Sejarah Internet Di Indonesia > Catatan Mengenai Sejarah Internet Di Indonesia

Siapa sih yang nggak kenal yang namanya internet? hampir semua orang tahu mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Seakan-akan  internet menjadi kebutuhan wajib yang harus terpenuhi selain makanan, pakaian dan tempat tinggal. Banyak sekali kegunaan dari internet, mulai dari browsing,chatting,sending email,main facebook dan twitter.Dengan internet orang bisa mencari informasi yang dicari dalam hitungan detik. Hebatkan! Tak cuma itu , baru-baru ini internet bisa difungsikan untukan mecari orang yang hilang puluhan tahun yaitu menggunakan Google Earth. Yup, internet merupakan penemuan paling fenomenal dalam sejarah peradaban manusia. Tapi tahukah Anda bagaimana awal mulanya Indonesia mengenal Internet dan siapa saja yang berjasa dalam perkembangan Internet di Indonesia? Walaupun hampir setiap hari kita terhubung dengan internet, tapi dari kita belum banyak yang tahu bagaimana awal mula internet masuk ke Indonesia. Nah dalam artikel ini akan dijelaskan sejarah perkembangan internet di Indonesia.Sebenarnya sejarahnya sangat panjang, tapi di sini akan dirangkum poin-poin pentingnya saja.

Pada awalnya yaitu sekitar tahun 1990 internet di indonesia lebih dikenal sebagai Paguyuban Network. Tokoh-tokoh seperti Onno w Purbo,Rahmat M samik,Suryono Adi Soemarta,Muhammad Ihsan,Robby Subiakto,Putu Surya,Firman Siregar dan Adi Indrayanto membangun jaringan komputer dan perkembangan internet di indonesia semakin berkembang.

Berbicara tentang Internet tentu tak lepas dari yang namanya Internet service Provider (ISP). ISP mempunyai fungsi di antaranya

1. Sebagai media jasa menghubungkan dengan internet,menghubungkan pengakses ke gateway internet

2.Menyediakan modem untuk dial-up,menghubungkan user ke layanan informasi world world wide web (www)

3.Memungkinkan pengakses menggunakan layanan email

4. Melindungi dari penyebaran virus.

Ipteknet merupakan ISP pertama di Indonesia. Tahun 1994, sanjaya mendirikan PT.Indointernet atau Indonet yang berlokasi di Daerah Rawamangun dekat dosen UI dan merupakan ISP komersil pertama.Setelah Indonet , muncul lagi ISP dengan nama Rodnet. Sekitar tahun 1994-1996 perkembangnnya semakin terbuka dengan hadirnya beberapa opensource diantaranya:
1.NOS
pada tahun 1990-1996 indonesia mengimplementasikan jaringan internet dengan menggunakan radio paket. Sistem operasi yang digunakan didominasi oleh Software Network Operating System (NOS) yang dikembangkan oleh Phill Korn dari USA.

2.FREEBSD

Adalah sistem operasi open source dan tangguh untuk keamanan jaringan maupun server. ITB menggunakan FreeBSD sebagai sistem Operasi nya pada tahun 1994 hingga 1995.

3.LINUX

Merupakan sistem operasi open source yang paling banyak digunakan di Indonesia pada saat ini. Awal perkembangannya dimulai tahun 1997-1998 dan mulai terkenal sekitar tahun 2001-2002 an.

Jaringan Pendidikan AI3 Indonesia
Pada tahun 1995-1996, beberapa mahasiswa ITB yang tergabung dalam kelompok Computer Network Research Group (CNRG) membangun jaringan internet dengan menggunakan radio paket dan berhasil tersambung dengan jaringan IPTEKNET milik Lapan. Tahun 1996, ITB mendapat tawaran dari Wide Project untuk menjadi partner dengan Asian Internet Interconnection Initiative (AI3) yang bertujuan mengembangkan internet network di Wilayah Asia-Pasifik.Tentu saja ini adalah penawararan yang tidak bisa ditolak oleh ITB. Namun bukan ITB saja yang tertarik dengan penawaran partnership ini. Beberapa lembaga pendidikan seperti ITS,BPPT dan UI juga sangat tertarik dengan kerjasama ini. Namun pihak AI3 akan menyeleksi anggota -anggota yang memang pantas untuk bergabung dengan AI3. ITB melalui Onno w.  Purbo  akhirnya dipilih oleh AI3 setelah melalui proses yang panjang. Selanjutnya ITB menyambungkan jaringan AI3 tersebut dengan sejumlah lembaga pendidikan indonesia sebagai salah satu upaya untuk membentuk jaringan antar universitas di indonesia.

Tahun-tahun berikutnya perkembangan  internet di Indonesia semakin cepat dan luas. Tak hanya Lembaga pendidikan atau mahasiswa saja yang dapat menikmati layanan internet, namun masyarak awan pun dengan mudahnya dapat  mengakses internet. Ditambah lagi teklonogi-teknologi pendukung seperti handphone yang memungkinkan dunia berada dalam satu genggaman. Bahkan Indonesia masuk sebagai 10 negara dengan pengakses internet di dunia. tentu kita bangga dengan data ini, namun yang paling disayangkan masih banyaknya pengguna yang menggunakan internet untuk hal-hal yang negatif.

Perkembangan terakhir adalah munculnya trend E-commerce. Sekarang internet bukan lagi hanya sebagai pencari informasi namun bisa di jadikan untuk menghasilkan uang. Sekian sejarah singkat internet di Indonesia, kita sebagai warga yang baik sudah tentu akan menggunakan internet untuk hal-hal yang bermanfaat.

image sorce :http://bit.ly/1bvGz59

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0