Rumah Makan : Informasi Tentang Rumah Makan

Rumah makan atau yang kita kenal juga dengan nama lain warung makan ataupun restoran untuk versi lebih mewahnya dapat kita temukan dimana saja. Mulai dari rumah makan yang menjual makanan tradisional dan khas dari daerah tertentu, rumah makan yang menjual makanan modern atau sering kita sebut restoran, hingga rumah makan yang menjual makanan khas restoran dengan harga yang terjangkau. Ada pula rumah makan yang dalam desain serta penggunaannya mengusung konsep tradisional atau modern. Lalu sebenarnya apa rumah makan itu?

Rumah makan atau yang kita kenal juga dengan nama warung makan/restoran aalah sebuat tempat yang menyediakan berbagai pilihan jenis makanan, yang dapat anda santap di tempat atau anda bawa pulang kerumah untuk dinikmati di rumah sendiri. Rumah makan juga adalah tempat yang menyajikan makanannya dalam suasana yang khas dan terkadang pada beberapa rumah makan mewah, proses memasak makanan pesanan anda dapat dilihat langsung dari jarak dekat.

Jenis-jenis rumah makan yang dapat kita temui di berbagai tempat tentu saja menyajikan jenis makanan yang sangat beragam. Contohnya saja rumah makan yang sangat terkenal, rumah makan padang. Rumah makan ini menyajikan hanya makanan khas dari propinsi Sumatra Barat, dengan menu yang lengkap dan cita rasa yang sama seperti makanan daerah asalnya. Pada awalnya, rumah makan padang hanya dapat kita temui di daerah Sumatra barat saja dan kota-kota di Sumatra. Tapi seiring perkembangannnya, dengan semakin banyak dan beragamnya peminat makanan ini, rumah makan Padang sudah dapat kita temui dimana saja, bahkan hingga ke pulau Sulawesi. Pada beberapa daerah, cita rasa masakan yang disajikan oleh rumah makan padang sudah mengalami penyesuaian dengan cita rasa makanan setempat.

Lalu kita kenal pulah rumah makan khas Sunda, yang khusus menyajikan makanan khas daerah Sunda. Terdapat beberapa jenis rumah makan ini yang mengusung konsep tradisional dan alam pada penataan rumah makannya. Sang pemilik memilih area yang dekat dengan daerah persawahan atau daerah yang memiliki view menghadap alam, seperti perbukita. Tujuan pembuatan rumah makan dengan konsep ini pada dasarnya selain untuk memberikan kesan nyaman dan nuansa alam, juga untuk mengobati kerinduan para penikmat makanan rumah makan tersebut dengan daerah asalnya.

Pada daerah-daerah wisata, kita juga dapat menemukan berbagai jenis rumah makan yang tersebar di sekitar daerah wisata tersebut, tentu saja dengan harga yang beragam dan konsep penyajian dan penataan ruang yang beragam pula. Ada rumah makan yang menggunakan konsep restoran dengan menggunakan meja dan kursi makan yang berjumlah banyak dengan bentuk uni, yang dapat menampung pengunjung dalam jumlah banyak. Adapula rumah makan yang kita temukan menggunakan konsep lesehan alias duduk di lantai dengan beralaskan tikar atau permadani. Jadi para pengunjung dapat menikmati santapan dengan bersantai sambil meluruskan kaki sekaligus melepaskan lelah. Dan tidak tertutup kemungkinan terdapat rumah makan yang memadukan kedua konsep ini pada usaha makanannya. Sehingga para pengunjung yang pergi dalam rombongan, tetapi memiliki selera yang berbeda, tetap dapat makan di rumah makan yang sama dengan anggota rombongannya yang lain.

Mungkin pernah terbersit juga di benak kita sebagai penikmat makanan ataupun sebagai pengunjung rutin sebuah rumah makan, mengapa usaha rumah makan ini begitu banyak dan terlihat menjanjikan bagi sang pemilik usaha tersebut? Hal tersebut berkaitan langsung dengan negara Indonesia yang memiliki berbagai macam makanan kuliner daerah yang memiliki cita rasa tersendiri. Dan tentu saja jika kita ingin menikmati suatu makanan kuliner tetapi kita tidak berada pada daerah tersebut, kita tidak dapat menikmatinya. Tetapi dengan adanya rumah makan yang menyajikan makanan kuliner tersebut, kita dapat menikmatinya tanpa harus jauh-jauh datang langsung ke daerah tersebut. Sebenarnya bukan hanya kita saja yang dapat menikmatinya, orang lain juga dapat menikmatinya, dan hal inilah yang membuat usaha rumah makan dapat berkembang dengan pesat dan menjanjikan. Pemilihan area penempatan rumah makan dan jenis makanan yang tepat pun akan mampu mendatangkan keuntungan lebih kepada pemilik usaha rumah makan tersebut.

Source gambar : http://akuntansidanwirausaha.blogspot.com/2011/12/kiat-untuk-memulai-bisnis-rumah-makan.html

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0