Sistem Informasi | Tulisan Terlengkap Mengenai Sistem Informasi

Sistem Informasi adalah gabungan dari teknologi informasi dengan perlakuan seseorang. Atau juga suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mana merupakan kerjasama antara sekelompok orang, fasilitas, teknologi, media prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapat jalur komunikasi yang valid, memproses tipe transaksi tertentu, dan lain – lain. Berikut ini adalah definisi sitem informasi menurut beberapa ahli.

Menurut O’Brien (2005, p5), sistem informasi   adalah   suatu   kombinasi terartur apapun dari people (orang), hardware (perangkat keras), software (piranti lunak), computer networks and data communications (jaringan komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah dan menyebarkan informasi di dalam suatu bentuk organisasi. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar 2.1 tentang komponen sistem informasi.   

Menurut Gordon B. Davis (1991: 91), “Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima masukan data dan instruksi, mengolah data tersebut sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.”

Pengertian sistem informasi menurut Menurut John F. Nash (1995:8) yang diterjemahkan oleh La Midjan dan Azhar Susanto, menyatakan bahwa Sistem Informasi adalah : Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang bermaksud menata jaringan komunikasi yang penting, proses atas transaksi-transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar pengambilan keputusan yang tepat.

Berbagai peran sistem informasi terhadap dunia pendidikan. Pendidikan itu sendiri adalah suatu usaha manusia untuk mempelajari ilmu yang sudah ada maupun hal – hal baru dalam rangka mengembangkan potensi dan minat bakat dalam dirinya. Di era secanggih ini akan lebih bermanfaat apabila kita gabungkan dengan dunia sistem informasi. Agar penyebaran labih luas dan lebih merata. Berikut ini peran serta sistem informasi dalam dunia pendidikan.

E – learning, yaitu sistem pembelajaran yang mana mengharuskan muridnya memakai peran serta IT dalam proses belajar. Terbukti bahwa dengan e-learning minat siswa terhadap pembelajaran semakin meningkat. E-learning merupakan suatu proses belajar dengan tidak menggunakan buku, melainkan dengan menggunakan sistem komputerisasi. Sekolah hanya mendownload materi yang disediakan oleh Diknas. Materi tersebut tentunya berbentuk E – book. Biaya yang dibutuhkan tentunya tidak sedikit, karena itulah di Indonesia yang dapat menikmati hanyalah para mahasiswa. Tetapi, tidak tertutup kemungkinan bahwa generasi dibawahnya dapat menikmati berbagai kemudahan seperti ini di masa depan. Menurut Soekartawi ada beberapa alasan kenapa hingga saat ini masih banyak siswa ataupun juga mahasiswa yang belum bisa menikmati kemudahan e – learning.

  • Masih kurangnya kemampuan menggunakan Internet sebagai sumber pembelajaran
  • Biaya yang diperlukan masih relatif mahal untuk tahap-tahap awal
  • Belum memadainya perhatian dari berbagai pihak terhadap pembelajaran melalui Internet dan
  • Belum memadainya infrastruktur pendukung untuk daerah-daerah tertentu

Sistem informasi itu sendiri sebenarnya dibuat sedemikian rupa untuk mempermudah pekerjaan manusia. Tentunya manusia bekerja menggunakan alat yang canggih (dalam hal ini adalah komputer atau sejenis). Komputer sendiri hakekatnya juga memberikan kemudahan untuk manusia. Dimana kita dapat secara langsung menikmati hasil kemajuan dari hasil karya manusia. dalam menyelesaikan perintah yang diberikan oleh pengguna, komputer dibantu dengan mesin yang handal serta spesifikasi yang mumpuni. Tidak heran pada masa sekarang pekerjaan manusia semakin berat, untuk itu dibutuhkan komputer yang handal pula. Dapat diartikan bahwa tingkat kesulitan manusia dalam menyelesaikan pekerjaanya berbanding lurus dengan kecanggihan teknologi saat ini. Dalam kenyataannya, SI paling dibutuhkan oleh kaum pengusaha. SI mempunyai beberapa komponen antara lain.

  • Input

Input yang dimaksud merupakan materi yang dimasukkan, biasanya berupa dokumen.

  • Models

Komponen yang berupa contoh atau gambaran yang dapat dijadikan acuan.

  • Output

Berupa hasil yang direkam dalam suatu media penyimpanan.

  • Technology

Merupakan perangkat utama dalam sebuah pengembangan Sistem Informasi. Beberapa orang menyebutnya “tool box”, yang dalam Bahasa Indonesia disebut kotak peralatan. Yang mana fungsinya untuk menginput data, lalu memprosesnya, hingga menjadi sebuah keluaran atau output.

  • Hardware

Tempat menampung database.

  • Software

Fungsinya untuk mengolah sedemikian data.

  • Database

Tersimpan dalam hardware dan untuk mengolahnya dibutuhkan software.  Di dalamnya berisi informasi dasar dan penting dari sebuah data.  Lalu disimpan dalam Sistem Manajemen Basis Data.

Kata kunci:

Share on Google+0Share on Facebook0Tweet about this on Twitter0Share on Reddit0Share on StumbleUpon0Share on TumblrDigg thisShare on LinkedIn0