu dan hampir seratus persen bahan penyusun utamanya terdiri dari bambu. Rumah bambu kini mulai banyak diminati, bukan saja oleh pecinta rumah bergaya unik, namun juga oleh berbagai kalangan yang menginginkan suasana alami dengan desain yang sederhana namun mampu memberikan kenyamanan seperti rumah-rumah pada umumnya. Kenapa bambu bisa digunakan menjadi bahan dasar pembuat rumah? Hal ini disebabkan karena ketahanan yang dimiliki bambu, sehingga dapat digunakan untuk bahan pembuat rumah.

Daya tahan lama yang dimiliki bambu sudah bisa kita lihat dari penggunaannya pada furniture-furniture. Bambu dapat tahan hingga bertahun-tahun, tidak lapuk dan tidak berjamur. Selain itu, bambu juga dapat dibentuk sedemikian rupa sesuai keinginan, sehingga ketika digunakan sebagai bahan pembuat rumah, sang pemiliki dapat membentuk bambu sebagai interior tambahan sesuai keinginannya. Dan penggunaan bambu pada bahan pembuat rumah bambu juga sekaligus dapat menambahan keindahan rumah, karena bahan bambu ini dapat di beri pernis atau diberi cat sesuai dengan warna yang diinginkan.

Ketika kita ingin membuat dan memiliki rumah bambu, tentu saja ada hal-hal yang perlu diperhatikan, dimulai dari desain rumah bambu, bahan/jenis bambu yang akan digunakan dan perlengkapan lainnya seperti desain interior rumah bambu tersebut. Untuk desain rumah bambu, tidak keseluruhan desain rumah dapat diterapkan pada rumah bambu ini, Desain rumah yang dapat diterapkan pada rumah bambu bisa menggunakan desain rumah panggung ataupun desain rumah biasa yang tidak bertingkat. Untuk penggunaan desain rumah bertingkat, penggunaan bambu akan sedikit sulit, terutama ketika akan dilakukan penyambungan bangunan pada bagian atas rumah/tingkat atas.

Lalu kenapa rumah bambu bisa menggunakan desain rumah panggung? Rumah panggung yang terbuat dari bahan bambu dapat menghindari pemiliknya, jika suatu saat terjadi banjir. Selain itu, rumah bambu yang menggunakan konsep rumah panggung juga aman bagi penghuninya? Hmm, kenapa bisa dibilang aman ya? Karena bambu, selain memiliki daya tahan yang sangat lama, bambu juga memiliki daya elastisitas atau kelenturan, yang sangat dibutuhkan pada bangunan-bangunan pada daerah yang sering mengalami gempa bumi. Ketika gempa terjadi dan timbul getaran, bahan bambu penyusun rumah akan memanfaatkan sifat elastisnya untuk menyesuaikan dengan getaran gempa yang terjadi dan meminimalisir kecelakaan atau kerusakan yang biasanya disebabkan karena gempa.

Untuk pemilihan jenis bambu, juga harus dipilih bambu yang benar-benar baik dan bagus, tidak retak, tidak terlalu muda dan memiliki panjang batang bambu yangs esuai dengan kebutuhan pembangunan rumah. Sehingga kelak ketika telah beralih bentuk menjadi rumah, bambu dapat menjaga keawetannya hingga bertahun-tahun lamanya. Rumah bambu juga dapat dibuat menjadi lebih unik, dengan mengukir dan memberi warna-warna tertentu pada bambu yang menjadi pilar-pilar atau penyangga rumah dan dinding sesuai dengan keinginan. Tentu saja ukiran dan warna-warni cat tersebut haruslah disesuaikan dengan tema desain rumah bambu yang telah kita tentukan.

Kelebihan yang dimiliki rumah bambu adalah pada efisiensi listrik yang digunakan. Bambu yang dapat menyerap panas dari luar tetapi tetap memberikan rasa dingin dan nyaman pada penghuni di dalam rumah menjadi kelebihan dari rumah bambu ini. Sehingga sang pemilik tidak perlu menggunakan pendingin ruangan tambahan, karena rumah bambu sendiri sudah mampu memberikan rasa sejuk/dingin. Hemat listrik bukan. Dan jika rumah bambu anda terasa terlalu sejuk, anda bisa menggunakan karpet atau permadani untuk meminimalisir udara dingin yang ada.

Sehingga, di jaman yang serba maju dan modern ini, memilih rumah bambu sebagai tempat tinggal bukanlah hal yang aneh lagi. Karena rumah yang akan menjadi temapt tinggal kita haruslah mampu memberikan rasa nyaman, dan hal ini dapat diberikan oleh rumah bambu, yang bahan utamanya berasal dari bambu yang alami.

Source gambar : http://sanggar-tunasbambu.blogspot.com/p/rumah-bambu.html

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0