Sumber Daya Alam > Kumpulan Catatan Terlengkap Mengenai Sumber Daya Alam

Yang dimaksud sumber daya alam atau SDA adalah segala sesuatu yang terdapat di alam dan dapat dimanfaatkan manusia  untuk memenuhi kebutuhan hidup dan kesejahteraannya. Bentuknya bisa berupa benda mati maupun benda hidup. Dan yang berupa mahluk hidup adalah tumbuhan, hewan dan jasad renik atau mikroba. Tetapi ada juga yang terbentuk melalui kekuatan atau gaya alamiah. Misalnya daratan, lautan, udara, sinar matahari, mineral, bentangan alam, panas bumi, angin, pasang atau arus laut.

SDA dikategorikan dalam 2 macam. Ada sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan ada yang tidak dapat diperbaharui. Adapun SDA yang dapat diperbaharui  merupakan sumber daya alam yang dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu singkat. Tugas manusia hanya melestarikannya agar keberadaannya tidak habis. Misalnya tumbuhan, kita dapat menanamnya kembali. Tumbuhan dapat diperbaharui karena kemampuannya berkembang biak.

Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam

Dan  tak kalah menariknya, tumbuhan terutama kayunya bisa dijadikan seni ukir atau hias. Misalnya dijadikan patung kayu, kipas dan lain sebagainya. Bahkan sering juga digunakan sebagai peralatan masak. Demikian pula  tumbuhan berbunga  indah. Batangnya bisa langsung dipetik berikut  bunganya untuk dijadikan hiasan.

Selain tumbuhan, hewan pun bisa dikategorikan sebagai SDA bisa diperbaharui. Hal itu karena kemampuan hewan untuk berkembang biak. Hewan dimanfaatkan manusia sebagai sumber makanan. Selain diambil dagingnya, beberapa hewan pun dimanfaatkan manusia untuk diambil susunya sebagai minuman kesehatan.  Bagi manusia, hewan juga sering dimanfaatkan tenaganya. Kerbau untuk membajak sawah, kuda untuk menarik delman, sapi untuk menarik pedati, gajah untuk mengangkut balok kayu dan lain sebagainya.

Banyak pula hewan yang dijadikan peliharaan. Biasanya diternakkan serta diambil daging plus telurnya. Biasanya hewan unggas seperti burung puyuh, ayam, bebek dll. Tetapi ada pula dengan cara dipelihara sekedar untuk hiasan atau mendengarkan suara merdunya. Contoh anjing, kucing, burung dan lain sebagainya.

Satu lagi adalah air. Walaupun air tidak berkembang biak karena bukan merupakan mahluk hidup, tetapi air dikategorikan sebagai sumber daya alam  dapat diperbaharui. Hal itu karena air tersedia di alam dalam jumlah banyak. Walaupun kita memakainya setiap hari, jumlahnya tak akan berkurang karena air melakukan siklusnya dengan teratur. Air melakukan daur ulang sehingga jumlahnya tidak akan berkurang. Walaupun menguap ke udara dalam jumlah besar, tetapi kemudian berkumpul menjadi awan. Lalu turun kembali ke bumi dalam bentuk hujan yang mengairi sawah, sungai, lautan serta lainnya. Selain air, angin juga  tanah  dikategorikan sebagai sumber daya alam  dapat diperbaharui.

Berikut adalah sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. SDA ini tidak dapat dibentuk kembali oleh alam dalam waktu singkat. Jumlahnya pun sangat terbatas. Artinya, sangat sulit menghasilkannya kembali setelah digunakan. Makanya penggunaannyaharus dilakukan secara efektif agar memberikan manfaat  maksimal. Contohnya minyak bumi, batu bara, gas alam, logam juga barang-barang tambang lainnya.

Minyak bumi terbentuk dari hewan jutaan tahun lalu di daratan atau di kedalaman lautan. Lama-lama karena proses alam maka menjadikan minyak bumi dapat dimanfaatkan manusia sebagai bahan bakar. Contohnya bensin, solar, minyak tanah,  kerosin. Sisa olahan minyak bumi pun masih bisa dimanfaatkan manusia untuk membuat aspal, oli, plastik serta lilin.

Berbeda dengan minyak bumi, batu bara terbentuk dari tumbuhan jutaan tahun lalu. Batu bara digunakan untuk bahan bakar kereta api juga sebagai dasar pembuatan deterjen, cat, plasik juga pupuk.

Pertambangan lainnya adalah bahan mineral dimana menghasilkan berbagai jenis logam. Dari bijih logam itu didapat alumunium, bauksit juga besi. Dari hasil pertambangan itu bisa dibuat aneka peralatan rumah tangga dari besi serta  alumunium. Juga timah dimana biasanya digunakan untuk membuat kerajinan tangan. Hasil pertambangan lainnya adalah batubara serta batu kapur.

Dari kajian di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam sangat penting bagi kehidupan manusia. Untuk itu kita harus merawat serta melestarikannya.

Contoh dan Pengertian