Rumah Sehat | Catatan Mengenai Rumah Sehat

Memiliki rumah yang nyaman memang menjadi impian dan harapan setiap keluarga. Rumah yang nyaman tidak harus besar dan megah, rumah mungil sekalipun dapat menjadi rumah yang nyaman untuk ditinggali asalkan rumah tersebut dapat dikategorikan sebagai rumah sehat. Rumah memang menjadi pusat dari segala aktifitas, semua bermula dari sini, istirahat yang nyaman, rumah yang sehat, kehidupan yang sehat tentunya akan menghasilkan kinerja yang lebih baik dalam berkarya, yang pada akhirnya tentu akan mendatangkan kebahagiaan bagi keluarga yang tinggal di dalamnya. Bagaimana sebuah rumah dapat dikatakan rumah yang sehat? Ada banyak sekali pendapat yang menguraikan mengenai hal tersebut, tidak ada yang salah, namun mungkin hanya bahasa yang digunakan berbeda yang pada intinya akan mengacu pada satu hasil, yaitu rumah sehat. Berikut penulis juga mencoba berpendapat mengenai rumah sehat, baik berdasarkan pengalaman pribadi maupun berbagai artikel yang pernah penulis baca.

Bersih

Kebersihan menjadi faktor utama dalam mewujudkan sebuah rumah sehat. Kebersihan tersebut baik dari segi lingkungan maupun dari segi rumah itu sendiri. Rumah yang sehat sebaiknya tidak terletak dekat dengan tempat pembuangan sampah. Seperti yang diketahui sampah merupakan tempat berkumpulnya kuman dan bakteri. Dari sisi rumah tersebut sendiri, sebaiknya rumah juga dilengkapi dengan tempat sampah tertutup di bagian yang sejauh mungkin dari area tinggal. Perlu dipastikan juga bahwa sampah tersebut sebaiknya selalu diangkut menuju pembuangan akhir setiap harinya oleh petugas yang bersangkutan, jangan membiarkan sampah menumpuk hingga berhari-hari, apalagi membuangnya ke selokan. Tempat sampah yang tertutup juga membantu menghindari hewan-hewan yang membawa penyebaran penyakit seperti tikus dan lalat.

Udara & Pencahayaan yang cukup

Hp1ZLhB80h

Rumah yang sehat mewajibkan rumah tersebut memiliki pencahayaan dan udara segar yang cukup, dengan masuknya cahaya matahari dan udara yang cukup dan tidak berlebih akan menjaga keadaan rumah tetap nyaman untuk ditinggali dan tidak lembab. Namun pencahayaan yang berlebihan juga harus dihindari karena akan membuat rumah cenderung terasa panas dan tidak nyaman. Rumah yang lembab dapat menyebabkan beberapa masalah pada paru-paru. Selain itu barang-barang yang ada di rumah menjadi mudah berjamur dan tentunya merusak barang-barang anda yang terbuat dari kayu, kertas dan sejenisnya.

Salah satu media yang dapat digunakan adalah jendela, tempatkan jendela di posisi yang memungkinkan udara dan cahaya matahari masuk, bukalah jendela minimal sekali pada pagi hari untuk pertukaran udara dan membiarkan sinar matahari masuk. Akan lebih baik jika di bagian belakang rumah masih terdapat area terbuka yang langsung terhubung dengan udara bebas, ini akan semakin memperlancar sirkulasi udara di dalam rumah tersebut.

Sanitasi yang baik

Rumah yang sehat idealnya juga memiliki sanitasi yang baik dan layak, memiliki saluran pembuangan limbah rumah tangga dan juga septic tank. Pastikan saluran pembuangan tersebut lancar dan tidak menggenang.

Dapur yang sehat

Dapur-Sehat

Dapur menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sebuah rumah, makanan yang akan anda konsumsi berawal dari sini, tentunya memastikan anda memiliki dapur yang sehat juga menjadi salah satu syarat rumah sehat. Sebaiknya dapur juga memiliki ventilasi yang cukup terbuka, sehingga udara segar dapat dipastikan selalu tersedia, dan tentunya dengan alasan faktor keamanan jika terjadi kebocoran gas. Meskipun sebaiknya dapur memiliki ventilasi yang cukup terbuka namun sebaiknya anda juga tak lupa memastikan untuk menghindarkan segala bentuk akses masuk bagi hewan-hewan pengganggu seperti kecoa, tikus, cicak dan lainnya yang pastinya bisa membawa berbagai macam penyakit. Perlu diingat bahwa sebaiknya peralatan makan seperti piring dan lainnya sebaiknya disimpan dalam lemari/tempat tertutup setelah dicuci dan dikeringkan, untuk meminimalkan kontak dengan hewan-hewan pengganggu tersebut.

Penerangan

Rumah-sehat2

Selain penerangan alami dari cahaya matahari, anda juga perlu memastikan penerangan yang ada cukup saat matahari sudah terbenam, rumah yang kurang penerangan akan terasa remang-remang dan mambuat suasana dingin, kurang sesuai untuk suasana kehangatan keluarga yang diharapkan.

Taman

rumah sehat

Adanya sebuah taman kecil juga akan sangat membantu mewujudkan suasana nyaman dan asri.  Hindarkan tanaman-tanaman yang terlalu lebat dan tidak beraturan, jika luas tanah tidak memungkinkan untuk membuat sebuah taman, anda bisa memanfaatkan pot untuk diletakkan di berbagai lokasi yang diperlukan.

Aman

Rasa aman tentu sangat didambakan bagi setiap penghuni rumah, maka anda perlu memperhatikan faktor keamanan rumah, baik dari segi akses masuk maupun peletakan alat-alat listrik, stop kontak, sudut-sudut tajam, undakan/leveling, dan pagar pengaman jika anda memiliki teras/ruang terbuka dengan posisi yang cukup tinggi, semua ini makin perlu mendapat perhatian spesial khususnya jika anda memiliki seorang anak yang masih kecil di rumah.

sumber gambar :

  • http://carapedia.com/tips_rumah_lebih_sehat_info2095.html
  • http://desainrumahsederhanagratis.blogspot.com/2012/11/kriteria-dan-syarat-rumah-sehat.html
  • http://property.okezone.com/read/2012/02/24/478/581774/rumah-sehat-rumah-berjendela
  • http://kolomrumah.com/artikel/tips-solusi/rumah-dan-lingkungan-yang-sehat
  • http://rencanarumah.com/desain-dapur-sehat

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0